12 Prospek Kerja Psikologi Di Masa Depan

Riverspace.org – Bukan rahasia lagi jika prospek kerja Psikologi sangat luas karena objek penelitiannya menyangkut manusia. Terdapat beberapa peminatan pada jurusan Psikologi yaitu Psikologi Pendidikan, Kesehatan, Konsumen, dan Organisasi. Pada setiap peminatan memiliki prospek kerja yang sangat bagus sehingga tak heran jika Psikologi banyak diminati. Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Psikologi

Meskipun peluangnya sangat bagus, sebagian besar orang mengetahui bahwa prospek kerja jurusan Psikologi hanya karier bidang konseling. Jika diteliti lebih jauh, peluang jurusan Psikologi juga bisa mendapatkan pekerjaan pada bidang lainnya. Tanpa berlama lagi, berikut beberapa prospek kerja jurusan Psikologi:

12 Prospek Kerja Psikologi Di Masa Depan

Prospek Kerja Psikologi Di Masa Depan
Prospek Kerja Psikologi Di Masa Depan

1. Psikolog

Prospek kerja Psikologi yang pertama adalah bekerja sebagai psikolog yang bertugas untuk memberikan diagnosis kepada pasien. Pekerjaan yang satu ini menuntut seseorang untuk bisa menjaga identitas pasien yang sedang ditangani. Dengan kata lain, seorang Psikolog harus mampu merahasiakan identitas pasiennya.

Pekerjaan ini memiliki pendapatan hingga belasan juta dan jumlahnya akan terus bertambah jika sudah bergelar Psikolog profesional. Pengalaman kerja yang sudah mumpuni akan berpengaruh besar terhadap pendapatan.

2. Psikolog Klinis

Prospek kerja yang berikutnya adalah Psikolog Klinis yang memiliki peran tak jauh berbeda dengan Psikolog. Selain memiliki tugas utama memberikan diagnosis, pekerjaan ini juga memiliki layanan lain, seperti konsultasi hubungan manusia di tempat kerja.

Tak memiliki pendapatan sebesar Psikolog, bekerja sebagai Psikolog Klinis memiliki rentang pendapatan sekira tujuh juta hingga sepuluh juta rupiah.

3. Psikiater

Berbeda dengan Psikolog, Psikiater memiliki keahlian dalam bidang psikiatri yang memberikan perawatan secara intensif kepada pasien gangguan mental. Pasien dengan gangguan mental biasanya sudah mendapatkan diagnosis dari Psikolog.

Namun untuk profesi ini membutuhkan studi khusus sebelumnya hingga mendapatkan gelar spesialis kesehatan jiwa. Biasanya berasal dari pendidikan dokter yang mengambil jurusan psikologi. Bisa dikatakan jika profesi ini memiliki gaji yang cukup tinggi yaitu delapan juta hingga dua belas juta rupiah.

4. HRD atau Personalia

HRD menjadi prospek kerja Psikologi berikutnya yang bisa dipilih setelah menempuh pendidikan di universitas. Jika ingin bekerja sebagai HRD, terdapat hal penting yang harus dimiliki yaitu keterampilan memahami karakter manusia. 

Keterampilan khusus tersebut sangat penting untuk merekrut karyawan yang akan bekerja di perusahaan. Tak hanya itu saja, HRD juga bertugas untuk mengawasi atau memonitor hingga mengevaluasi karyawan di perusahaan. 

Pendapatan pekerjaan ini tergantung kondisi dari perusahaan itu sendiri. Untuk seorang HRD, gaji yang bisa didapatkan adalah Rp3,5 juta hingga Rp55 juta sesuai dengan pengalaman kerja yang dimiliki.

5. Konsultan Pendidikan

Prospek kerja satu ini biasanya bekerja di suatu lembaga pendidikan nonformal yang bertugas untuk memberikan arahan mengenai universitas atau jurusan. Tak hanya memberikan arahan, Konsultan Pendidikan juga mengurus berbagai administrasi ketika pendaftaran sekolah.

Meskipun belum banyak dikenal, profesi ini memiliki jenjang karir yang cemerlang dengan rentang gaji sekira Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000.

6. Konsultan Karier

Tak jauh berbeda dengan profesi sebelumnya, Konsultan Karier berjalan pada bidang pekerjaan atau karier. Profesi in akan memberikan pengarahan kepada klien agar mengenal potensi diri yang dimiliki sehingga mengetahui pekerjaan yang cocok untuk dirinya.

Selain itu, Konsultan Karir juga akan memberikan simulasi tes sehingga klien mengetahui pola kerja pada karier yang diinginkan. Profesi ini rentang pendapatannya sekira lima juta hingga sepuluh juta rupiah.

7. Guru BK

Guru Bimbingan Konseling atau BK juga menjadi prospek kerja Psikologi dengan peluang bagus. Profesi ini bertugas membimbing murid yang tidak mengetahui atau bingung dengan pendidikan lanjutan. Selain itu, Guru BK juga mengarahkan minat dan bakat murid sehingga bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Tak hanya itu saja, Guru BK juga menangani murid yang berperilaku tidak sesuai dan memberikan arahan serta penjelasan dengan baik. Guru BK juga bertugas mendengarkan keluh kesah murid tentang gangguan yang dialami ketika belajar.

8. Dosen Psikologi

Untuk menjalani profesi ini harus kuliah magister dengan konsentrasi yang sesuai sehingga saat menjadi dosen bisa mengajar dengan maksimal. Mahasiswa pun bisa mendapatkan pembelajaran secara maksimal. Rentang gaji profesi ini sekitar tiga juta lima ratus hingga sepuluh juta rupiah belum termasuk tunjangan dan fasilitas.

9. RnD

Prospek kerja Psikologi selanjutnya adalah RnD atau Research and Development yang cocok untuk mahasiswa lulusan peminatan Psikologi Konsumen. Profesi ini membutuhkan riset sebelum membuat sesuatu. Pendapatan yang dihasilkan RnD sekitar empat juta hingga enam juta rupiah atau sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

10. MT

Lulusan Psikologi bisa mencoba profesi Management Trainee atau MT. MT biasanya dibutuhkan perusahaan untuk menyiapkan karyawan agar bisa menempati posisi manajerial. Profesi dengan jenjang karier yang cepat ini membutuhkan kemampuan untuk mengatur tim dengan baik.

Pendapatan yang didapatkan oleh MT sekira tiga juta hingga empat juta rupiah dan semakin besar sesuai dengan perusahaan tempat bekerja.

11. General Affair

Profesi yang satu ini memiliki posisi yang berada di bawah kepala operasional atau pimpinan divisi umum. Bisa disebut jika tugas dan tanggung jawab General Affair sedikit berpotongan dengan Personalia. Gaji yang akan didapatkan General Affair sekira Rp5 juta hingga Rp10 juta sesuai dengan pengalaman kerja yang dimiliki.

12. Perawat Kesehatan Mental

Profesi ini membutuhkan sertifikat kompetensi perawat dan akan bertugas untuk merawat klien. Tak bekerja sendiri, Perawat Kesehatan Mental akan berkoordinasi dengan dokter hingga terapis. Koordinasi tersebut akan bermanfaat untuk mengetahui perkembangan pasien. Pendapatan dari profesi ini sekira empat juta hingga enam juta rupiah. Baca Juga: 8 Prospek Kerja Agribisnis Menjanjikan Di Masa Depan

Itulah beberapa informasi mengenai prospek kerja Psikologi yang bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk memilih profesi atau pekerjaan yang diinginkan sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu pertimbangkan juga gaji yang akan didapatkan dari sebuah profesi yang akan dipilih.

 

Tinggalkan komentar