7 Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Gajinya

Riverspace.org – Ilmu informatika masuk dalam fakultas teknik atau MIPA. Pengelolaan informasi tersebut dilakukan menggunakan teknologi komputer yang menghasilkan pikiran logis dan terstruktur merupakan bagian dari prospek kerja teknik informatika. Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Teknik Informatika yang Mudah

Bidang yang dicangkup oleh ilmu ini diantaranya ilmu informasi, sistem informasi, ilmu komputer, dan masih banyak lagi. Aspek dari ilmu informatika juga tergolong luas tidak hanya sistem informasi saja, namun juga informasi yang masih dalam pemrosesan. 

Dalam bangku perkuliahan sendiri akan ada perbedaan antara satu universitas dan universitas lainnya. Simak beberapa penjelasannya berikut ini:

Mata Kuliah Yang Terkait Didalam Jurusan Ini

Setiap jurusan tentu memiliki mata kuliah yang wajib diikuti sebagai salah satu materi yang wajib dipelajari dan dikuasai. Beberapa mata kuliah ini tentu akan sangat relate dengan kehidupan sekarang ini. Berikut akan disebutkan beberapa mata kuliah yang harus ditempuh apabila memilih jurusan ilmu informat yakni:

  • Pemrograman visual.
  • Konsep pemograman.
  • Struktur data.
  • Pemrograman java.
  • Dasar sistem digital.
  • Struktur data.
  • Pemrograman berbasis web.
  • Jaringan komputer.
  • Sistem informasi.
  • Dan masih banyak lagi

Prospek Kerja Teknik Informatika dengan Gajinya

7 Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Gajinya
7 Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Gajinya

Jangan bingung untuk jadi lulusan teknik informatika, bidang cakupan lulusan ini tentu luas dari yang dibayangkan. Banyak beberapa profesi yang bisa dimasuki oleh lulusan teknik informatika yang bisa dilakukan di masa depan setelah lulus. Simak penjelasannya berikut ini dengan rinci dan jelas:

1. Full Stack Developer

Profesi ini bekerja dengan berbagai bidang IT, pekerjaan ini bisa dikerjakan dari sisi depan dan belakang. Prospek kerja ini memiliki tanggungjawab dalam perkembangan pekerjaan sebuah database, sistem engineering, server, maupun client. 

Selain proses pemahaman pada profesi ini cukup menguras waktu, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama. Pekerjaan ini juga menuntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik, kreatif, komunikasi yang baik, pemikiran global serta rasa ingin tahu. 

Kisaran gaji untuk posisi ini yakni 1,6 M setiap tahunya. Namun gaji tersebut akan berbeda- beda tergantung negara dan perusahaan yang menaunginya.

2. Front End Developer

Prospek kerja teknik informatika adalah menjadi seorang programmer, tugas yang diemban yakni mengerjakan program yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Modal yang harus dikuasai dan dipelajari untuk profesi ini yakni HTML, Program javascript, dan CSS. 

HTML sendiri merupakan kerangka yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website. CSS sendiri merupakan sesuatu yang difungsikan untuk memperindah tampilan website, sedangkan untuk program java script berfungsi untuk komponen dan fungsi sebuah website. 

Profesi ini juga menuntut untuk menguasai berbagai jenis framework diantaranya Angular, CSS, Vue, dan lainnya. Selain itu juga harus menguasai bab testing aplikasi dan responsive desain. Kisaran gaji yang diterima profesi ini yakni 1,3 M setiap tahunnya. Gaji tersebut merupakan developer di negara amerika.

3. Back End Developer

Profesi ini bekerja dibelakang layar sebagai programmer, bahasa pemrograman untuk profesi ini tentu banyak sekali. Untuk itu menjalani profesi ini harus memahami serta mengenal bahasa pemrograman diluar kepala. Diantara bahasa pemrograman yang digunakan yakni PHP, Ruby, Java, javascript.

Data tersebut adalah bagian yang harus ditangani oleh back end developer terutama data yang berkenaan dari data sebuah website. Selain itu juga melakukan perancangan sistem dan API, gaji untuk profesi ini berkisar 1,6 M per tahunnya. Tentunya profesi ini begitu menjanjikan untuk dipilih di masa depan.

4. Android Developer

Prospek kerja teknik informatika ini bertugas memprogram sebuah aplikasi untuk digunakan oleh seorang user. Pesatnya perkembangan dalam penggunaan android profesi ini semakin marak diminati dipilih oleh lulusan teknik informatika. Seorang android developer harus paham dan bisa bahasa pemrograman yang sesuai dengan jurusan ini.

Profesi ini memungkinkan untuk berkolaborasi dengan UX designer. Kisaran gaji yang bisa diterima oleh seseorang dengan profesi ini yakni 1,5 M per tahun.

5. Database Administrator

Profesi ini begitu penting untuk sebuah instansi maupun organisasi, karena sebuah database ini merupakan tersimpan didalam komputer. Pengelolaan data base ini memerlukan seseorang yang mampu untuk tugas tersebut. Sebutan untuk orang yang mengelola database yaitu database administrator.

Tugas yang dibebankan untuk profesi ini antara lain desain database, perbaikan basis data serta pemeliharaan didalamnya. jika dilihat untuk profesi ini memiliki gaji sekitar 1,3 M per tahunnya. Mungkin ada yang berminat untuk menjadi database administrator, maka bisa penuhi segala kriteria yang telah dijelaskan diatas.

6. SEO Specialist

Mesin pencari seperti google merupakan produk hasil dari seorang seo specialist. Prospek kerja teknik informatika ini termasuk didalamnya seo specialist yang memiliki hobi menulis. SEO sendiri merupakan upaya dalam rangka optimasi mesin pencari.

Seorang SEO memiliki tugas dengan membuat sebuah website yang akan ditampilkan pada halaman pertama sebuah mesin pencari. Oleh sebab itu saat user melakukan proses browsing maka tampilan yang muncul ini menjadi tugas seorang SEO. User akan dengan mudah mengetikkan kata kunci yang ingin dicari.

Seorang SEO tentu akan akrab dengan tools yang mirip dengan google search console, analytics, Moz dan lainnya. Gaji yang bisa didapatkan dengan pekerjaan ini sekitar 900 juta per tahunnya. Tentu profesi ini bisa jadi pilihan yang diambil saat lulus nanti. Baca Juga: Intip 7 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Uraian terkait dengan prospek kerja teknik informatika yang telah dijelaskan diatas tentu akan menambah referensi dan informasi untuk jadi apa saat lulus. Walaupun sebenarnya saat lulus pun juga tidak harus linier dengan jurusan. Hal yang paling penting yakni memanfaatkan ilmu yang telah didapat saat mengenyam pendidikan agar bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar