Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar – Memang sudah tidak heran lagi bahwa mesin cuci menjadi perangkat elektronik yang wajib ada di rumah, sebab termasuk penting khususnya bagi kalangan menengah keatas.

Namun bagi Anda yang memakai mesin cuci, tentunya pernah mengalami berbagai permasalahan yang terjadi, seperti mesin cuci tidak mau berputar kan?

Layaknya yang kita ketahui bersama bahwa pada umumnya mesin cuci sekarang ini sudah memiliki fitur pengering yang akan membantu mengeringkan pakaian lebih cepat.

Pada dasarnya, mesin cuci juga masih buatan manusia yang memiliki usia pakai wajarnya dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan. Jika semakin lama digunakan secara terus menerus, tentunya akan berdampak pada komponen-komponen elektronika yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang macam-macam penyebab kerusakan pada mesin pengering yang tidak mau berputar.

Penasaran kan? Yuk langsung saja pelajari di artikel berikut!.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Ketika Anda menggunakan fitur pengering yang ada pada mesin cuci, maka pasti ada saatnya akan mengalami masalah atau kendala. Umumnya masalah yang terjadi berupa pengering berputar lambat, berjalan namun disertai suara dengungan, bahkan tidak mau berjalan sama sekali.

Sebagai upaya untuk mengatasi permasalah pengering mesin cuci tidak berputar atau masalah lainnya, Anda harus mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini berbagai penyebab yang sering terjadi:

1. Adanya Sambungan Kabel yang Putus

Gambar adanya kabel yang putus

Penyebab yang paling sering terjadi ketika membuat mesin pengering mesin cuci tidak berputar merupakan adanya sambungan kabel yang terputus. Adanya kabel yang putus ini biasanya banyak faktornya, seperti digigit tikus, ada juga disebabkan oleh usia kabel yang sudah rapuh.

Kabel yang terputus inilah yang bisa menjadi penyebab utama pengering mesin cuci tidak berfungsi, bahkan membuat mesin cuci tidak berfungsi sama sekali.

2. Tali Rem pada Pengering Putus

Gambar tali rem pengering putus

Selain dari adanya kabel yang putus, ada juga penyebab lain yang membuat pengering mesin cuci tidak berputar, yakni adanya tali di bagian rem pengering putus. Rem pengering ini adalah berguna untuk membuat dinamo pengering yang berputar bisa berhenti secara konstan ketika pintu pengeringnya dibuka.

Apabila tali rem mengalami putus, maka dinamo mesin cuci akan terus-menerus mengerem sehingga mesin pengering tidak bisa berputar.

Sebenarnya, tali rem pengering mesin cuci ini hanya sebagai mekanisme sederhana yang nantinya akan mengerem di bagian yang mirip kampas pada gambar diatas.

Cara untuk mengganti tali rem jika mengalami kerusakan sebenarnya tidaklah sulit, hanya perlu mengganti saja dengan yang baru. Bisa juga diganti dengan tali lain, yang penting harus kuat.

Jangan lupa, perhatikan juga mekanisme tali rem tersebut, harus dalam posisi “mengerem” pada saat pintu pengering dalam keadaan terbuka.

3. Kapasitor Rusak atau Terbakar

Gambar kapasitor terjadi kerusakan bakar

Jika pengering mesin cuci tidak berputar atau  maka bisa juga disebabkan dari adanya kerusakan pada bagian kapasitor ataupun terbakar.

Hal ini dikarenakan pada komponen kapasitor ketika mesin cuci digunakan akan terus bekerja menyimpan dan melepaskan arus secara terus-menerus tanpa istirahat. Oleh sebab itu, akan mengakibatkan komponen menjadi kurang kapasitasnya, bahkan menyebabkan kebocoran.

Akan tetapi jika Anda ragu bahwa kerusakannya disebabkan dari kapasitor, maka cobalah melakukan pengecekan pada komponen kapasitor dengan menggunakan multimeter.

Pelajari Juga! Apa Itu Kapasitansi Kapasitor

4. Dinamo Pengering atau Spin Rusak

Gambar dinamo spin mesin cuci

Kerusakan yang satu ini sering terjadi karena dinamo mesin pengering tidak berputar sebab coil atau lilitan dinamo putus atau mungkin short. Maka dari itu, akan mengakibatkan pengering mesin cuci hanya mendengung saja.

Ini juga yang akan menjawab pertanyaan tentang pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung saja? Maka jawabannya adalah karena dinamo (motor) pengering tidak berputar.

Memang benar sih harga dari dinamo mesin cuci cukup mahal, sehingga jika mesin cuci Anda keluaran lama, maka lebih baik dipikirkan kembali untuk membeli mesin cuci baru saja.

Namun jika disekitar Anda terdapat tukang gulung atau melilit ulang dinamo, maka bisa juga Anda bawa ke orang tersebut, lebih menghemat sedikit biaya. Sebelum itu, coba tanyakan dulu berapa habisnya jika melilitkan ulang dinamo mesin cuci Anda tersebut.

5. Timer Mesin Cuci Rusak

Gambar kerusakan pada timer mesin cuci

Ketika timer pengering mengalami kerusakan, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar. Setelah seringnya dipakai, maka komponen di dalam mesin cuci akan menjadi aus dan rusak, sekaligus menjadi penyebab motor pengering tidak berputar.

6. Komponen Door Switch Rusak

Gambar Door switch rusak

Door switch merupakan komponen di dalam mesin cuci yang letaknya berdekatan dengan timer dan rawan sekali mengalami kerusakan, apalagi jika terkena air terus-menerus.

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencoba mengeringkan door switch, namun jika tetap tidak mau berfungsi maka Anda memang harus menggantinya.

Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Gambar muatan baju pengering terlalu banyak

Selain masalah tentang pengering mesin cuci tidak berputar, ada juga masalah lain yang kerap terjadi pada mesin cuci. Misalnya seperti mesin pengering yang putarannya menjadi pelan atau  mesin cuci berputar secara pelan.

Permasalahan tersebut juga sering dialami oleh setiap pengguna mesin cuci dengan tambahan fitur pengering. Walaupun masih bisa bekerja, akan tetapi putarannya cenderung lebih lambat dari kondisi normal.

Hal ini dapat disebabkan dari berbagai masalah, antara lain:

1. Beban Cucian Terlalu Banyak

Faktor utama yang mendasari terjadinya kondisi pengering mesin cuci berjalan lambat adalah mesin pengering terlalu banyak menampung pakaian. Kelebihan muatan akan mengakibatkan rotasi pengering menjadi berjalan lebih lambat.

Oleh karena itu, usahakan ketika ingin mengeringkan pakaian diperkirakan batas maksimum pakaian yang dimasukkan dalam pengering. Hindari kelebihan beban dengan memasukkan terlalu banyak yang mengakibatkan mesin pengering harus bekerja ekstra.

2. Motor Dinamo Sudah Lemah

Penyebab lain dari lambatnya gerakan pengering mesin cuci adalah dinamo motor pada pengering sudah mulai lemah. Pada saat dinamo motor lemah, maka akan berpengaruh pada rotasi yang dihasilkan menjadi lambat.

Umumnya penyebab motor dinamo mesin cuci menjadi lemah adalah karena faktor usia pemakaian, sehingga wajar saja performanya kurang maksimal

Dalam kondisi ini, ada juga bengkel servis mesin cuci yang menawarkan untuk dilakukan pelilitan atau penggulungan ulang. Akan tetapi hindari cara ini, sebab jika tukang gulungnya tidak profesional akan menyebabkan mudah rusak kembali.

3. Kapasitas Kapasitor Sudah Berkurang Nilainya

Berkurangnya nilai kapasitas dari kapasitor juga bisa menjadi penyebab mesin cuci berputar pelan, atau bahkan harus diberi bantuan dengan tangan. Hal ini disebabkan karena dinamo menjadi kekurangan tenaga atau torsi untuk memutar tabung pengering spin.

Apabila diganti, maka pastikan terlebih dulu spesifikasi kapasitasnya sama, sebab jika spesifikasinya berbeda akan berpengaruh pada mesin cuci itu sendiri. Jika kode atau spesifikasi yang tertera pada komponen kapasitor sudah hilang, maka cobalah melakukan pengukuran dengan multimeter atau bisa juga mencari informasi dari internet.

Pelajari Juga! Rangkaian Dimmer AC

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Polytron Tidak Berputar

Gambar merek mesin cuci polytron

Mesin cuci merek polytron khususnya dengan tipe 2 tabung sekarang ini sangat banyak dan diminati, sebab harganya yang tergolong ekonomis. Selain itu, polytron merupakan produk lokalan, jadi tidak perlu khawatir jika ada kerusakan sebab mudah untuk mencari spare partnya.

Jika Anda memiliki mesin cuci polytron tidak mau berputar, sebenarnya sama saja dengan merek lainnya untuk mengatasi. Berikut ini adalah bagian yang sering mengalami kerusakan beserta ciri-ciri kerusakannya:

  1. Tali rem pengering, letaknya berada di sisi dinamo mesin cuci. Biasanya kerusakan yang sering terjadi pada bagian ini adalah terputus, sehingga kampas akan macet dan mesin cuci pun tertahan sehingga tidak bisa diputar.
  2. Saklar pintu,  sebenarnya saklar ini merupakan pengaman supaya ketika pintu pada tabung pengering dibuka, maka motor harus mati demi keamanan , dengan catatan memutus arus pada terminal saklar ini. Biasanya kerusakan yang terjadi pada saklar ini adalah terminal yang karatan, sehingga arus listrik tidak bisa diteruskan menuju dinamo pengering
  3. Timer rusak, khusus untuk mesin cuci 2 tabung, bisa jadi kerusakan yang terjadi akibat timer. Kerusakan pada timer biasanya berupa putus kontak, gear yang aus dan lain-lain.
  4. Kerusakan modul (board), hal ini khusus untuk mesin cuci polytron 1 tabung atau otomatis, bisa jadi adanya kerusakan pada modul.  Biasanya jika terjadi kerusakan pada bagian ini akan sangat sulit untuk diperbaiki, sehingga biasanya akan dilakukan pergantian modul.
  5. Dinamo rusak, komponen penggerak utama pada pengering mesin cuci ini cukup sering mengalami kerusakan. Pada umumnya berupa short coil sebab lembab, atau bahkan terjadi putus pada coil sehingga harus digulung ulang.

Pengering Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Berputar

Tipe mesin cuci lain yang sering ditemukan dan digunakan adalah jenis mesin cuci 1 tabung. Permasalahan yang sering muncul dari mesin cuci yang tidak mau berputar juga cukup sering terjadi pada jenis ini.

Pada umumnya setelah melakukan proses mencuci dan membilas, mesin akan mengulangi kembali ke proses tersebut. Kerusakan yang sering terjadi bisa disebabkan banyak faktor, maka berikut ini adalah beberapa faktor penyebab dan cara mengatasinya.

1. Kerusakan Drain Motor

Gambar komponen drain motor mesin cuci

Di dalam mesin cuci sendiri ada beberapa jenis motor yang memiliki kegunaan berbeda-beda setiap jenisnya. Salah satunya adalah drain motor yang mempunyai fungsi penting saat proses pembuangan air, sebelum kemudian masuk ke tahap pengeringan.

Apabila dinamo motor mengalami kerusakan, maka secara otomatis proses pengeringan juga tidak akan bisa dilakukan, sebab sensor masih membaca terdapat air pada tabung. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa terlebih dulu pada bagian dari motor seperti gambar diatas.

Kerusakan yang terjadi bisa saja disebabkan adanya kabel pada komponen drain motor yang terputus. Apabila terdapat kabel yang putus, maka segara sambung kembali, sedangkan jika kabel dalam kondisi normal, maka kerusakan yang terjadi adalah pada komponen dari motor itu sendiri.

Lantas bagaimana solusinya jika sudah begini? Cara paling mudah adalah dengan mengganti drain motor yang rusak tersebut dengan spesifikasi sama.

2. Modul Board Mesin Cuci Rusak

Gambar kerusakan pada modul board

Fitur pengering mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan oleh hal lain, yakni seperti terjadinya kerusakan pada board mesin. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan ditandai dengan mesin tiba-tiba mati ketika proses pengeringan.

Masalah ini bisa saja terjadi karena bagian modul atau board pada mesin cuci mengalami kerusakan yang cukup serius. Namun jika memang terjadi kerusakan pada komponen modul ini, akan sangat sulit dilakukan perbaikan dan solusi paling mudah adalah  membeli modul mesin cuci baru

Pelajari Juga! Apa Itu Kapasitor

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan untuk Anda pada artikel ini tentang berbagai macam penyebab pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda dalam bidang elektronika, khususnya mesin cuci.

Tinggalkan komentar