Tari Yapong Jawa Barat

Riverspace.org – Tari yapong merupakan kesenian tradisional yang berasal dari daerah Betawi, Provinsi Jawa Barat. Sama halnya dengan suku-suku lain di Indonesia, suku Betawi juga memiliki beraneka ragam kebudayaan tradisional yang masih tetap eksis hingga sekarang ini.

Tari yapong berasal dari Betawi ini pada awalnya lahir sekitar tahun 1977, yang digunakan untuk memeriahkan hari jadi kota Jakarta ke-450.

Mungkin bagi kalian yang masih belum banyak mengetahui jenis tari tradisional, pastinya akan menyamakan jenis tari yapong dengan tari jaipong. Sebab jika dilihat dari namanya memang ada sedikit persamaan pada akhirnya.

Namun diantara kedua jenis tarian ini salah satu perbedaan yang bisa dilihat adalah dari asal-usul sejarah terciptanya itu sendiri.

Lantas apa saja sih informasi yang akan saya berikan dalam artikel kali ini? Biar tidak penasaran, langsung saja simak penjelasan seputar tarian yapong di bawah ini.

Contents

Sejarah Tari Yapong

Gambar penari yapong sedang tampil

Catatan sejarah tari yapong berawal pada tahun 1977, yakni pada acara ulang tahun kota Jakarta ke 450. Ketika acara tersebut diselenggarakan, tarian yapong ditampilkan dengan mengangkat tema perjuangan Pangeran Jayakarta.

Penggarapan tari yapong berasal dari Jawa Barat ini dipercayakan atau diciptakan oleh seniman besar bernama Bagong Kussudiarjo sebagai penyelenggara tari tersebut. Sebagai upaya untuk menyiapkan acara tersebut, Bagong melakukan penelitian tentang kehidupan masyarakat Betawi.

Pada penelitiannya itulah beliau melakukan observasi langsung kepada masyarakat Betawi serta melakukan penelitian melalui perpustakaan, slide dan film tentang masyarakat Betawi. Hingga akhirnya menjadi sebuah sendratari yang ditampilkan di Balai Sidang Senayan, Jakarta pada tanggal 20 Juni 1977.

Jadi bisa dikatakan bahwa pencipta tari yapong adalah Bagong Kussudiarjo.

Fungsi Tari Yapong

Gambar penari yapong dengan propertinya

Tari yapong berasal dari daerah Betawi sekarang ini banyak difungsikan dalam berbagai acara di masyarakat. Misalnya ketika diadakan festival daerah setiap tahun yang berisikan banyak kesenian tradisional.

Selain itu, dengan ikut serta dalam festival akan membuat kesenian masyarakat Betawi akan lebih dikenal oleh sesama anak bangsa ataupun warga mancanegara. Melestarikan tarian ini juga akan memberikan manfaat untuk mencintai kebudayaan sendiri.

Para pelajar juga akan mendapatkan pengetahuan lagi dalam pendidikan tradisional Indonesia, khususnya kesenian tari.

Makna Tari Yapong

Gambar penari yapong wanita
800

Pada dasarnya, gerakan tari yapong cukup sederhana, akan tetapi sangat aktif dilakukan oleh para penarinya. Oleh sebab itu, ketika penampilan diadakan, maka tarian satu ini memiliki banyak varian supaya terlihat atraktif.

Ragam gerakan yang dimuat dalam tarian ini juga memiliki tumpuan pada kaki, tangan dan pinggul penari. Penari akan tampil dengan menggerakkan tangan dan kaki secara bergantian yang pada saat keduanya bergerak bergantian maka pinggul akan mengikuti.

Makna tari yapong yang terkandung di dalam setiap gerakan mempunyai arti seorang anak yang bersifat ceria menampilkan pertunjukan dengan gembira. Pertunjukan yang saya maksud disini adalah ketika melakukan gerakan pergantian antara tangan dan kaki.

Selain dari segi gerakan, ternyata kostum tari yapong juga mempunyai makna tersendiri. Biasanya tarian ini akan menggunakan kostum berwarna terang, seperti layaknya sebuah awan cerah yang bermakna kegembiraan seorang anak kecil.

Akulturasi Budaya

Gambar rombongan penari yapong

Tarian yaponh adalah tari yang tercipta di era modern dengan mengutamakan unsur adat budaya Betawi. Oleh sebab itu, tarian ini menjadi penggambaran akulturasi budaya.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang melandasi terbentuknya gerakan tarian yapong, antara lain:

1. Yapong Berasal Dari Tari Kontemporer

Aliran pop merupakan salah satu unsur sehari-hari yang dimasukkan ke dalam tarian yapong, seperti gerakan bertumpu pada tangan dan kaki. Penari juga akan memberikan ekspresi wajah gembira supaya menunjukan rasa suka cita berdasarkan cerita yang digambarkan dalam bentuk tarian.

Rasa gembira tersebut digunakan dalam rangkaian menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta, yakni seorang pahlawan yang sangat dekat dengan masyarakat Betawi ketika masa penjajahan.

Tari ini termasuk ke dalam jenis tarian kontemporer sebab tidak terikat dengan pakem layaknya tari tradisional lainnya. Maka ragam gerakan yang dihasilkan akan nampak lebih dinamis dan perpindahan para penari dilakukan secara cepat.

Tarian yapong hingga sekarang ini sudah mengalami perkembangan dan ada banyak jenisnya. Bahkan dapat dibilang bahwa di setiap pertunjukannya ada perbedaan gerakan tarian, walaupun tema yang diangkat tetap sama.

2. Perpaduan Tari Betawi dan Sumatera

Berbagai macam unsur tari tradisional layaknya tarian Betawi dan Melayu (Sumatera) termasuk ke dalam gerakan tari yapong. Semua unsur tersebut menjadikan tari ini kaya akan pengaruh pop.

Hal ini dapat dilihat dari gerakan tari yang sederhana dengan dinamika yang tinggi. Gerakan kaki, tangan dan pinggul para penari mengadopsi tarian tradisional lain dan dikombinasikan dengan tarian popo.

3. Pakaian Mirip dengan Busana Tradisional

Dalam hal busana, jika diperhatikan sekilas maka busana para penari yapong berupa kembang topeng berasal dari Betawi. Sedangkan warna busana cenderung cerah dan tambahan aksesoris sama.

Selain itu, ada juga hiasan penutup kepala dan toka-toka atau selendang untuk menutupi bagian dada penari. Bahkan ada percampuran budaya Tionghoa di dalam segi busananya, yakni adanya motif naga berwarna merah yang sering digunakan dalam pementasan opera Tionghoa.

Baca Juga Tari Merak

Gerakan Tari Yapong

Gambar penari yapong sedang melakukan gerakan

Tarian yapong sendiri memiliki gerakan yang sangat beragam dan terbagi mulai dari awal hingga akhir penampilan. Dibawah ini adalah ragam gerakan beserta urutannya yang ada di dalam tarian yapong, antara lain:

  • Jalan Megol Lembehan Kanan

Penari yapong akan mengambil posisi jalan ditempat, tangan kiri penari putri berada di dada dan diletakkan di pinggul penari pria. Kemudian tangan kanan akan dilemahkan dengan gerakan ke samping secara berulang-ulang.

  • Enjer Loncat ke Kanan dan Kiri

Tangan kiri penari selanjutnya penari akan dibengkokkan di bagian perut, tangan kanan dibentangkan lurus. Penari akan melakukan gerakan loncatan berdasarkan tangan yang ditekuk tersebut.

  • Singgetan Ngigel

Gerakan ini akan dilakukan penari yapong tepat di depan mata, lalu melakukan ngigel dalam hitungan pertama, disambung dengan gerakan tangan tengadah. Kemudian hitungan kedua dan ketiga posisi tangan ukel dan pada hitungan ke empat tangan nyekithing.

  • Yapong

Gerakan penari akan dilanjutkan dengan tangan diletakkan diatas kepala dan disusul gerakan telapak tangan dibuka serta gerakan seperti menyapu angin ke arah kiri dan kanan.

  • Loncat Obah Pundak

Gerakan ini adalah kedua lengan direntangkan, lalu pada ketukan tertentu pundak digerakkan ke depan dan belakang, dilanjutkan tangan bergerak ke kanan dan kiri sambil meloncat bergantian.

  • Singgetan Putar

Gerak singgetan putar dilakukan dengan cara tangan kiri penari diposisikan di bagian pinggang, lalu tangan kanan dibentangkan serta penari berputar 360 derajat.

  • Enjer (Menthang Kanan dan Kiri)

Gerak enjer akan dilakukan tangan kanan dan kiri penari dibentangkan dengan posisi di bagian pinggang dan melakukan loncatan berdasarkan tangan nyekutuk ketika melakukan perpindahan dengan lari-lari kecil sesuai arah gerakan.

  • Jalan 4 Arah Maju

Gerak ini akan dilakukan penari dengan cara maju mundur ke arah kanan penari sesuai ayunan tangan.

  • Malangkring Goyang Pinggul Dorong Pantat

Posisi tangan penari malangkring atau bertolak pinggang dengan pinggul digoyangkan ke arah kanan dan kiri.

  • Singgetan Putar

Gerakan ini dilakukan dengan memposisikan tangan kiri pada pinggang dan tangan kanan dibentangkan sembari berputar 360 derajat.

  • Enjer Tumpang Asta

Penari yapong akan berjalan ke arah kanan dan kiri. Akan tetapi ketika berjalan ke kiri, kaki kanan akan diangkat dan tangan kanan kemudian diposisikan diatas tangan kiri secara bersilang.

  • Singgetan Ngigel Mundur

Gerakan ini dilakukan dengan cara kedua tangan penari berada dalam posisi tengah dan ditekuk ke belakang. Kemudian penari akan melakukan gerakan menghadap ke depan sembari ujung jari tangan menyentuh jempol atau nyekiting dan mundur 1 langkah.

  • Ngigel

Para penari yapong akan melakukan gerakan tangan di depan mata dan melakukan ngigel, ketika hitungan pertama. Kemudian penari akan menengadahkan tangan pada hitungan kedua dan tangan ukel pada hitungan ketiga sembari nyekiting ketika hitungan keempat.

  • Jalan Tranjal Trap Pundak

Gerakan ini dilakukan dengan kedua tangan para penari berada di posisi pundak kanan dan jari tengah menyentuh pundak. Kemudian jari lainnya membentuk sikap nyekithing dan melakukan gerakan kaki kiri di depan sembari tranjal.

Gerak ini akan dilakukan sebanyak 4 kali, lalu gerakan kedua adalah gerakan sebaliknya, yakni posisi kaki kanan di depan dan tangan kiri berada di pundak.

  • Ngigel Mundur

Gerak ngigel adalah kedua tangan penari melakukan gerakan tengadah kemudian ditekuk ke bagian belakang. Lalu dilanjutkan menghadap ke depan dengan ujung jari tangan menyentuh jempol atau nyekiting, kemudian mundur 1 langkah.

  • Jalan Maju Cekelan Tumpang Asa

Ketika melakukan gerakan ini, posisi tangan penari nyekiting dengan tangan kiri diatas tangan kanan kemudian menekuk di depan dada.

  • Jalan Ditempat Naik Turun

Gerak jalan ditempat ini dilakukan dengan cara kaki penari dalam posisi rapat, serta tangan berada di bagian pinggang kemudian berjalan di tempat naik dan turun.

  • Jalan Mundur

Posisi gerakan jalan mundur ini adalah kedua tangan penari diarahkan ke kanan lalu didorong ke belakang, begitupun jika diarahkan ke kiri.

  • Tangan Kanan Maju Mundur dan Obah Pundak Loncat

Gerakan ini dilakukan dengan kedua tangan penari terletak dipundak, pada saat tangan lurus ke depan, lalu kaki kanan maju. Kemudian tangan penari yapong kembali ke pundak, dan kaki gejuk sembari pundak digerakkan dan jempol tangan menempel ke pangkal lengan.

  • Yapong

Gerak yapong disini dilakukan dengan cara tangan penari berada diatas kepala, baru disusul oleh telapak tangan yang dibuka, kemudian digerakkan layaknya menyapu angin ke kiri dan ke kanan.

  • Enjer

Gerakan enjer akan dilakukan penari dengan cara tangan kiri penari dibentangkan. Sementara tangan kanan terletak pada pinggang, kemudian melakukan loncatan berdasarkan tangan yang ditekuk ketika berpindah dengan lari-lari kecil sesuai arah gerakan.

  • Ngigel

Para penari yapong akan melakukan gerakan tangan di depan mata dan melakukan ngigel, ketika hitungan pertama. Kemudian penari akan menengadahkan tangan pada hitungan kedua dan tangan ukel pada hitungan ketiga sembari nyekiting ketika hitungan keempat.

  • Yapong

Gerak yapong disini dilakukan dengan cara tangan penari berada diatas kepala, baru disusul oleh telapak tangan yang dibuka, kemudian digerakkan layaknya menyapu angin ke kiri dan ke kanan.

  • Nyilang Belok Kiri

Gerakan ini dilakukan penari dengan cara kaki sebelah kiri melakukan gejug dan tangan menthang berputar ke kiri 90 derajat , lalu setelah itu posisi tangan ngigel.

  • Yapong

Gerak yapong disini dilakukan dengan cara tangan penari berada diatas kepala, baru disusul oleh telapak tangan yang dibuka, kemudian digerakkan layaknya menyapu angin ke kiri dan ke kanan.

  • Nyilang Belok Kiri

Gerakan ini dilakukan penari dengan cara kaki sebelah kiri melakukan gejug dan tangan menthang berputar ke kiri 90 derajat , lalu setelah itu posisi tangan ngigel.

  • Jalan Ditempat Naik Turun

Gerak jalan ditempat ini dilakukan dengan cara kaki penari dalam posisi rapat, serta tangan berada di bagian pinggang kemudian berjalan di tempat naik dan turun.

  • Gejug Kiri Belok Kiri dan Jalan Naik Turun Ditempat

Gerakan ini dilakukan dengan cara kaki kiri melakukan gejug, belok kiri dan turun ke arah depan. Lalu dilanjutkan gerakan tangan menthang berputar ke kiri 90 derajat dan melakukan tangan ngigel, serta jalan naik turun ditempat.

  • Ukel Mlulah Ukel Dadi

Gerakan ini dilakukan dengan cara tangan penari berposisi di depan mata dengan telapak tangan terbuka dan melakukan ngigel. Ketika hitungan pertama, tangan ditengadahkan, lalu hitungan kedua dan ketiga tangan ukel, kemudian pada hitungan keempat tangan nyekithing.

  • Jalan Megol Lembengan Kanan

Gerakan terakhir ini dilakukan penari yapong mengambil posisi jalan ditempat, tangan kiri penari putri berada di dada dan diletakkan di pinggul penari pria. Kemudian tangan kanan akan dilemahkan dengan gerakan ke samping secara berulang-ulang.

Baca Juga Tari Gantar Suku Dayak

Properti Tari Yapong

Gambar Properti Tari Yapong

Ketika pertunjukkan diselenggarakan, properti tari yapong terdiri dari:

1. Rebana

Properti wajib di dalam setiap pertunjukan tarian yapong adalah rebana sebagai alat musik yang mengiringi tarian tersebut. Rebana pada umumnya dipakai ketika pagelaran seni musik khas Betawi.

Alat musik ini dapat menghasilkan irama yang bertempo cepat. Cara memainkan rebana dengan dipukul menggunakan tangan kosong. Bahan utama pembuatan rebana adalah dari kulit hewan yang dikeringkan dan dapat menghasilkan nada yang tinggi.

2. Selendang

Properti penari yapong berupa selendang ini biasanya berada melingkar di dada penari yang dibentuk menjadi huruf X. Selendang ini menjadi keunikan tersendiri dari kostum penari yapong.

Selendang yang dibentuk dengan huruf X, serta menjadi salah satu properti tari yapong dan berbagai aksesoris yang menghiasinya.

3. Penghias Kepala

Properti lain yang pada bagian kepala penari akan dihiasi dengan bunga mawar merah yang menambah keanggunan serta kecantikan penari wanita tersebut. Layaknya penari lainnya, para penari yapong juga harus tampil cantik dan luwes ketika membawakan gerakan tarian. Oleh sebab itu, kecantikan penari yapong akan semakin bertambah dengan adanya properti penghias kepala.

4. Kalung

Penari yapong akan menggunakan kalung khas Betawi berwarna emas yang menghiasi kostum penari, sehingga menambah keanggunan dan kecantikan penari yapong tersebut. Biasanya bentuk dari kalung yang dipakai adalah sesuai dengan ciri khas penari Betawi pada umumnya.

Akan tetapi, tidak semua penari yapong memakai properti kalung di dalam penampilannya. Namun jika tidak ada kalung ini terasa tidak lengkap.

5. Sabuk Emas

Properti sabuk emas yang saya maksud disini adalah sabuk berwarna emas yang dibuat dari kain. Sabuk emas ini berguna untuk mengikat selendang menjadi huruf X pada kostum penari.

Selain digunakan untuk mengikat selendang, sabuk ini juga berfungsi menjadi hiasan kostum penari agar tampil semakin cantik. Oleh sebab itu, penting juga perlengkapan ini menjadi salah satu properti tari yapong.

Musik Pengiring Yapong

Gambar tari yapong

Iringan musik yang digunakan dalam pertunjukan tari yapong adalah perpaduan antara Betawi, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Seperti yang saya jelaskan pada bagian properti diatas, bahwa rebana dijadikan sebagai iringan tarian ini.

Akan tetapi, rebana yang digunakan memiliki beberapa jenis, seperti rebana biang, rebana hadroh, dan rebana ketimpring yang menandakan tari ini termasuk kreasi baru dari seniman Betawi.

Perpaduan antara alat musik rebana tersebut akan menghasilkan alunan irama yang cukup unik didengar telinga.

Keunikan Tari Yapong

Gambar riasan penari yapong yang sangat cantik

Kesenian tari yapong yang menjadi salah satu budaya kebanggaan masyarakat Betawi ini memiliki beberapa keunikan antara lain:

  1. Penari Wanita

Penampilan tari yapong biasanya akan dibawakan oleh 5 hingga 10 orang penari wanita. Walaupun demikian, bukan menutup kemungkinan bahwa penari pria tidak boleh menarikannya.

Pada unsur gerakan, para penari akan membentuk barisan sejajar simetris disesuaikan dengan jumlah penari. Kemudian akan disusul dengan penari melakukan gerakan sesuai iringan musik.

  1. Keindahan Gerakan

Pada dasarnya tari kontemporer akan menggunakan properti pendukung ketika penampilan, hal ini tidak berlaku secara penuh dalam tarian yapong. Tari ini dilakukan dengan aspek keindahan gerakan penari.

Tata letak panggung akan dihias secara sederhana, bahkan nampak tidak ada yang spesial sama sekali. Mungkin hanya ruang luas untuk penari agar lebih leluasa melakukan gerakan.

Tari Yapong Sebagai Budaya Asli Indonesia

Gambar penari yapong dengan kostum khas

Kota Jakarta termasuk pusatnya kawasan masyarakat suku Betawi, maka tarian ini akan sering ditemukan diberbagai tempat. Contohnya saja ketika upacara adat Betawi, pagelaran budaya dan ketika diadakan pesta rakyat.

Di dalam setiap penampilannya, tarian ini hampir memiliki perbedaan dengan ubahan atau tambahan gerak baru. Namun perbedaan disini tidak terlalu dipermasalahkan, sebab sejatinya tari yapong bukanlah tari adat yang memiliki pakem khusus.

Oleh sebab itu, kita sepatutnya bangga dengan kebudayaan asli Indonesia yang saling mengisi dan fleksibel menyesuaikan dengan kebudayaan modern.

Yapong juga bisa disebut sebagai kesenian yang tercipta dari budaya keseharian masyarakat Betawi. Maka tidak menjadi permasalahan ketika mendapatkan pengaruh dari budaya-budaya Indonesia lain dibanding budaya asing.

Perkembangan Tari Yapong

Gambar penari yapong cilik sedang tampil

Tari yapong dari Jawa Barat ini termasuk jenis sendratari ketika awal kemunculannya. Sendratari merupakan kesenian yang memadukan antara tarian dan drama yang tidak mengandung dialog dalam satu kesatuan ketika pertunjukan.

Pada sendratari, penari wanita digambarkan bersukacita ketika menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta. Kemudian penonton akan memberikan apresiasi dan tanggapan positif terhadap bagian ini karena gerakannya sangat menarik.

Akan tetapi, bagian ini sengaja dipisahkan dari rangkaian sendratari dan ditampilkan dalam bentuk tarian sendiri.

Kemudian tugas ini berikan kepada sutradara penampilan, bernama Bagong Kussudiardjo yang membuat bagian tersebut layak ditampilkan secara sendiri. Bermula dari inilah, tarian yapong banyak dipentaskan dalam acara adat, pagelaran kesenian, serta pesta rakyat sebagai salah satu warisan budaya betawi.

Pemberian istilah yapong berasal dari penggabungan suara penari dan musik pengiring. Ketika melakukan tarian ini, para penari akan bersuara “ya…ya…ya…” dan ditambah suara gamelan yang terdengar “pong…pong…pong…”. Dari hal inilah yang dijadikan alasan pemberian nama “yapong” untuk tarian ini.

Pola Lantai Tari Yapong

Gambar pola lantai yapong

Pada dasarnya, pola lantai tari yapong dengan garis imajinatif yang akan dilakukan penari ada dua macam, antara lain:

  1. Pola lantai garis lurus.
  2. Pola lantai garis lengkung.

Baca Juga Tari Gambir Anom

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan untuk Anda tentang pengertian tari yapong dari Betawi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan menambah pengetahuan dalam bidang budaya Indonesia.

Tinggalkan komentar