Contoh Cerita Danau Toba

Cerita Danau Toba – Danau Toba merupakan sebuah tempat yang memiliki banyak cerita misteri. Cerita Danau Toba sangat terkenal dari dahulu mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain keindahannya, Danau Toba memiliki banyak cerita menarik.

Cerita Danau Toba selalu dikaitkan dengan cerita emas yang sangat terkenal di masyarakat sekitar Danau Toba. Meski sebagian orang banyak yang tidak mempercayainya, namun cerita Danau Toba dapat dibuktikan dengan mengunjungi lokasi ini.

Cerita Danau Toba juga menyimpan rahasia tentang istimewa danau tersebut. Ternyata danau ini menjadi danau yang terbesar di dunia di asia tenggara, menduduki nomor dua setelah danau victoria Afrika. Hingga sekarang ini Danau Toba dapat dilihat wujudnya sampai saat ini.

Berikut ini akan saya bahas seputar cerita atau legenda danau toba dan pulau samosir. Cerita danau toba ini sangat cocok menjadi referensi cerita untuk anak-anak. Selain supaya gemar membaca cerita ini dapat mengajarkan tentang adat istiadat suatu daerah. Yuk langsung kepoin aja ceritanya.

Fakta Ilmiah Dari Cerita Danau Toba

Gambar tokoh dalam cerita

Tahukah bahwa cerita Danau Toba selalu menyimpan misteri namun ternyata ada fakta ilmiah yang tidak terbantahkan dari rangkaian cerita legenda ini. Adapun beberapa fakta ilmiah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Letusan Pertama Gunung Krakatau dan Toba

Tahukah kalian bahwa jika dalam cerita Danau Toba dikisahkan ada banjir yang melanda daerah tanah Batak ini yang akhirnya menjadi Danau Toba. Dalam penelitian ilmiah Danau Toba terbentuk setelah letusan ketiga yang dikeluarkan oleh gunung toba dan krakatau.

Letusan pertama membentuk sebuah kaldera yang berada di Danau Toba sebelah selatan. Kaldera ini hingga sekarang disebut dengan daerah Parapat dan Porsea, serta letusan ini terjadi pada tahun 800.000 tahun yang lalu

2. Letusan Kedua Pada 3 Tahun Berikutnya

3 tahun berselang gunung ini kembali meletus sekitar tahun 500.00 tahun lalu dan kaldera yang terbentuk pada kejadian ini adalah bagian utara danau toba. Peninggalan  ini membentuk menjadi perbatasan antara Silalahi dan Haranggaol.

Letusan ketiga pada gunung ini menjadi catatan sejarah yang tidak akan dilupakan oleh seluruh umat manusia pada saat itu. Dan letusan ini tercatat sebagai bencana yang paling mematikan sepanjang sejarah pada tahun 73 .000 sampai 75.000 tahun yang lalu. Kegelapan total mengakibatkan suhu beku selama 1000 tahun.

Cerita Danau Toba Singkat

Ilustrasi cerita Danau Toba singkat

Cerita Danau Toba memiliki banyak versi yang terdapat kesamaan dan juga sedikit perbedaan. Namun cerita tersebut tetap dengan kisah yang sama yaitu menceritakan tentang awal mula terbentuknya Danau Toba, berikut ini adalah ringkasan cerita Danau Toba.

Dikisahkan dahulu kala ada pemuda yang dikenal dengan sebutan Toba. Pada saat itu Toba sedang memancing ikan, tiba-tiba saja umpan pada pancingnya menangkap seekor ikan mempunyai sisik berwarna emas.

Ikan tersebut kemudian dibawa pulang kerumah Toba dan meletakkan ikan ke dalam wadah yang besar. Toba meninggalkan ikan tersebut dan pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar yang saat itu telah habis di rumahnya.

Setelah kembali Toba dikejutkan dengan sosok wanita cantik yang merupakan jelmaan ikan bersisik emas yang telah ia dapatkan tadi. Akhirnya mereka menikah dan memiliki janji untuk tidak menceritakan kepada siapapun tentang asal-usul dari ikan bersisik emas tersebut.

Kebahagian mereka lengkap dengan kehadiran Samosir putra semata wayangnya. Toba bekerja keras sekali untuk dapat menghidupi istri dan anaknya itu tersebut. Hingga pada akhirnya peristiwa besar terjadi diakibatkan anaknya yang memiliki perilaku buruk dan sangat nakal.

Makanan ayahnya yang seharusnya diantar, malah dimakan oleh Samosir dan kawan-kawannya, sehingga ayahnya kelaparan dan kelelahan di ladang. Akhirnya emosi itu tidak terbendung lagi dan menyebut Samosir adalah anak ikan.

Samosir kemudian mengadukan hal itu kepada ibunya. Sang ibu memerintahkan Samosir untuk pergi menjauh dan naik keatas bukit. Sang ibu sangat kecewa karena Toba telah melanggar janji mereka yang telah disepakati bersama.

Peristiwa pun terjadi, wabah air yang besar dan menenggelamkan semua tempat itu dan semua orang hanyut dan tenggelam termasuk Toba ayah Samosir tersebut. Sejak itu Samosir pun dikisahkan menjadi pulau Samosir yang terletak ditengah danau Toba. Pulau yang ini masih bisa ditemukan dan dikunjungi banyak wisatawan.

Itulah kisah singkat tentang Danau Toba berdasarkan versi legenda Danau Toba. Meski berbeda antara fakta ilmiahnya, namun legenda ini adalah cerita yang diyakini terjadi.

Cerita Danau Toba Versi Legenda

Gambar legenda cerita rakyat Danau Toba

Danau Toba juga diceritakan dalam versi legenda sedikit berbeda, namun tetap menceritakan Danau Toba. Selanjutnya dapat diikuti cerita berikut ini.

Dahulu kala ada seorang petani yang berkeinginan mencari ikan untuk dijadikan lauk makan. Ia pergi ke sungai dengan membawa kail, sembari menunggu umpannya menangkap ikan, seorang petani tersebut berdoa agar mendapat ikan.

Tanpa menunggu lama Allah mengabulkan doa sang petani tersebut. Namun betapa terkejutnya sang petani ternyata ukuran dari ikan yang didapatnya yang besar. Sang petani mendapatkan ikan besar dan sangat cantik, yang membuat petani bingung juga ikan tersebut dapat bicara.

Jangan tangkap saya pak! Biarkan saya bebas pak. Karena rasa takut sang petani mengembalikan dan melepaskan ikan tersebut kembali ke dalam sungai.

Tiba-tiba justru sang ikan berubah menjadi seorang wanita yang sangat cantik, dengan wajah takut dan terkejut sang petani bertanya

Siapakah dirimu? Bukankah engkau adalah ikan yang tadi aku tangkap? Jangan terkejut dan takut pak saya hanya seorang putri yang mendapatkan kutukan karena telah melakukan kesalahan sehingga harus menerima hukuman pak.

Terimakasih pak sekarang saya terbebas dari kutukan karena bapak. Sebagai imbalannya maukah bapak menikah dengan saya? Sang petani pun mengikutinya. Namun ada perjanjian yang mereka berdua buat dan tidak boleh dilanggar.

Adapun perjanjian itu adalah tidak boleh ada yang tau tentang asal usul putri tersebut dari ikan. Perjanjian pun disepakati oleh sang petani. Kebahagian bertambah karena mereka memiliki seorang putra yang sangat kuat dan tangguh.

Namun sang anak memiliki kebiasaan aneh yaitu sang anak selalu merasa lapar sehingga ingin melahap apa saja. Bahkan ayah dan ibunya juga sering tidak kebagian.

Suatu ketika makanan ayah dimakan sehingga membuat marah sang ayah sampai menyumpah anak dengan hinaan dasar anak ikan. Lalu istri dan anak menghilang berubah menjadi telaga yang disebut Danau Toba.

Cerita Danau Toba Berdasarkan Asal Usulnya

Cerita rakyat Danau Toba dan Pulau Samosir

Banyak cerita maupun dongeng tentang Danau Toba, sebab menjadi tempat sejarah yang penuh dengan cerita misteri dan legenda. Berikut ini akan diceritakan berdasarkan asal usulnya.

Diceritakan dahulu kala asal usul Danau Toba merupakan ikan mas yang berubah menjadi air yang banyak sehingga menjadi Danau Toba. Ikan tersebut dikenal dengan ikan mas, maka hingga sekarang, ikan mas di daerah ini adalah hasil bumi yang sangat terkenal.

Banyak yang mempercayai kan mas tersebut sebagai dewa yang di dapatkan oleh seorang petani yatim piatu yang sedang mencari ikan di sungai. Ikan yang didapat tersebut menjelma dan berubah menjadi wanita cantik yang tiada tandingannya.

Peristiwa mengerikan pun terjadi tatkala perjanjian antara sang petani dan ikan tersebut dilanggar. Padahal hal tersebut sudah disepakati tidak boleh diucapkan karena dapat menyebabkan bencana yang sangat mengerikan.

Namun apa di kata akibat perilaku anaknya yang pemalas dan sangat jahat membuat sang ayah geram dan melanggar sumpah dan janjinya. Akhirnya tanpa hitungan waktu yang lama, sang anak dan istri berubah menjadi wabah dan menjadi Danau Toba.

Air Danau Toba berasal dari bekas pijakan anak dan istri yang hilang bersama dirinya akibat wabah air yang terus keluar tanpa henti. Karena banyaknya air itu menjadi sebuah telaga dan hingga saat ini dikenal dengan sebutan Danau Toba.

Ikan tersebut digadang-gadang menjadi penghuni di danau tersebut. Ikan mas memang menjadi ikon di daerah ini, selain melegenda ikan ini memang memiliki warna dan sisik layaknya warna emas. Meski memiliki banyak duri halus pada dagingnya namun banyak orang suka dengan ikan ini.

Itulah kisah cerita yang akhirnya menjadi di Danau Tobayang dikenal orang saat ini. Walaupun dengan versi yang berbeda semua cerita mengarah pada satu titik yang sama yaitu Danau Toba yang berasal dari sebuah kutukan yang berubah menjadi wabah hebat.

Ada satu pesan moral yang bisa diambil dari kesimpulan cerita Danau Toba tentang pentingnya menempati janji dan bahayanya melanggar perjanjian dan peraturan.

Cerita Danau Toba Berdasarkan Dongeng

Gambar ilustrasi Danau Toba

Dongeng adalah sebuah cerita yang paling sering dibaca oleh anak-anak. Salah satunya adalah dongeng tentang Danau Toba. Adapun cerita Danau Toba versi dongeng adalah seperti dibawah ini;

Dahulu kala dipercaya adanya seorang petani yang menikahi seseorang gadis yang sangat cantik. Namun gadis itu adalah jelmaan dari seekor ikan yang memiliki sisik emas. Sang gadis dinikahi seorang petani ketika itu.

Namun perjalanan kehidupan tidak berjalan bahagia karena mereka diberikan seorang anak laki-laki yang sangat nakal dan membuat kedua orang tuanya marah terutama oleh ayahnya. Entah apa salahnya sampai anaknya menjadi seperti itu.

Bahkan sang anak tega memakan bekal ayahnya yang tengah bekerja di ladang untuk menghidupi mereka. Namun takdir memuat mereka menjadi sebuah legenda dalam dongeng yaitu sang ibu sangat marah dan berubah menjadi bencana.

Muncul badai petir dan air besar yang terus mengalir menenggalamkan wilayah dan daerah mereka tiada yang tersisa. Banyak warga yang tenggelam termasuk sang ayah, walaupun sang ayah sudah menyesali dan meminta maaf namun melanggar janji dan sumpah membuat semuanya menjadi kacau balau.

Kini peristiwa hebat yang terjadi itu menjadi sebuah Danau Toba yang berada di propinsi Sumatera Utara. Bahkan pulau Samosir juga dipercaya sebagai sang anak petani dan dewa ikan tersebut.

Dongeng ini memiliki cerita yang sama dengan cerita yang lain namun dalam dongeng diceritakan dengan sangat menarik dan penuh fantasi sehingga cocok untuk anak-anak.

Pesan Moral dari Cerita Danau Toba

Memetik hikam dan pesan moral dari cerita Danau Toba

Banyak sekali pesan moral yang bisa diambil dari cerita Danau Toba diatas. Cerita ini mengajarkan akan pentingnya menepati janji, sebab janji dan sumpah tidak dapat dilanggar dan adat ini juga dipegang teguh oleh masyarakat adat Batak.

Cerita Danau Toba juga menjadi simbol dan ikon penting di Sumatera Utara. Bahkan ikan mas yang diceritakan dalam cerita tersebut merupakan ikan khas yang berasal dari Simalungun Propinsi Sumatera Utara. Ikan ini merupakan makanan khas tanah Batak yang sangat digemari hingga kini.

Nah, mungkin hanya itu saja berbagai macam versi cerita mulai dari legenda, dan dongeng Danau Toba yang bisa saya berikan untuk Anda. Semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran dan referensi tentang kejadian di masa lalu tersebut.

Tinggalkan komentar