8 Prospek Kerja Agribisnis dan Gajinya

Riverspace.org – Agribisnis merupakan salah satu jurusan di Fakultas Pertanian. Prospek kerja agribisnis termasuk cerah di masa depan. Dengan perkembangan teknologi yang dipadukan dengan pengetahuan tentang pertanian memiliki efek jangka panjang melihat kekayaan alam Indonesia melimpah, terutama pada rempah-rempah. Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Agribisnis

Jurusan ini berfokus pada penguasaan teknologi di bidang pertanian yang dikombinasikan dengan ilmu ekonomi. Hal ini menunjukan bahwa pada lulusannya diharapkan dapat memaksimalkan keuntungan hasil produk pertanian. Di agribisnis, ada beberapa prospek jurusan yang menjadikan. Simak penjelasan dan prospek berikut:

Sekilas Tentang Jurusan Agribisnis 

Agribisnis merupakan jurusan yang berasal dari kata “agribusiness” yaitu gabungan dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Program studi jurusan agribisnis mempelajari tentang bidang pertanian beserta bisnis dalam pengolahan pertanian modern dan industri pangan dalam skala UMKM hingga perusahaan. 

Di jurusan ini memiliki beberapa mata kuliah yang harus ditempuh. Mata kuliah tersebut diantaranya Teori Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Risiko Agribis, Usaha tani.

Singkatnya dari jurusan agribisnis adalah mempelajari ilmu ekonomi dan pertanian yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian yang dihasilkan dengan cara berbisnis. Prospek kerja agribisnis sangat besar dan luas di Indonesia.

Prospek Kerja Agribisnis 

Prospek Kerja Agribisnis
Prospek Kerja Agribisnis

Agribisnis memiliki banyak prospek yang bisa ditempuh oleh lulusannya. Di Indonesia sebagai negara agraris merupakan ladang keuntungan tersendiri bagi lulusan agribisnis. Berikut adalah 8 prospek kerja lulusan agribisnis: 

1. Tenaga Pendidik Atau Dosen

Prospek kerja agribisnis pertama yang bisa lulusan agribisnis pilih adalah menjadi seorang tenaga pendidik di bidang akademik atau dosen. Untuk menjadi profesi ini, maka harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi hingga jenjang S2 atau bahkan S3.

Menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen harus memiliki kemampuan mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas. Selain itu, seorang dosen juga perlu melakukan sebuah riset sesuai bidang ilmu. Biasanya karya ilmiah yang dihasilkan akan di publish menjadi suatu artikel atau jurnal.

2. Pionir LSM

Lulusan agribisnis juga bisa bekerja di LSM untuk memberikan penyuluhan tentang ilmu agribisnis dan praktiknya pada masyarakat. Penyuluhan ini terkait bidang pertanian atau peternakan. Pekerjaan ini bertujuan untuk memajukan pertanian Indonesia.

Pada pekerjaan ini, seorang pionir LSM bertugas untuk mendengarkan permasalahan dan membantu memberikan solusi secara langsung. Pekerja LSM membantu untuk meningkatkan hasil panen dan ternak menjadi lebih besar dan baik.

2. Entrepreneur

Seorang lulusan agribisnis juga memiliki peluang untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha. Usaha yang dibangun ini bisa berasal dari produk-produk pertanian yang telah dipelajari. Dengan adanya e-commerce, para lulusan agribisnis bisa mengembangkan produk pertanian lebih luas.

Pekerjaan ini membutuhkan wawasan dan memiliki koneksi yang luas untuk mengembangkan bisnisnya. Peka terhadap kesempatan dan pintar mencari peluang dapat membuat usaha yang dikembangkan bisa lebih maju. Hal ini akan berpengaruh pada omset atau pendapatan dari usaha yang dijalani.

Ada beragam produk pertanian yang bisa dijadikan usaha. Beberapa sektor usaha seperti tanaman hias, tanaman obat, bibit tanaman, dll. Untuk membuat usaha ini semakin maju, seorang entrepreneur perlu menggunakan e-commerce sebagai media pemasaran atau promosi.

3. Konsultan Pertanian

Prospek kerja agribisnis selanjutnya yaitu menjadi seorang konsultan. Lulusan agribisnis bisa mempertimbangkan menjadi seorang konsultan dalam bidang pertanian. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memberikan saran dan masukan berilmu dalam industri pertanian.

Seorang konsultan harus memiliki pengetahuan serta wawasan luas terkait ilmu agribisnis. Pekerjaan ini menuntut untuk mampu memberikan bimbingan dan arahan dengan analisis tepat mengenai manajemen SDM di bidang pertanian serta cara mengolah data dalam bidang keuangan.

4. Peneliti

Menjadi peneliti juga bisa bagi para lulusan agribisnis yang ingin memperdalam keilmuan di bidang agribisnis. Para peneliti agribisnis menyumbangkan hasil penelitian yang berguna untuk kemajuan ilmu pengetahuan di sektor pertanian. 

Gaji seorang peneliti pun tidak main-main. Untuk menjadi seorang peneliti maka harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi seperti S2 bahkan S3.

5. Pekerja Pemerintahan 

Para lulusan agribisnis juga dapat bekerja di instansi pemerintahan. Seorang agribisnis bisa bekerja di kementerian pertanian atau kementerian koperasi dan UKM. Untuk masuk dalam pekerjaan tersebut, para calon tentunya harus lulus tes CPNS terlebih dahulu. 

Para lulusan jurusan agribisnis ini berpeluang mendaftar di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah atau BAPPEDA. Pekerjaan ini bertugas untuk ambil peran dalam mensosialisasikan masyarakat mengenai cara pengolahan pertanian, perkebunan, dan peternakan dengan baik. 

6. Engineer

Lulusan agribisnis juga bisa menjadi seorang engineer. Prospek ini cocok untuk lulusan yang menyukai bidang permesinan. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam masalah permesinan, energi, lingkungan, fasilitas, serta peralatan.

Engineer membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan ilmu-ilmu dasar sains dalam kehidupan sehari hari. Pekerjaan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari metode pertanian dan peralatan yang digunakan agar ramah lingkungan.

7. Supplier 

Hasil Pertanian Para lulusan jurusan agribisnis memiliki berpotensi menjadi supplier hasil pertanian seperti sayur dan buah organik. Di zaman sekarang masyarakat mulai sadar gaya hidup sehat. Kesehatan diri dapat dijaga dengan mengkonsumsi buah-buahan organik dan sayuran. 

Menjadi supplier akan sangat dibutuhkan untuk restoran-restoran tertentu yang menjamin mutu dan kualitas produk makanannya. Adapun seperti hotel, restoran, atau usaha kedai-kedai perorangan akan membutuhkan sayur dan buah-buahan organik dari supplier. Baca Juga: 9 Prospek Kerja Akuntansi dan Gajinya! No 3 Menjanjikan

Demikian ulasan informasi singkat dan 8 prospek kerja agribisnis yang menjanjikan di masa depan. Informasi ini bisa menjadi rujukan untuk calon mahasiswa atau para mahasiswa jurusan agribisnis untuk mengetahui karir di masa depan.

 

Tinggalkan komentar