Intip 7 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Riverspace.org – Pemilihan disiplin ilmu jurusan kuliah akan berpengaruh kepada prospek kerja yang dijalani di masa depan, termasuk prospek kerja hubungan internasional. Jurusan seperti hubungan internasional yang sekarang ini biasanya akan memunculkan seperti duta besar. Namun juga bisa meluas tidak hanya duta besar. Baca Juga: Referensi Judul Skripsi Hubungan Internasional

Tidak hanya itu juga ada beberapa generasi yang dihasilkan dari disiplin ilmu tersebut. Mengetahui prospek kerja sebenarnya akan memudahkan dalam mencari pekerjaan yang selaras dengan ilmu yang telah dipelajari. Oleh sebab itu, dengan mengetahui prospek kerja akan dapat merencanakan untuk bekerja seperti apa dimasa depan.

Materi Yang Dipelajari Dalam Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan untuk disiplin ilmu hubungan internasional secara garis besar yakni mengkaji terkait interaksi dan juga komunikasi antar negara ataupun organisasi secara internasional. Selain itu karena perkembangan hubungan antara masyarakat semakin terhubung maka materi yang dipelajari juga berkaitan dengan globalisasi.

Kemajuan teknologi juga menciptakan trend dimana peristiwa bisa dengan cepat tersebar luas dan berpengaruh pada kehidupan masyarakatnya. Oleh sebab itu akan berdampak pada Kerjasama yang semakin meluas untuk kemajuan bersama. Oleh sebab itu hubungan internasional ini juga menjawab dan mengatasi tantangan ancaman global.

Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

7 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya
7 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Hasil lulusan ini biasanya akan bekerja menjadi duta besar sebuah negara, bisa juga menjadi diplomat di kemenlu. Beberapa kemampuan yang diajarkan saat mengenyam pendidikan semisal komunikasi dan diplomasi tentu bisa masuk pada sektor lainnya. Oleh sebab itu lulusan jurusan ini bisa juga bekerja di berbagai bidang.

1. Duta Besar

Bekerja sebagai duta besar atau juga bisa disebut dengan diplomat ini akan ditempatkan pada kementerian luar negeri. Seorang duta besar akan ditempatkan pada sebuah negara yang sebelumnya dipilih oleh presiden. Tugas yang diemban yakni memberikan gambaran atau mempresentasikan negara Indonesia pada negara tujuan.

Fungsi diplomatik seorang duta besar diantaranya memberikan perlindungan terhadap warga negara yang ada pada negara tujuan. Selain itu juga menjaga hubungan yang terjadi antara negara dan negara tujuan. Terakhir yakni mendukung serta menjaga perdamaian dunia yang ada.

2. Konsultan Internasional

Prospek kerja hubungan internasional selanjutnya yakni konsultan internasional, tugas dari prospek kerja ini menjadi penasihat atau pendamping. Tugas tersebut dibutuhkan untuk melakukan pencegahan dan penyelesaian terhadap konflik antar negara. 

Nasihat, pertimbangan dan juga petunjuk yang disampaikan oleh seorang konsultan akan menghasilkan perbedaan nilai – nilai yang dianut. Selain itu untuk jurusan ini apabila ditambah disiplin ilmu seperti bisnis dan perdagangan maka bisa masuk dan bekerja di perusahaan swasta berskala internasional. 

Bidang yang bisa jadi tujuan yakni market research, teknik, IT, sumber daya manusia, corporate strategy. Prospek kerja ini bisa masuk dalam list pilihan yang dilakukan.

3. Government Relations Officer

Profesi ini berarti memiliki tugas untuk menjadi narahubung antara perusahaan tempat bekerja dengan pemerintahan. Kondisi tersebut akan banyak bertemu dengan politisi dari berbagai tingkat pemerintahan. Beberapa politisi yang ditemui tentu memiliki peluang untuk mempengaruhi diplomasi.

Selain itu untuk posisi pekerjaan ini mengharuskan untuk memberikan pengajaran kepada karyawan lain di perusahaan untuk kegiatan lobi. Oleh sebab itu ilmu komunikasi yang dipelajari bisa digunakan untuk kegiatan ini.

4. Wartawan Atau Jurnalis

Prospek kerja hubungan internasional selanjutnya yang bisa dipilih yakni sebagai wartawan. Pekerjaan ini ternyata ada sangkut pautnya dengan hubungan internasional, hal tersebut dikarenakan perlu komunikasi didalamnya. selain itu seorang wartawan nantinya juga akan membangun hubungan komunikasi dengan narasumber.

Oleh sebab itu prospek kerja ini bisa dilakukan sesaat setelah menyelesaikan studi pada jurusan hubungan internasional. Selain itu wartawan dapat melakukan pekerjaannya pada media nasional maupun internasional. Lewat hubungan internasional bisa menciptakan beberapa wartawan dan juga jurnalis yang handal.

5. Dosen

Dosen adalah profesi yang bisa dipilih setelah menyelesaikan studi hubungan internasional saat jenjang perkuliahan. Apalagi jika memang tertarik untuk berkecimpung dalam dunia akademik. Seorang dosen akan memiliki sejumlah materi yang dipahami kemudian diajarkan kepada mahasiswanya.

Selain itu tidak hanya mengajar teorinya saja namun juga membimbing mahasiswa untuk mencapai kompetensi sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk berada di posisi seorang dosen perlu melakukan serangkaian penelitian dalam bidang hubungan internasional. Tentu dengan menempuh gelar minim S2 atau S3.

6. Politisi

Seseorang yang tertarik dalam dunia politik bisa menempuh pendidikan jurusan hubungan internasional sebagai langkah awalnya. Garis besarnya apabila menempuh jurusan ini maka harus cakap dalam melakukan penanganan untuk hubungan bilateral. 

Selain itu sebagai politisi juga harus pandai dalam melihat sikon politik yang terjadi antara negara. Hal tersebut nantinya akan membuat seorang politisi mengkritik segala kebijakan untuk negeri maupun internasional. 

Di samping itu, sebagai seorang politisi haruslah responsive terhadap perubahan politik yang sedang gencar terjadi. Diantaranya menyampaikan beberapa solusi terkait kepemerintahan yang dapat menguntungkan rakyat.

Itulah prospek kerja hubungan internasional ditempuh seusai menjalani pendidikan pada jurusan tersebut. Selain itu juga bisa kembangkan kemampuan hubungan internasional yang telah dimiliki kearah bisnis. Bidang bisnis juga dapat jadi sasaran profesi yang menjanjikan di kemudian hari.

Oleh sebab itu untuk ilmu hubungan internasional ini tidak melulu terkait pada bidang pemerintahan saja namun juga meluas. Tinggal bagian mana yang bisa memberikan kenyaman dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki untuk melanjutkan kegiatan pekerjaan dimasa depan. Baca Juga: 12 Prospek Kerja Psikologi Di Masa Depan

Maka dari itu apabila telah menguasai materi hubungan internasional juga bisa ditambah dengan disiplin ilmu lainnya untuk menambah wawasan. Wawasan tersebut akan dapat memperluas prospek kerja yang bisa dimasuki.

 

Tinggalkan komentar