Tips Memilih Power Supply Komputer

Saat ingin merakit PC, tentunya Anda harus memperhatikan beberapa komponen penting. Salah satu komponen penting tersebut adalah Power Supply atau biasa disebut PSU.

Pada umumnya, fungsi PSU ini sendiri berfungsi untuk menyimpan daya listrik supaya komponen inti di komputer Anda bisa hidup dan beroperasi. Tanpa adanya PSU, pastinya komputer tidak dapat hidup karena tidak mendapatkan supply listrik sebagai tenaganya.

Nah untuk itulah PSU ini harus Anda perhatikan dan beli yang paling sesuai dengan kebutuhan komputer tersebut. Kalau belum tahu cara memilihnya, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips memilih Power Supply komputer.

Tips Memilih Power Supply Komputer

Banyak orang yang akan merakit PC menganggap remeh komponen Power Supply ini. Biasanya sih mereka hanya fokus ke komponen inti, seperti CPU, VGA dan RAM.

Padahal seperti yang sudah dijelaskan, komponen PSU ini sangat penting karena fungsinya yang berperan untuk memberikan tenaga ke beberapa komponen inti.

Dilansir dari situs Uplotify, kalau Anda memilih PSU yang tidak tepat biasanya akan menyebabkan beberapa masalah, seperti:

  • Komputer tiba-tiba mati karena tidak mendapat supply listrik yang sesuai
  • Bisa merusak komponen inti kalau dibiarkan secara terus menerus
  • Menyebabkan terjadinya korsleting akibat tidak stabilnya supply listrik
  • Dan lainnya.

Nah untuk mencegah beberapa masalah tersebut, Anda bisa perhatikan beberapa tips memilih Power Supply komputer berikut ini:

1. Ketahui Daya Komputer

Gambar Cek Watt Komputer

Pertama, Anda harus tahu dulu berapa daya yang dibutuhkan pada komputer tersebut. Untuk cara mengetahuinya, Anda bisa mengakses situs Power Supply Calculator dari Cooler Master di internet.

Kemudian Anda tinggal masukkan beberapa versi komponen yang digunakan di komputer tersebut. beberapa komponennya, seperti CPU, Motherboard, GPU, RAM dan lainnya.

Setelah semuanya Anda input, nantinya bisa lihat total daya yang diperlukan pada kolom You Recommended PSU Wattage is. Contohnya seperti gambar di atas.

2. Cari Merk Terpercaya

Gambar tips memilih PSU Komputer Terbaik

Kemudian disarankan untuk memilih CPU dari merk yang sudah terpercaya. Beberapa merk yang direkomendasikan seperti Cooler Master, Corsair, Super Flower, Seasonic dan lainnya.

Tidak hanya terpercaya, biasanya PSU dari merk yang disebutkan di atas memiliki kualitas yang sangat baik.

Bahkan biasanya produk dari merk tersebut memiliki nilai lebih dari 80 untuk sertifikat efisiensi. Dimana semakin tinggi nilainya, maka pemakaian daya yang diperlukan PSU Anda akan lebih irit.

3. Cari yang Agak Mahal

Semakin berkualitas tentunya harganya akan semakin mahal. Hal ini juga berlaku untuk komponen Power Supply komputer.

Biasanya sih harga PSU ini berdasarkan jumlah watt-nya. Semakin tinggi watt-nya maka harganya juga akan semakin mahal.

Namun dengan memakai harga yang sedikit mahal, umumnya akan menjamin kualitas dan daya pakai dari PSU tersebut.

4. Cari yang Bergaransi Panjang

Lalu usahakan cari PSU yang memberikan garansi panjang. Misalkan kalau ada kerusakan karena komponen tersebut secara tiba-tiba, maka Anda bisa segera melakukan claim garansi PSU ke outlet resmi.

Salah satu merk yang memberikan garansi panjang ialah PSU dari Corsair. Garansi terpanjang yang vendor tersebut berikan untuk PSU high-end bisa sampai 10 tahun.

5. Perhatikan Fitur Power Supply

Gambar Perhatikan Fitur Power Supply

Kemudian perhatikan juga fitur pada Power Supply tersebut. Secara garis besar, ada 3 jenis Power Supply komputer, yaitu Full Modular, Semi Modular dan Non Modular.

Full Modular berarti kabel pada komponen tersebut tidak di solder atau dipasang permanen ke PSU. Sehingga bisa Anda lepas atau ganti kabel kalau bermasalah.

Sedangkan untuk Semi Modular berarti ada beberapa kabel yang di solder ke komponen tersebut, seperti kabel motherboard dan CPU. Selain kabel tersebut yang lainnya bisa dilepas dan diganti.

Terakhir untuk Non Modular. Secara umum, PSU jenis ini semua kabelnya di solder. Sehingga Anda tidak bisa mengganti kabelnya dan sisanya juga harus ada di dalam case.

6. Jangan Beli Bekas

Sangat disarankan untuk membeli PSU yang baru. Meskipun PSU bekas masih terlihat bagus, baik fisik dan spesifikasinya tetap saja sangat tidak di sarankan.

Karena Anda tidak tahu bagaimana pemakaian PSU tersebut sebelumnya. Bisa jadi PSU tersebut tidak mendapat aliran listrik yang stabil atau bahkan pernah tersambar petir.

Tentunya hal ini bisa mengurangi masa pakai PSU tersebut secara drastis.

Demikianlah penjelasan terkait tips memilih Power Supply komputer. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda untuk memilih Power Supply komputer yang sesuai.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar