Contoh Judul Skripsi Perpajakan

Riverspace.org – Sebelumnya kan sudah saya berikan tentang referensi judul skripsi teknik industri, sekarang saya berikan pula contoh judul skripsi pajak terbaru. Tentunya contoh judul yang saya berikan akan mencakup berbagai bidang perpajakan di Indonesia.

Mengingat pajak di Indonesia adalah satu kewajiban yang harus dibayar oleh setiap warga negara. Maka dari itu, jurusan satu ini cukup banyak diminati oleh para mahasiswa dan tidak kalah saing dengan jurusan lainnya.

Banyak sekali bidang pembahasan yang bisa dipelajari pada jurusan perpajakan ini. Misalnya pajak bumi dan bangunan, pajak pertambahan nilai, pajak kendaraan bermotor dan pajak penghasilan.

Pastinya terdapat banyak permasalahan yang bisa dijadikan judul skripsi dari berbagai bidang tersebut. Kalau begitu, yuk langsung simak ide-ide judul skripsi jurusan perpajakan dibawah ini!

1. Judul Skripsi Pajak Bumi dan Bangunan

Gambar pajak bumi dan bangunan

Ide judul skripsi yang pertama untuk mahasiswa jurusan perpajakan yang sedang mengerjakan tugas akhir adalah tentang pajak bumi dan bangunan. Karena cukup banyak pokok pembahasan yang bisa dikaji dan diangkat menjadi bahan skripsi dengan judul yang menarik.

Dibawah ini kumpulan judul skripsi pajak bumi dan bangunan terbaru dan menarik:

  1. Studi terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kabupaten Bojonegoro Periode 2016-2020.
  2. Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Daerah Kabupaten Tuban.
  3. Potensi PBB dan Hubungannya dengan Peningkatan Pendapatan Daerah Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Kota Surabaya.
  4. Identifikasi terhadap Sistem Pemungutan Pajak Bumi D\dan Bangunan Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah di Dipenda Kab X.
  5. Analisis Tingkat Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten YZ Dalam Menghadapi Otonomi Bebas.
  6. Evaluasi Tentang Pemungutan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan Manfaatnya Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Daerah (Studi Kasus Dilakukan Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas X).
  7. Studi terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pajak Bumi dan Bangunan PBB di Kabupaten Bojonegoro.
  8. Analisis Kinerja Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Tuban.
  9. Evaluasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Gresik.
  10. Studi tentang Perbedaan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-p2) Sebelum dan Sesudah Berlakunya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).
  11. Analisis Penerapan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Cepu.
  12. Studi Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah di Sidoarjo.

2. Judul Skripsi Perpajakan S1 Terbaru

Judul Skripsi Perpajakan S1 Terbaru

Selain referensi judul yang sudah saya berikan diatas, disini saya berikan pula berbagai judul jurusan pajak terbaru. Sebab di dalam jurusan perpajakan, banyak sekali permasalahan yang bisa diangkat selain semua bidang yangs saya berikan.

Dibawah ini kumpulan contoh judul skripsi perpajakan S1 terbaru dan pastinya menarik bisa bikin langsung diterima:

  1. Analisis Tentang Sinkronisasi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Raminten Uborampe yang Ada di Surakarta.
  2. Evaluasi Terhadap Sistem Pengendalian Internal Mengenai Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan yang Ada di Kantor Pajak Kabupaten Jombang.
  3. Evaluasi Terhadap Pemberlakuan Aplikasi Akuntansi Untuk Membantu Masyarakat di Dalam Mendukung Program Wajib Pajak.
  4. Analisis Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Sidang Pengadilan Pajak Terhadap Kasus Pajak Pertambahan Nilai.
  5. Analisis Tentang Tingkat Pemahaman Para Pemilik Kos Mengenai Pajak Kos yang Harus Mereka Bayarkan.
  6. Analisis Terhadap Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Account Representative dan Juga Independency Account Representative Serta Hubungannya dengan Strategi Pengamanan Mengenai Penerimaan Pajak Kanwil yang Ada Direktorat Jenderal Pajak X.
  7. Analisis Tentang Reaksi Pasar Terhadap Penerapan Publikasi Pembagian Dividen yang Ada Pada Bursa Efek Jakarta.
  8. Analisis Mengenai Keselarasan Mengenai Sistem Akuntansi Terhadap Raminten Uborampe yang Ada di Kota Solo.
  9. Analisis Tentang Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Terhadap Pergantian Kantor Akuntan Publik yang Ada Pada Perusahaan Manufaktur yang Sudah Terdaftar di BEI.
  10. Studi Tentang Pandangan Masyarakat Terhadap Program Wajib Pajak yang Ada Di Kantor Bersama Samsat.
  11. Analisis Tentang Pengetahuan Serta Kepatuhan Wajib Pajak Pada Restoran Cepat Saji di Kota Surabaya.
  12. Evaluasi Tentang Proses Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Atau APBD Untuk Pemerintah Daerah Kota Surabaya.
  13. Analisis Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Pada Pengendalian Sistem Intern Serta Ketidakpatuhan Terhadap Ketentuan yang Telah Ditetapkan Di Dalam Perundang-undangan Yang Berkaitan Dengan Penentuan Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Semarang.

3. Judul Skripsi Pajak 3 Variabel

Judul Skripsi Pajak 3 Variabel

Jika sebelumnya sudah saya memberikan ide judul skripsi S1 perpajakan, maka selanjutnya akan saya berikan pula bidang perpajakan 3 variabel. Berikut contoh ide judul skripsi pajak 3 variabel terbaru dan menarik untuk dijadikan referensi:

  1. Analisis Tentang Desain Sistem Informasi Akuntansi Produksi yang Memanfaatkan Komputer yang Ada di PT X, Kota X.
  2. Analisis Mengenai Aktivitas Loket Pembayaran Pasien Asuransi Kesehatan Atau Askes Masyarakat Kurang Mampu.
  3. Analisis Tentang Efek Reformasi Administrasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Serta Kaitannya dengan Kepatuhan Untuk Mendukung Program Wajib Pajak. (Studi Kasus Pada KPP Xx yang Ada di Yogyakarta.
  4. Analisis Tentang Pandangan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Hubungannya dengan Penerapan Self Assessment System Serta Hubungannya Dengan Persepsi Wajib Pajak Pribadi Terhadap Kepatuhan di Dalam Membayar Pajak Berdasarkan Tingkat Pendidikannya.
  5. Analisis Tentang Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat di Dalam Mendukung Program Wajib Pajak dengan Tingkat Pendidikan dari Masyarakat Tersebut.
  6. Analisis Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Sidang Pengadilan Pajak Terhadap Kasus Pajak Pertambahan Nilai.
  7. Analisis Tentang Tingkat Pemahaman Para Pemilik Kos Mengenai Pajak Kos Yang Harus Mereka Bayarkan.
  8. Analisis Tentang Penggunaan Modernisasi Pada Sistem Administrasi Perpajakan dan Hubungannya Dengan Kepatuhan Membayar Wajib Pajak Secara Pribadi.
  9. Evaluasi Tentang Dampak Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan Dan Juga Pengetahuan Perpajakan Serta Hubungannya Terhadap Kepatuhan Untuk Mendukung Program Wajib Pajak.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Pendidikan (Semua Mapel)

4. Judul Skripsi Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Skirpsi PPN

Referensi selanjutnya yang akan saya berikan untuk para mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir jurusan perpajakan adalah tentang pajak pertambahan nilai (PPN). Studi kasus atau topik yang dapat digunakan pada bidang ini juga tidak kalah banyak dan menarik dari sebelumnya.

Berikut daftar contoh judul skripsi pajak pertambahan nilai (PPN) yang menarik untuk dijadikan referensi:

  1. Analisis Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Putusan Sidang Pengadilan Pajak Pada Kasus Banding Pajak Pertambahan Nilai.
  2. Analisa tentang Efek dari Self Assessment System Serta Surat Tagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai.
  3. Analisis Tingkat Efektifitas Adanya Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Tagihan Pajak, Jumlah Pengusaha Kena Pajak Serta Surat Pemberitahuan Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  4. Analisis Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Pada Penjualan Terhadap Aliran Kas Pada PT X.
  5. Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai dan Dampaknya Pada Laporan Keuangan Pada PT Xx.
  6. Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai Pada PT X di X.
  7. Penerapan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada PT Suara di Sleman.
  8. Analisis Perhitungan Pajak Pertambahan Nilai dan Pelaporannya Pada PT X di Bojonegoro.
  9. Analisis Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai dan Dampaknya Pada Laporan Keuangan Pada PT X.
  10. Analisis Terhadap Pajak Pertambahan Nilai Sambungan Langsung Internasional (SLI) Pada PT X.
  11. Pelaksanaan Atas Pemusatan/ Pajak Pertambahan Nilai Pada PT X.
  12. Analisa Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai Pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Angkutan PT Xx).
  13. Efektivitas Tingkat Pelaksanaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Usaha Pabrik Dan Prediksi Pajak Pertambahan Nilai yang Terutang Pada PT X.
  14. Analisa Terhadap Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Perusahaan yang Bergerak di Bidang Industri Kayu Lapis Pada PT Xz.
  15. Analisis Perlakuan Akuntansi Dan Pajak Pertambahan Nilai (Studi Kasus Pada PT X).

5. Judul Skripsi Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya pajak kendaraan bermotor, sebab di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kendaraan bermotor. Banyak sekali topik menarik yang bisa kalian angkat menjadi sebuah judul skripsi dengan kata-kata menarik.

Berikut saya berikan beberapa contoh judul skripsi pajak kendaraan bermotor terbaru yang menarik untuk kalian gunakan:

  1. Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Bersama Samsat Kota Surabaya
  2. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Masyarakat Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor.
  3. Analisis Adanya Pemberlakukan Akuntansi Pajak Atas Kepemilikan Aktiva Kendaraan Dengan Metode Capital Lease Pada PT X.
  4. Analisis Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan Drive Thru dan Efeknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
  5. Analisis Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
  6. Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi Jawa Tengah.
  7. Evaluasi Tingkat Pengaruh Adanya Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Pada Samsat X).
  8. Analisis Dampak Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Sanksi Perpajakan, Serta Keadilan Prosedural Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
  9. Peran Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Menunjang Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Provinsi Jawa Tengah Oleh X.
  10. Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pembantu X Kabupaten Xx.
  11. Penegakan Hukum Terhadap Wajib Pajak yang Tidak Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Pemerintah Provinsi X.
  12. Analisis Tingkat Efisiensi Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dalam Peningkatan PAD Provinsi Xx.

6. Judul Skripsi Pajak Penghasilan

Gambar Judul Skripsi Pajak Penghasilan

Selain judul skripsi yang sudah saya berikan sebelumnya, jika kalian mencari referensi judul lainnya, tenang saja kok. Sebab disini saya juga sudah menyiapkan kumpulan contoh judul yang mudah untuk dikerjakan saat tugas akhir..

Berikut saya berikan referensi contoh judul skripsi pajak penghasilan yang mudah untuk mahasiswa strata 1 terbaru:

  1. Analisis Pengaruh Peningkatan Penghasilan Tidak Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak di KPP X.
  2. Analisa Penggunaan Laporan Pemeriksaan Akuntansi Publik Sebagai Dasar Penerapan Pajak Penghasilan Berkaitan Dengan Adanya Perbedaan Pengakuan Biaya (Studi Kasus Pada PT X).
  3. Perlakuan Akuntansi Pajak Penghasilan Atas Pemberian Fringe Benefits Dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada PT X.
  4. Penerapan Pajak Penghasilan (Pasal 21) Pada PT Xx di Kediri.
  5. Akuntansi Pajak Penghasilan (Pph) Pasal 21 Pada Dinas X Kota Surabaya.
  6. Pengaruh Self Assessment System Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Di Kantor Pelayanan Pajak X.
  7. Koreksi Pajak Atas Laba Usaha Dalam Hubungannya Dengan Ketentuan Pajak Penghasilan Pada PT X.
  8. Analisa Laporan Pemeriksaan Akuntansi Publik Sebagai Dasar Penerapan Pajak Penghasilan Pada PT Xx.
  9. Sistem Perhitungan Dan Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 22 Atas Pengadaan Barang di Instansi X Kabupaten Xx.
  10. Penerapan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Kantor Pelayanan Pajak Bojonegoro.
  11. Perencanaan Pajak Untuk Penghematan Pembayaran Pajak Khususnya Pajak Penghasilan Pada PT X di Xx.
  12. Pandangan Wajib Pajak Terhadap Pajak Penghasilan di Kota Semarang.
  13. Pembayaran Angsuran Pajak Penghasilan Pasal 25 Dalam Masa Transisi Tahun Pajak 2020 di Tuban.
  14. Penerapan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Lamongan.
  15. Dampak Pajak Penghasilan Terhadap Perencanaan Laba Pada Perusahaan di Karanganyar.
  16. Analisis Perlakuan Zakat Dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Komparasi Antara Peraturan Perpajakan X Dengan X).
  17. Analisis Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menurut Standar Akuntansi Keuangan Serta Undang-undang Perpajakan Pengaruh Terhadap Penghasilan Kena Pajak Pada Perum Pegadaian Pusat.
  18. Kebijaksanaan Penetapan Harga Transfer Sebagai Media Pengendalian Pajak Penghasilan Bagi Perusahaan Multinasional.
  19. Dampak Pajak Penghasilan Terhadap Perencanaan Laba Pada Perusahaan X di Xx.
  20. Perbedaan Konsep Pengukuran Laba Kena Pajak Antara Prinsip Akuntansi yang Diterima Umum Dengan Uu No. 10 Tahun 1994 Tentang Pajak Penghasilan [Deskripsi Perencanaan Laba] Studi Kasus Pada PT XxC.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Administrasi Publik (Paling Baru)

7. Judul Skripsi Pajak E-Commerce

Gambar pajak e-commerce

Referensi terakhir yang saya berikan kali ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi sekarang, yakni e-commerce.Tentunya sangat menarik jika diangkat menjadi bahan bahasan di dalam skripsi tugas akhir.

Berikut kumpulan contoh judul skripsi pajak e-commerce yang menarik dan terbaru:

  1. Analisis Pengendalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBM) Terhadap Transaksi E-commerce Melalui Internet.
  2. Tanggung Jawab Pembayaran Utang Pajak Melalui E-commerce.
  3. Kebijakan Ketentuan Pajak Penghasilan Terhadap Transaksi E-commerce
  4. Analisa Terhadap Sistem Pemungutan Pajak Atas Transaksi E-commerce di Kantor Pelayanan Pajak X Bojonegoro.
  5. Pemberlakuan Pajak E-commerce Pada PT X (Jasa Online Retail) di Jombang.
  6. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-commerce.
  7. Pengaruh Adanya Pengetahuan Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Bisnis E- Commerce (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Pelaku Bisnis E-commerce Kota X).
  8. Pengawasan Pelaksanaan Pembayaran Pajak Penghasilan Pelaku E-commerce Instagram di Kantor Pelayanan Pajak X Tuban.
  9. Analisis Tingkat Kepatuhan Pajak Atas Transaksi Online (E – Commerce) di Jawa Timur (Studi Kasus Pada Situs Belanja Toko Biru Dan Toko Orange).
  10. Pengawasan Dan Penerapan Pajak Penghasilan Terhadap Pelaku Usaha E-commerce Dikaitkan Dengan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan/ Oleh X.

Mungkin hanya itu saja sedikit referensi yang bisa saya berikan untuk kalian tentang contoh judul skripsi pajak. Semoga dengan adanya referensi yang saya berikan ini bisa sedikit membantu kalian dalam menemukan judul.

Tinggalkan komentar