Tips Beli Rumah di Momentum Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi, dan pastinya kita akan menyambut bulan penuh berkah ini dengan suka cita. Banyak hal yang bisa kita lakukan selama Ramadhan seperti berkumpul bersama keluarga untuk berbuka puasa atau sekadar silaturahmi. Bagi kamu yang baru pindah ke perumahan baru mungkin ini bisa jadi ajang silaturahmi dan mengenal tetangga ya.
Apakah di tahun ini kamu sudah punya cukup dana untuk membeli rumah? Syukurlah ya jika sudah dapat dana yang mencukupi. Namun, apakah kamu bermaksud untuk membeli rumah di momentum Ramadhan? Kira-kira apa saja ya hal-hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli hunian di bulan Ramadhan? Mari kita sama-sama cari tahu informasi selengkapnya.

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Tips Membeli Rumah di Bulan Ramadhan

Membeli rumah memang tidak ada waktu yang pasti, artinya kamu bisa membeli hunian kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin membeli hunian di bulan Ramadhan. Mari kita cek informasinya di bawah ini.

Cek Promo KPR

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membeli rumah jelang Ramadhan adalah mencari informasi promo KPR. Promo pembiayaan rumah ini bisa kamu dapatkan dengan mengecek website resmi Bank atau e-commerce properti tepercaya.

Cek Bunga Pinjaman di Bank

Selain itu, apabila kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank, pastikan kamu mengecek besaran bunga. Hal ini penting karena umumnya bank akan berlomba-lomba memberikan bunga terendah untuk program pembiayaan rumah dengan kredit.

Cek Promo Developer

Selain mencari promo KPR yang diberikan oleh pihak bank, kamu juga mencari informasi mengenai promo properti dari developer. Umumnya agar perumahan cepat laku, developer akan memberikan promo-promo menarik mulai dari potongan harga DP, cashback dan bonus peralatan rumah tangga. Ada juga developer yang mengaplikasikan sistem booking fee, Nomor Urut Pembelian (NUP) dan lain-lain. Tujuan dari penyelenggaraan promo tersebut adalah untuk menarik perhatian pelanggan agar segera bertransaksi.

Beli Rumah Lewat Aplikasi Tepercaya

Selain membeli rumah di developer langsung, kamu juga bisa mengecek referensi properti idaman di aplikasi. Saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan listing tepercaya dan telah bekerja sama dengan pihak bank untuk menjual properti baik itu rumah baru, rumah seken, rumah lelang, apartemen dan jenis hunian lainnya.

Cek Portfolio Developer

Selain kamu juga bisa melakukan cek riwayat kerja para developer. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa developer yang kamu lirik benar-benar tepercaya dan mempunyai reputasi yang baik dalam menjual properti. Untuk mencegah penipuan developer, kamu bisa melakukan beberapa hal misalnya langsung mencari properti di bank. Biasanya bank hanya akan mau melakukan kerja sama dengan developer yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya.

Lakukan kunjungan properti secara online

Beberapa aplikasi penjualan properti atau e-commerce properti sudah memberikan layanan baru seperti kunjungan jarak jauh atau online visit. Artinya kamu sebagai calon pembeli bisa melakukan survey properti dari jauh dan nanti agen properti yang akan membantu kamu memperlihatkan isi rumah dengan video call. Namun, alangkah lebih baik setelah online visit, kamu pun bisa hadir dan melihat secara langsung fisik dari bangunan rumah tersebut.
Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencari properti menjelang Ramadhan? Memang untuk membeli hunian itu tidak mudah. Kamu harus melakukan banyak hal agar mendapatkan hunian yang tepat. Misalnya kamu ingin membeli salah satu unit di perumahan di Depok, kamu harus benar-benar memahami medan area tersebut agar tidak menyesal di belakang. Itu saja informasi mengenai tips membeli rumah di momen Ramadhan, semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar