10 Prospek Kerja Bimbingan Konseling

Sekarang ini Prospek Kerja Bimbingan Konseling sangat cerah kedepannya. Maka tak heran apabila banyak sekali yang ingin mengambil jurusan ini saat kuliah. Selama ini banyak yang tahu kalau lulusan Bimbingan Konseling hanya kerja sebagai Guru. Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Bimbingan Konseling S1 Tahun 2014-2019

Namun, sebenarnya untuk prospek kerja sendiri sangat banyak dan terbuka luas. Banyak pekerjaan yang direkomendasikan untuk lulusan Bimbingan Konseling. Berikut prospek kerja yang harus diketahui. Simak ulasan prospek kerja lulusan Bimbingan Konseling di bawah ini:

Contents

10 Prospek Kerja Bimbingan Konseling

10 Prospek Kerja Bimbingan Konseling
10 Prospek Kerja Bimbingan Konseling

Prospek karir jurusan Bimbingan Konseling terbuka lebar dan bagus. Simak prospek karir Bimbingan Konseling di bawah ini:

1. Guru atau Tenaga Pendidik

Pertama ada guru BK yang tentu saja sangat familiar dan ada di tiap sekolah. Bisa dikatakan menjadi guru BK bisa dijadikan sebagai karir utama. Tidak hanya pada tingkat pendidikan SMP dan SMA saja.

Namun, Guru BK juga sekarang ada pada beberapa sekolah dasar dan bahkan TK. Sebab profesi ini memang berperan penting untuk siswa. Membantu menyelesaikan masalah siswa, kadang juga guru BK menjadi tempat curahan hati siswa. Perkembangan siswa juga bisa dipengaruhi oleh adanya guru BK.

2. Konselor Pendidikan

Membahas mengenai konselor pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting. Di dalam dunia pendidikan membantu sekali siswa, guru, dan orang tua. Biasanya para konselor ini akan membantu mengarahkan siswa untuk memilih sekolah lanjutan. Dilihat dari kemampuan siswa dan orang tua.

Baik secara materi, kemampuan akademik siswa, dan lain-lain. Maka tak heran apabila banyak yang menginginkan menjadi konselor pendidikan. Selain gaji yang ditawarkan yang cukup tinggi juga membantu siswa atau orang tua yang masih bingung menentukan sekolah lanjutan.

3. Konsultan Pengembangan SDM

Ketiga ada Prospek Kerja Bimbingan Konseling yang tidak kalah bagus. Dalam hal pengembangan SDM tentu saja tidak lepas dari Ilmu Psikologi. Untuk lulusan BK sendiri bisa mencoba menjadi konsultan untuk SDM.

Sangat berpeluang besar sebab lulusan BK sendiri sangat relevan dengan dunia psikologi. Selain itu juga bisa mengisi kekosongan di bagian HRD pada suatu perusahaan. Sangat menjanjikan sekali berkarir sebagai konsultan. Terutama untuk lulusan Bimbingan Konseling.

4. Pegawai Negeri Sipil

Sebenarnya tidak hanya lulusan BK saja yang berpotensi menjadi seorang PNS. Hampir semua jurusan kuliah sangat berpotensi bekerja sebagai PNS setelah lulus nanti. Untuk jurusan Bimbingan Konseling sendiri tentu saja sangat berpeluang tinggi seperti jurusan yang lain.

Banyak orang yang mengincar pekerjaan ini. Sebab gaji yang ditawarkan juga tidak murah. Bisa jutaan hingga mencapai belasan juta rupiah. Bisa mencoba di bagian kementerian agama, lembaga pendidikan, dan lain-lain.

5. Staff HRD

Masih ada kaitannya dengan pengembangan SDM di perusahaan. Staff HRD sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan karir pegawai. Jurusan BK dibekali teori dan praktik berkaitan dengan ilmu psikologi.

Tidak akan susah apalagi untuk lulusan BK menjadi seorang staff HRD di sebuah perusahaan atau instansi. Bahkan, di luar jurusan Bimbingan Konseling juga banyak yang mengincar profesi satu ini. Namun, lebih diprioritaskan untuk lulusan psikologi dan BK tentunya.

6. Wirausaha

Mungkin masih sedikit sekali lulusan Bimbingan Konseling yang menjadi seorang wirausaha. Profesi ini identik dengan jurusan ekonomi bisnis dan manajemen. Padahal lulusan Bimbingan Konseling juga bisa sukses apabila menjadi wirausaha.

Sebab saat menempuh bangku kuliah dibekali ilmu yang bisa lebih memahami karakter dan perilaku orang lain. Sehingga akan lebih memudahkan ketika menjadi wirausaha. Dunia wirausaha sendiri penting untuk tahu perilaku orang lain seperti apa dan bagaimana.

7. Konselor Masyarakat

Selanjutnya jurusan BK nantinya bisa menjadi konselor di tengah-tengah masyarakat. Banyak sekali permasalahan yang terjadi lingkungan masyarakat. Mulai dari masalah yang dianggap kecil hingga masalah yang besar.

Tugas profesi satu ini untuk menganalisa masalah yang terjadi dan mencari solusi pemecahan masalah di masyarakat. Mungkin banyak yang belum tahu profesi konselor ini. Padahal kehadiran profesi ini sangat dibutuhkan sekali pada zaman sekarang ini.

8. Dosen

Semua jurusan kuliah sangat berpeluang besar menjadi seorang dosen. Terutama untuk jurusan Bimbingan Konseling. Mempunyai ilmu yang berhubungan dengan bimbingan konseling dan psikologi akan bermanfaat sekali apabila bisa menularkan ilmu tersebut pada orang lain.

Selain itu dengan menjadi dosen juga akan menambah ilmu dan pengalaman mengajar. Sangat mulia  menjadi seorang dosen yang membekali mahasiswa ilmu yang berguna untuk mendapatkan karir yang bagus setelah lulus nanti.

9. Pekerja Sosial

Selanjutnya ada profesi sebagai pekerja sosial. Profesi satu ini dituntut harus memiliki kemampuan dan keterampilan sebagai pekerja di lingkungan masyarakat. Perlu adanya sikap yang etis dan bisa menjadi contoh sikap yang baik untuk orang lain.

Lebih fokus untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat seperti tugas kemanusiaan. Selain itu harus aktif dalam kegiatan di masyarakat, mengembangkan lingkungan hidup, dan masih banyak lagi.

10. Jasa Tes Psikologi

Terakhir ada profesi untuk melayani tes psikologi. Saat ini profesi ini sangat menjanjikan sekali. Berguna untuk kebutuhan pribadi atau personal atau bisa untuk kebutuhan para pekerja. Untuk memasuki dunia kerja tes psikologi sangat penting sekali untuk diterapkan.

Sebab sebelum perusahaan menerima calon pekerja harus tahu terlebih dahulu kondisi psikologis seseorang. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja saat diterima di sebuah perusahaan. Tidak hanya di perusahaan saja, akan tetapi di lembaga pendidikan dan lainnya juga membutuhkan profesi ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Untuk menjadi seorang konselor adalah pekerjaan yang tidak mudah. Apalagi jurusan Bimbingan Konseling ini erat kaitannya sebagai seorang konsultan. Perlu memahami karakter siswa dan orang tua siswa apabila di lembaga pendidikan.

Apabila di lingkungan masyarakat juga harus dituntut untuk memahami karakter individu yang ada di lingkungan masyarakat. Baca Juga: 10 Prospek Kerja Administrasi Negara dan Gajinya

Demikian beberapa penjelasan terkait Prospek Kerja Bimbingan Konseling yang bisa menjadi referensi saat lulus nanti. Perlu mempertimbangkan kemampuan pribadi untuk memilih jenis karir yang dipilih. Agar saat bekerja nanti tidak menemui banyak kesulitan. Jurusan Bimbingan Konseling memiliki karir yang cerah.

 

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.