6+ Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Riverspace.org – Di zaman sekarang ini, banyak sekali orang yang berlomba-lomba memulai usaha kecil-kecilan mulai dari desa hingga ke kota besar. Pasalnya akibat dampak dari maraknya virus covid-19, banyak orang yang kehilangan pekerjaan asalnya.

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Akhirnya mereka yang kehilangan pekerjaan mulai mencari-cari ide untuk memenuhi masalah keuangannya. Mulai dari masyarakat kota kecil, kota kecil, kota-kota besar dan bahkan masyarakat pedesaan mulai memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Masyarakat desa pun sekarang ini mulai banyak yang mencoba membuka usaha kecil-kecilan di pedesaan. Misalnya saja seperti berjualan gorengan dan aneka jajanan yang beraneka ragam dan unik-unik.

Pastinya kalian juga tertarik kan membuka usaha di pedesaan tapi masih bingung ingin usaha apa dan yang cocok bagi pemula? Tenang saja, berikut saya berikan 7+ contoh usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

1. Jasa Rias Pengantin

Mencari jasa rias pengantin memang banyak dilakukan oleh mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Sekarang ini masyarakat desa pun tidak mau kalah dengan masyarakat kota dalam menyelenggarakan pesta pernikahan.

Maka dari itu, bisa dikatakan sebagai usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan sekarang ini. Usaha ini sangat cocok sekali untuk kalian yang sangat suka merias wajah, dan bisa mengeluarkan bakatnya bahkan menjadi pundi-pundi rupiah.

2. Persewaan Alat Pesta Dan Sound System

Selain jasa rias pengantin, masyarakat desa jika menyelenggarakan pesta pernikahan tentunya akan memerlukan alat-alat pesta dan audio sound system. Tentunya akan menjadi peluang usaha yang cukup potensial jika menyediakan berbagai kebutuhan pesta dan rental sound system di pedesaan.

Akan tetapi dalam masalah modal yang diperlukan untuk usaha ini pun bisa dibilang tidak sedikit. Terlebih lagi jika ingin membuat satu set rental sound system, sekarang ini harga barang-barang elektronik semakin mahal.

Namun jika di daerah kalian masih belum ada usaha persewaan alat pesta dan rental sound system, maka usaha ini memiliki peluang besar menjadi pundi-pundi rupiah.

3. Toko Elektronik

Saat ini masyarakat di desa sudah banyak yang beralih ke tenaga atau barang elektronik untuk membantu mempermudah kegiatan sehari-hari. Misalnya saja barang elektronik seperti magicom, blender, alat-alat pertukangan dan masih banyak lainnya.

Pastinya dalam hal ini bisa dikatakan kategori usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, namun perlu modal yang tidak sedikit pula. Untuk meminimalisir besarnya modal yang diperlukan untuk memulai usaha toko elektronik, kalian bisa dengan mulai berjualan berbagai barang elektronik yang harganya masih tergolong menengah ke bawah.

4. Jual Aneka Gorengan Dan Kue Tradisional

Peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah berjualan berbagai macam gorengan dan aneka kue tradisional. Sebab masyarakat di desa identik dan sangat suka dengan berbagai gorengan dan jajanan tradisional.

Peluang usaha ini pun tidak begitu memerlukan modal yang banyak, hanya perlu memiliki keterampilan memasak.

5. Jasa Pembuatan Website

Peluang usaha jasa pembuatan website pun patut dicoba walaupun di pedesaan. Sebab jasa pembuatan website tidak harus dipasarkan melalui offline saja, bisa juga dilakukan dengan cara beriklan di berbagai media sosial dan google.

Namun jika kalian mendapatkan klien yang meminta untuk dibuatkan website, maka pilihlah VPS server lokal yang terpercaya. Sebab server atau hosting memiliki peran penting bagi kecepatan website.

6. Usaha Percetakan

Jenis usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang terakhir adalah membuka usaha percetakan atau fotocopy. Walaupun berada di desa bukan berarti sepi pelanggannya, bahkan bisa menjadi peluang pundi rupiah yang besar.

Pasalnya usaha percetakan akan sangat dibutuhkan dan dicari-cari oleh para pelajar mulai dari SD hingga jenjang pendidikan tinggi. Banyak orang yang salah persepsi memandang usaha fotocopy di desa sepi pelanggan, jika hasil cetakan kalian bagus akan dicari-cari dan banyak memiliki langganan.

Nah, mungkin hanya itu saja contoh-contoh peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadikan kalian lebih bersemangat untuk membuka usaha sendiri walaupun di pedesaan.

Tinggalkan komentar