8 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya

Riverspace.org – Ekonomi Pembangunan adalah program studi yang bergengsi di kalangan calon mahasiswa baru terutama dari jurusan IPS. Prospek kerja Ekonomi Pembangunan juga banyak dan jarang lulusan program studi ini mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang kecil. Baca Juga: 36 Contoh Judul Skripsi Ekonomi Pembangunan yang Mudah

Pada era modern, lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan banyak dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Oleh karena itu, sangat banyak yang berminat berkuliah di Program Studi ini. Berikut ini informasi tentang Ekonomi pembangunan serta prospek kerjanya antara lain:

Mengenal Ilmu Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu ilmu dalam bidang ekonomi yang mempelajari perkembangan kegiatan ekonomi mulai dari masa tradisional hingga berkembang ke masa modern. Ilmu Ekonomi Pembangunan sangat dekat dengan dunia bisnis.

Program Studi Ekonomi Pembangunan banyak menghasilkan lulusan yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Pembelajaran dan praktik yang dijalankan dari proses kuliah Ekonomi Pembangunan akan diterapkan dalam hal yang berhubungan dengan peningkatan mutu perusahaan ketika bekerja.

Program Studi Ekonomi termasuk ke dalam anggota fakultas ekonomi dan gelar yang akan diperoleh lulusannya adalah SE (Sarjana Ekonomi). Perbedaan Ekonomi Pembangunan dengan ekonomi biasa terletak pada konsep keilmuannya. Prospek kerja prodi ini berhubungan dengan penelitian dan analisa.

Seseorang yang berasal dari Program Ekonomi Pembangunan harus memahami mengenai perkembangan berbagai bidang ekonomi. Peran seorang lulusan Ekonomi Pembangunan sangat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan  dalam peningkatan mutu dan kualitas barang produksi perusahaan tersebut.

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya

8 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya
8 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya

Ekonomi Pembangunan mempelajari banyak tentang ilmu ekonomi dan perkembangannya. Penerapan dari ilmu yang dipelajari dari Ekonomi Pembangunan sangat bermanfaat bagi banyak bidang. Berikut ini prospek kerja untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan antara lain:

1. Staf Pengembangan Dan Penelitian

Profesi ini sangat cocok untuk pribadi yang suka meneliti. Tugas yang harus dijalankan profesi ini adalah meneliti tentang banyak hal yang dibutuhkan perusahaan dan hasilnya akan dipakai perusahaan untuk jangka waktu yang panjang.

Pekerjaan rutin yang dijalankan profesi ini adalah meneliti dan mengadakan serangkaian pengembangan terhadap hasil yang didapat dari penelitian. Pengembangan yang dilakukan oleh profesi ini dilakukan untuk memajukan perusahaan.

2. Business Analyst

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan berikutnya adalah profesi sebagai Business Analyst. Profesi ini bertugas untuk melakukan analisis kegiatan pembelian barang yang dilakukan konsumen. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas produksi.

Dalam menjalankan tugas sebagai Business Analyst sangat diperlukan ketelitian dan kemampuan menganalisa keadaan pasar. Dengan demikian perusahaan akan mengetahui jenis barang seperti apa yang akan mendapatkan banyak penawaran.

3. Credit Analyst

Profesi Credit Analyst menjalankan tugas yang berhubungan dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan. Selain itu seorang Credit Analyst juga melakukan pengecekan terhadap kondisi inventaris kantor.

Dalam perusahaan yang menawarkan kredit untuk nasabahnya, yang akan memeriksa apakah nasabah layak menerima pinjaman adalah Credit Analyst. Selain itu profesi ini juga menganalisis tingkatan risiko kredit dengan calon klien.

4. Aktuaris

Profesi Aktuaris merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Pekerjaan ini menawarkan gaji yang cukup besar bahkan kepada pekerja baru atau lulusan baru. Aktuaris juga merupakan profesi yang sedang banyak mencari anggota.

Jarang ada yang bisa masuk ke dalam profesi ini karena banyak yang menganggap bahwa profesi ini merupakan profesi yang berat. Pada dasarnya ilmu yang menjadi inti dari profesi Aktuaris adalah ilmu matematika.

5. Pegawai Instansi Pemerintahan

Para lulusan dari Program Studi Ekonomi Pembangunan juga bisa melamar menjadi pegawai di Instansi Pemerintahan. Ada banyak jurusan yang ketika lulus bisa mencoba ke Instansi Pemerintahan, salah satunya adalah jurusan Ekonomi Pembangunan.

Untuk bergabung di Instansi Pemerintahan bisa dilakukan dengan mendaftar menjadi ASN atau bisa juga mendaftar sebagai pekerja honorer. Pekerjaan rutin yang dilakukan di Instansi Pemerintahan berbeda-beda tergantung pada bidang pekerjaannya.

6. Pegawai Bank

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan juga bisa menjadi pegawai Bank. Kegiatan yang dilakukan di dalam Bank merupakan kegiatan yang masih dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu, lulusan Ekonomi Pembangunan bisa melamar sebagai Pegawai Bank.

Bagi para lulusan Ekonomi Pembangunan, pekerjaan sebagai pegawai Bank yang sesuai adalah posisi sebagai back office. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang dilakukan di kantor Bank. Oleh karena itu, nantinya bisa saja tidak akan melakukan interaksi secara langsung dengan nasabah.

7. Juru Taksir

Profesi sebagai Juru Taksir juga dapat menjadi prospek kerja Ekonomi Pembangunan. Seorang juru taksir melakukan pekerjaannya dengan menaksir jumlah harta klien atau menaksir harga dari barang yang dimiliki klien yang akan dijual untuk menentukan harga jual barang tersebut.

Lulusan dari Ekonomi Pembangunan tentu sangat memahami tentang tren harga dalam pasaran. Pemahaman inilah yang membuat lulusan Ekonomi Pembangunan pasti sangat berkompeten jika menjalankan profesi sebagai juru taksir.

8. Dosen

Profesi yang paling banyak dituju dari semua jurusan adalah profesi sebagai Dosen. Ketika menjadi Dosen, lulusan Ekonomi Pembangunan bisa menerapkan semua mata kuliah yang pernah dijalani waktu masih kuliah. Bedanya adalah sekarang sebagai pengajar.

Berprofesi sebagai Dosen sesungguhnya bukan hanya sekedar mengajar tingkat Universitas. Jenjang karir yang bisa ditempuh seorang Dosen juga banyak dan akan mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Baca Juga: 7 Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Gajinya

Demikian ulasan mengenai Program Studi Ekonomi Pembangunan dan juga prospek kerja Ekonomi pembangunan. Tak jarang lulusan dari program Studi ini diterima di banyak perusahaan besar. Para sarjana lulusan Ekonomi Pembangunan akan mendapatkan masa depan yang cerah.

 

Tinggalkan komentar