30 Contoh Judul Skripsi Administrasi Negara yang Mudah

Riverspace.org – Artikel ini akan fokus pada contoh-contoh judul skripsi Administrasi Negara. Judul skripsi ini bisa dijadikan sebagai referensi mahasiswa atau inspirasi bagi mahasiswa yang ingin menentukan judul skripsi Administrasi Negara.

Mahasiswa dari jurusan Administrasi Negara tidak lepas dari pekerjaan mengumpulkan dan mengolah data. Selain mempelajari teori-teori seputar sistem dan hukum administrasi negara, mahasiswa juga dituntut untuk bisa mempraktikkan dan memanfaatkan teknologi untuk meneliti serta menganalisa. Baca Juga: Judul Skripsi Administrasi Publik 

Judul Skripsi Administrasi Negara

Judul Skripsi Administrasi Negara
Judul Skripsi Administrasi Negara

Di bawah ini adalah kumpulan dari puluhan judul skripsi Administrasi Negara yang dapat dijadikan ide maupun inspirasi dalam penentuan topik penelitian atau dalam pembuatan judul skripsi. Adapun judul-judul berikut adalah contoh judul skripsi Administrasi Negara baik kualitatif maupun kuantitatif :

  1. Studi Kasus Mengenai Dampak Peralihan Kebijakan dari Angkutan Umum Luring ke Angkutan Umum Daring Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Driver di Kota Semarang.
  2. Pelaksanaan Sistem Pengawasan Terhadap Petugas Parkir untuk Meningkatkan PAD Kota Surabaya, Jawa Timur.
  3. Penelitian Mengenai Nilai Publik dari Adanya Program Rehabilitasi Sosial Rumah yang Tidak Layak Huni di Kota Makassar.
  4. Studi Kasus Deskriptif Mengenai Kebijakan Mitigasi dari Bencana Banjir di Kecamatan dan Kabupaten Sampang.
  5. Assessment Terhadap Impact dalam Program Campus Social Responsibility di Kota Sukabumi dengan Studi Kasus Terhadap Anak Putus Sekolah dan Anak Rentan Putus Sekolah di Kecamatan Cibeureum.
  6. Analisis Community Governance Dalam Sektor Pembangunan Pariwisata Inklusif di Kota Malang.
  7. Inovasi Pelayanan Publik Sakera Jempol di Kabupaten Pasuruan Dalam Pencegahan Tindak Kekerasan Pada Perempuan dan Anak.
  8. Partisipasi Masyarakat di Kota Mojokerto dalam Program Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu.
  9. Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2013 Mengenai Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
  10. Studi Kasus Mengenai Motivasi Legislator Perempuan dan Kinerjanya di DPRD Provinsi Jawa Tengah Periode 2014-2019.
  11. Studi Kasus Terhadap Pelayanan Informasi Publik di dalam Pemerintahan Kabupaten Madiun Melalui Perspektif Open Government.
  12. Pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pondok Sosial Kaliju dan Kota Surabaya.
  13. Kolaborasi Antar Stakeholders dalam Program Satu Desa Satu Produk Kendang Jimbe, Kota Blitar, Jawa Timur.
  14. Inovasi Selamatkan Pasien Pasung Melalui Tim Pasukan Pemutus Rantai Orang Dengan Gangguan Jiwa Sebagau Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Sektor Kesehatan Jiwa di Puskesmas Sleman, D.I.Yogyakarta.
  15. Studi Kasus Mengenai Dampak Pemberdayaan Masyarakat Berdasarkan Pengarusutamaan Gender Terutama bagi Perempuan Miskin di Kabupaten Gresik.
  16. Studi Kasus Mengenai Efektivitas Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial di Daerah Kumuh Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.
  17. Kerjasama Antara Permodalan Nasional Madani (Persero) dengan Pemerintah serta Masyarakat Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sukoharjo Dilihat Melalui Kacamata Reinventing Government.
  18. Aplikasi Program Pendidikan Secara Inklusif di SMPN Sidotopo 2 dan SMPN Airlangga 2, Kota Surabaya, Jawa Timur.
  19. Studi Kasus Mengenai Efektivitas dari Transportasi Umum sebagai Upaya Mendukung Minat Masyarakat Menggunakan Transportasi Umum di Kota Yogyakarta.
  20. Administrative Responsibility atau Penanganan Perbaikan Jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Pematusan Kota Banjarbaru.
  21. Evaluasi Mengenai Dampak dari Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Kecamatan Kedungparing, Kabupaten Lamongan, Jawa Tengah.
  22. Evaluasi Nilai Pemasaran Publik dari Program Kota Tanpa Kumuh Kampung Warna-Warni Kecamatan Caringin.
  23. Studi Kasus Mengenai Pencegahan HIV/AIDS di Kota Surabaya dengan Mengevaluasi Pelaksanaan Kebijakan Perda Kota Surabaya No. 4 Tahun 2013 yang Membahas Penanggulangan HIV/AIDS.
  24. Dampak dari Pengembangan Kampung Sentra Pengrajin Songkok UMKM Terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi serta Lingkungan di Kabupaten Gresik.
  25. Studi Evaluasi Mengenai Program Green Sister City oleh Surabaya-Kitakyushu dalam Hal Pengolahan Limbah Sampah.
  26. Strategi Pemerintah sebagai Jalan Meningkatan Iklim Investasi dari City Branding di Kabupaten Sukaraja.
  27. Studi Kasus Membahas Akuntabilitas dalam Penerapan Sistem E-Parkir dan Pengelolaan Hasil Pendapatan Retribusi Parkir.
  28. Inovasi dan Pengembangan Pelayanan Publik berupa Parkir Meter sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan oleh Dinas Perhubungan Kota Denpasar.
  29. Capacity Building dari Organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Bandung Barat.
  30. Implementasi Program Sakera Jempol di Kabupaten Mojokerto dari Sisi Content of Policy and Context of Implementation.
  31. Studi Eksploratif Mengenai Berbagai Faktor Pendukung Pengembangan Kampung Literasi di Menturo, Kabupaten Jombang.
  32. Evaluasi Terhadap Program Desa Tangguh Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Bojongsoang dalam Pengurangan Risiko Bencana Banjir Rob.
  33. Penilaian Publik Terhadap Pelayanan Pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi, Jawa Barat.
  34. Implementasi Program Posyandu Balita di Puskesmas Sewon, Bantul, D.I.Yogyakarta.
  35. Evaluasi Efektivitas dari Surabaya Intelligent Transport System dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya.
  36. Sudut Pandang Human Governance dalam Melihat Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon, Banten.

Skill yang DIbutuhkan Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara

Setelah melihat berbagai macam contoh judul skripsi Administrasi Negara di atas, mahasiswa bisa menggunakannya sebagai ide awal dari penelitian yang akan dilakukan atau sebagai referensi topik yang akan diangkat dalam skripsinya.

Bisa Mengidentifikasi Masalah

Adapun seorang mahasiswa dari jurusan Administrasi Negara diharapkan memiliki skill atau kemampuan-kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisa, serta mencari solusi dari masalah-masalah yang terjadi di publik dengan mengacu pada landasan metodologis.

Bisa Mengutarakan Solusi

Ketika menangani sebuah masalah pun, mahasiswa jurusan Administrasi Negara baiknya dapat mengungkap seperti apa struktur dan inti dari permasalahan yang dihadapi kemudian menjabarkan solusinya satu per satu berdasarkan prioritasnya.

Mahasiswa juga diminta untuk memiliki kemampuan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan serta kepuasan masyarakat ketika bekerja di lapangan.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan berkomunikasi juga penting agar dapat berdiskusi dengan para pakar dan orang-orang yang ahli dalam bidang yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang Administrasi Negara. Mahasiswa pun harus selalu mengikuti perkembangan terbaru di bidang administrasi negara. Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Ekonomi Pembangunan yang Mudah

Sebagai sebuah ilmu yang dinamis, aka nada banyak hal baru yang akan muncul  sehingga dengan mengikuti perkembangan ilmu dan pengetahuan akan memudahkan mahasiswa saat akan melakukan penelitian atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi nantinya.

Sebagai mahasiswa hendaklah memiliki pola pikir yang terbuka, kreatif serta inovatif sehingga dapat membuat terobosan baru bagi bidang ilmu yang dipilihnya. Demikian berbagai contoh judul skripsi Administrasi Negara yang bisa dijadikan sumber inspirasi.

Tinggalkan komentar