Tari Tandak Riau

Tari Tandak – adalah salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari daerah, Riau dan Kepulauan Riau. Kesenian ini tergolong tari pergaulan yang umumnya akan dibawakan oleh penari pria dan wanita secara berpasangan.

Para penari di dalam setiap pertunjukannya akan menggunakan baju tradisional Melayu. Mereka akan menara dengan gerakan yang ciri khas serta diiringi oleh lagu dan musik pengiring.

Kesenian tari tradisional dari Riau ini sudah cukup terkenal di daerah Riau dan Kepulauan Riau. Biasanya juga sering ditampilkan ketika ada acara penting, baik acara adat ataupun budaya yang diadakan disana.

Tapi, apakah Anda sudah mengerti informasi seputar tarian tradisional dari Riau Kalini? Jika belum mengerti, langsung saja simak penjelasan yang saya berikan dibawah ini.

Sejarah Tari Tandak

Asal usul tarian tandak

Berdasarkan catatan sejarahnya, tari tandak telah ada sejak zaman dahulu. Pada awalnya tarian ini adalah sebuah tradisi masyarakat yang dilakukan ketika ingin mempertemukan para pemua-pemudi dan menjadi media untuk saling berkenalan.

Oleh sebab itu, tidak sedikit juga yang mengikuti tari tandak ini selain digunakan sebagai ajang perkenalan, biasanya dipakai juga untuk mencari jodoh.

Tarian ini pada zaman dahulu juga dipertujukan secara rutin setiap tahunnya, khususnya bulan juli hingga oktober, dimana pada bulan ini para petani sudah selesai masa panen. Acara ini biasanya diadakan ketika malam haru dan dipimpin oleh Kepala Ngejang selaku pemimpin tari.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman yang cepat, tradisi tersebut sudah mulai ditinggalkan. Sebagai bentuk upaya dalam melestarikannya, tari tandak kemudian dikembangkan menjadi tarian pertunjukan.

Bukan hanya itu saja, dalam masa perkembangannya, tarian tandak juga bertransformasi menjadi beberapa nama yang dipengaruhi oleh asal daerahnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Tari tandak tanjung selungkup dari Kabupaten Pelalawan Riau.
  2. Tarian tandak sebati.
  3. Tari Tandak sedati.

Selain itu, di daerah Kalimantan Barat juga terdapat tarian tandak, yakni Sambas sebagai bagian adat dan budaya Melayu yang mendominasi kawasan tersebut.

Fungsi Dan Makna Tari Tandak

Kegunaan dan makna tarian tandak

Karakteristik dan keunikan dari tari tandak sendiri dapat dilihat dari segi konsep pertunjukannya yang menggabungkan seni sastra berupa syair dan pantun dalam gerakan tari.

Balas-balasan pantun dan syair adalah salah satu ciri khas budaya Melayu sekali. Oleh sebab itu, di dalam tarian ini juga tetap menjadi unsur utama pengisi tarian.

Ragam gerakan yang energik mengikuti irama musik pengiring menjadikannya tarian khas Riau yang menggambarkan kebahagiaan. Sebab tarian ini dibawakan secara berpasangan, tari tandak juga menjadi simbol kedekatan antar masyarakat.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi tari tandak dari zaman dahulu hingga sekarang ini.

  • Sarana berkumpul dan bersilaturahmi dalam upaya menjaga hubungan baik dengan sesama.
  • Sebagai sarana pergaulan yang dimaknai sebagai ajang menjadi jodoh antar pemuda dan pemudi masyarakat Riau.
  • Bentuk tarian penyambutan di berbagai acara penting di daerah Riau.
  • Media hiburan bagi masyarakat dalam berbagai perayaan dan upacara (termasuk pesta pernikahan).
  • Sebagai ajang promosi wisata budaya dan festival lainnya.

Baca Juga Tari Serimpi

Pertunjukan Tari Tandak

Penampilan tarian tandak

Ketika pertunjukannya, tarian ini akan dibawakan oleh penari laki-laki dan perempuan dalam sebuah kelompok atau berpasangan. Umumnya di dalam satu kali penampilan, minimal ada empat pasang penari serta tidak menutup kemungkinan bisa menjadi lebih banyak.

Tergantung dari tarian tandak itu sendiri, akan ditampilkan dalam acara apa dan seberapa besar ruangan yang tersedia untuk menari. Para penari juga bebas memilih pasangannya, sehingga tidak terdapat aturan pakem tentang siapa pasangannya.

Biasanya tarian ini akan ditampilkan antar kampung, sehingga para pesertanya dapat menjalin silaturahmi dan bahkan mendapatkan jodoh ketika acara. Selain empat pasang penari tandak inti, terdapat juga satu orang lagi yang disebut sebagai kepala ngejang.

Kepala ngejang ini akan berada ditempat tengah penari dan mempunyai peran sebagai pengatur irama dalam penampilan tari tandak. Beliau juga akan menggunakan properti berupa alat musik khas yang disebut giring-giring.

Musik Pengiring Tarian Tandak

Alat musik pengiring tari tandak

Musik pengiring yang digunakan dalam tarian tandak biasanya berupa orkestra Melayu yang dihasilkan dari perpaduan berbagai alat musik. Untuk alat musik yang dipakai biasanya berupa akordeon, rebana dan alat musik khas Melayu lainnya.

Tidak ketinggalan juga ketika penampilan, terdapat sebuah syair dan pantun yang dinyanyikan oleh penari tandak. Umumnya setiap kelompok penari perempuan dan laki-laki akan saling adu pantunnya.

Bentuk syair dan pantun yang dibawakan biasanya mengambil tema tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Riau dan berbagai hal yang berhubungan dengan bumi dan alam sekitar.

Kostum Dan Properti Tari Tandak

Busana dan properti tarian tandak Riau

1. Kebaya Labuh

Kebaya ini adalah pakaian adat khas Riau yang berbentuk seperti baju kurung khas Melayu, biasanya akan digunakan oleh penari perempuan. Baju ini sengaja di desain longgar dengan panjang yang menjuntai hingga bagian paha dan lutut.

Kebaya labuh juga tidak mempunyai kerah di bagian lehernya, namun diganti dengan renda yang dipasang pada setiap ujung potongan termasuk di bagian lengan.

Sedangkan ciri khas lainnya berupa kancing yang berjumlah tiga buah pada bagian depan kebaya.

2. Kain Bawahan

Kain ini berfungsi sebagai pelengkap dari kebaya labuh penari perempuan berupa kain songket khas daerah riau. Untuk motif yang digunakan biasanya akan digabungkan dengan benang warna emas dan perak, sehingga menambah kesan cantik dan elegan.

3. Baju Teluk Balangga

Pakaian adat khas Kepulauan Riau yang biasanya digunakan oleh penari laki-laki ketika pertunjukan tarian tandak. Ciri utama dari baju ini adalah dibuat dari kain sutra polos dengan warna senada antara baju atasan dan celana bawahan.

Biasanya bajunya berlengan panjang beserta celananya.

4. Sarung

Sarung yang digunakan ketika penampilan tari tandak berupa kain songket Riau.

5. Peci

Peci disini menjadi properti untuk penari laki-laki dalam tari tandak. Ada juga sebagian yang tidak menggunakan peci, namun hanya menggunakan penutup kepala.

6. Kalung

Properti yang digunakan berupa kalung ini biasanya berukuran lebih panjang dari kalung pada umumnya. Sehingga kalung tersebut akan menjutai dan ikut bergerak ketika digunakan menari.

7. Gelang

Properti gelang ini dugunakan sebagai pemanis tangan penari perempuan tandak. Biasanya gelang yang digunakan bebas ditangan kanan ataupun kiri penari.

8. Hiasan Kepala

Para penari perempuan akan menggunakan hiasan kepala yang terbuat dari bahan logam yang berwarna keemasan. Penggunaannya akan disematkan pada sanggul rambut penari perempuan, bentuknya menjuntai agak panjang ke arah bawah.

9. Giring-Giring

Properti giring-giring ini adalah pengertian dari alat musik yang dibawa oleh kepala rejang ketika penampilan tari tandak sebagai pengatur irama. Untuk bahan yang dipakai dalam pembuatan giring-giring ini adalah logam besi yang dicampur dengan perunggu.

Baca Juga Tari Rejang Renteng Bali

Tata Rias Penari Tandak

Riasan para penari tandak

Terlepas dari kostum dan propertinya, untuk tata riasan yang digunakan oleh para penari tandak sangat serasi dan membuat mereka lebih terlihat cantik. Tata riasan yang berguna sebagai pendukung simbolisasi tarian, ternyata juga berguna untuk memberikan kesan cantik pada gadis Riau yang siap untuk dipinang.

Dengan menggunakan tata rias yang serasi, maka penari akan lebih percaya diri ketika pertunjukkan. Riasan ini juga berguna sebagai penyalur dari makna apa yang ingin disampaikan dalam tarian ini.

Perkembangan Tari Tandak

Perkembangan tarian tandak

Di dalam masa sekarang ini, tari tandak masih tetap dikembangkan dan dilestarikan. Berbagai bentuk kreatifitas dan variasi juga sering dimasukkan dalam setiap penampilannya supaya terlihat lebih menarik, namun tidak meninggalkan keasliannya.

Kesenian tari ini masih sering ditampilkan di berbagai macam acara seperti adat, penyambutan, perayaan, dan juga acara daerah Riau lainnya. Bukan hanya itu saja, tarian ini juga sering digunakan dalam acara budaya seperti pertunjukan seni, festival budaya dan promosi pariwisata.

Pola Lantai Tari Tandak

Bentuk pola lantai tarian tandak Riau

Kesenian tradisional tari tandak ini mempunyai ragam gerakan yang lincah, dinamis dan energik. Anggota tubuh penari yang aktif untuk membangun gerakan dalam ragam gerak tarian ini adalah kaki dan tangan.

Untuk gerakan penari perempuan biasanya didapat dari berbagai unsur perbendaharaan tari-tarian khas Melayu lainnya. Sedangkan untuk penari laki-laki akan melakukan gerakan dengan memberikan beberapa atraksi pencak silat.

Gerakan-gerakan yang dilakukan tersebut akan diiringi oleh instrumen rentak Melayu. Oleh karena itu, gerakannya menjadi lebih dinamis dan berkembang menjadi tari tradisional dengan nuansa ceria dan semangat dari penari.

Dalam persoalan pola lantai, pastinya kalian banyak yang bertanya-tanya kan? Tari tandak sendiri menggunakan pola lantai garis lengkung dengan membentuk gambar melingkar.

Para penari juga biasanya akan memasuki arena menari dengan saling memegang pundak penari lain di sebelahnya membentuk pola lingkaran. Kemudian mereka akan bergeser dengan mengangkat dan menghentakkan kaki ke tanah secara bergantian.

Setelah itu, penari juga akan berpencar dan membantuk formasi imaginer berupa garis vertikal lurus berpasangan dengan pasangannya masing-maing. Sedangkan untuk beberapa gerakan selanjutnya akan menggunakan bentuk pola lantai lurus menjadi pola zig-zag.

Baca Juga Tari Randai

Kesimpulan

Walaupun nilai filosofisnya sebagai ajang untuk mencari jodoh sudah bergeser, namun masih banyak yang tetap melestarikan tari tandak yang bernuansa ceria ini. Tidak sedikit juga orang yang menampilkan tarian ini sebagai media hiburan dan penyambutan tamu.

Mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang dapat saya berikan tentang tari tradisional tandak dari Raiu ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pengetahuan budaya Indonesia Anda, serta menjadi sarana penyelesaian tugas.

Tinggalkan komentar