Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah yang Mudah

Riverspace.org – Memikirkan judul skripsi untuk tugas akhir bisa menjadi suatu hal yang melelahkan bagi mahasiswa tak terkecuali yang mengambil jurusan hukum ekonomi syariah. Oleh sebabnya, simak contoh-contoh judul skripsi hukum ekonomi syariah berikut yang bisa dijadikan inspirasi.

Banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan ketika ingin membuat judul skripsi. Mahasiswa harus mengetahui topik atau tema yang akan diangkat terlebih dahulu sebelum menentukan judul. Ada baiknya topik penelitian atau permasalahan yang diangkat sesuai dengan minat mahasiswa.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Hukum Pidana

Mengenal Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah
Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Hukum Ekonomi Syariah biasanya masuk ke dalam program studi Ilmu Hukum Islam dan berada di dalam konsentrasi Hukum Perdata dan Bisnis Islam.

Adapun jurusan Hukum Ekonomi Syariah di suatu universitas merupakan pengembangan dan kombinasi dari jurusan Fiqh, Perdata dan Pidana Islam serta Muamalah Jinayah. Mahasiswa yang lulus sebagai sarjana Hukum Ekonomi Syariah mendapatkan gelar SH (Sarjana Hukum).

Hal-hal yang dipelajari oleh mahasiswa yang mengambil jurusan Hukum Ekonomi Syariah antara lain hukum bisnis syariah beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Prospek Kerja Lulusan Hukum Ekonomi Syariah

Ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh sarjana lulusan Hukum Ekonomi Syariah sebagai lahan untuk mendapatkan penghasian, beberapa diantaranya adalah :

  • Bekerja di lembaga yang menganut sistem syariah seperti bank syariah, badan amil zakat, pegadaian syariah, Baitul Mal wa Al-Tamwil , asuransi syariah dan Lembaga keuangan syariah lain.
  • Bekerja di Kementerian Agama atau KUA
  • Bekerja di Pengadilan Agama di berbagai daerah, bisa berperan sebagai panitera, staff, juru sita hingga pengacara atau hakim.

Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah yang Mudah

Bagi mahasiswa yang sedang bingung dalam menentukan judul skripsi hukum ekonomi syariah, jangan khawatir karena di bawah ini ada banyak sekali rekomendasi judul skripsi hukum ekonomi syariah yang bisa dijadikan sebagai referensi dan inspirasi untuk menentukan judul tugas akhir.

  1. Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam Mengenai Payment Gateway, Go-Pay dan Linkaja.
  2. Perspektif Fiqih Muamalah Mengenai Kasus Jual Beli ASI (Air Susu Ibu) Perah.
  3. Studi Kasus Mengenai Perspektif Hukum Islam Terhadap Transaksi Go-Food di Restoran Sukarame, Bandar Lampung.
  4. Studi Kasus Terhadap Praktik Jual Beli Pedagang Kaki Lima di Area Yang Dilarang Berjualan Oleh Pemerintah Menurut Tinjauan Hukum Islam.
  5. Studi Kasus Praktik Arisan Kelompenan MenurutTinjauan Hukum Islam.
  6. Studi Kasus di Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto, Jawa Tengah,  dalam Hal Pemberian Upah Kepada Muadzin Masjid Menurut Tinjauan Hukum Islam.
  7. Perjanjian Jual Beli Daring dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Kompilasi dengan Hukum Ekonomi Syariah.
  8. Studi Kasus dalam Praktik Jual Beli Akun Game Online Dalam Perspektif Hukum Islam.
  9. Studi Kasus Praktik Pembulatan Timbangan di Jasa Laundry Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Desa Pagersari, Kecamatan Kalidawir.
  10. Studi Kasus Strategi Pengumpulan serta Pendistribusian Dana Zakat Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 15 Tahun 2011.
  11. Studi Kasus dalam Praktik Jual Beli Telur Penyu Ditinjau dari Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 Mengenai Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Desa Rambutan, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.
  12. Studi Kasus Mengenai Perspektif Hukum Islam pada Jual Beli Online yang Mencantumkan Gambar Rekayasa.
  13. Studi Kasus di Fully Shop dalam Jual Beli Daring dengan Maximal Keep Menurut Perspektif Fiqih Muamalah.
  14. Studi Kasus Melihat Perspektif Hukum Islam dalam Penetapan Harga Rumah Makan dengan Sistem Prasmanan di Rumah Makan Mewah Sanparto Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas.
  15. Studi Kasus Praktik Jual Beli di Tinjauan dari Hukum Islam dalam Pengenaan Rafaksi Ubi Secara Sepihak oleh Pembeli.
  16. Studi Kasus untuk Melihat Tinjauan Hukum Islam dalam Praktik Jual Beli di Atas Penawaran Orang Lain.
  17. Analisis Hukum Islam Terkait Investasi Saham Di Fire Mart, Rejotangan.
  18. Studi Kasus Mengenai Utang Pupuk Dan Benih yang di Bayar dengan Hasil Panen Menurut Tinjauan Hukum Islam di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.
  19. Pandangan Islam Mengenai Praktik Jual Beli Binatang Buas Menurut Perspektif Mazhab Maliki Dan Mazhab Syafi’i.
  20. Studi Kasus dalam Praktik Jual Beli Gula Kelapa Menggunakan Sistem Tabungan Melalui Perspektif Hukum Islam.
  21. Analisis Putusan Pengadilan Agama mengenai Sengketa Wanprestasi Menggunakan Akad Musyārakah di Banjarnegara Nomor 0355/Pdt.G/2019/Pa.Ba.
  22. Studi Kasus Pasar Hewan di Jogja Terhadap Praktik Jual Beli Ayam Bangkok Sabungan secara Tinjauan Hukum Islam.
  23. Studi Kasus Mengenai Perspektif Etika Bisnis Islam dalam Strategi Share In Jar untuk Pemasaran Kosmetik Nature Republic Aloe Vera di Keira Store, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.
  24. Studi Kasus Mengenai Tinjauan Hukum Islam pada Praktik Jual Beli Pakaian Menggunakan Sistem Kredit dan Tunai di Dusun Pepaya, Desa Bando, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.
  25. Studi Kasus Mengenai Perspektif Hukum Islam Melihat Praktik Penggunaan Kartu Anggota dalam Transaksi Jual Beli di Rabbani, Sukabumi, Jawa Barat.
  26. Studi Kasus Perlindungan Hukum dari Kasus Homemade Farry Terhadap Pelaku Usaha yang Menggunakan Sistem Pre-Order Melalui Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif di Kabupaten Trenggalek.
  27. Studi Kasus di Pasar Segamas, Purbalingga, Jawa Tengah, mengenai Manajemen Strategi dalam Pengelolaan Pasar untuk Meningkatkan Pendapatan Pedagang dari Perspektif Ekonomi Islam.
  28. Studi Kasus Jual Beli Kue Kering di Toko Sri Rejeki, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas Dengan Sistem Konsinyasi Dalam Tinjauan Hukum Islam.
  29. Sulh Dan Tahkim untuk Menyelesaikan Sengketa Menurut Wahbah Az-Zuhaili.
  30. Studi Kasus Mengenai Tinjauan Hukum Islam dalam Isu Jual Beli Padi dengan Sistem Harga Urip di Desa Senon, Kecamatan Kemangkon.
  31. Perspektif Hukum Islam Terhadap Studi Kasus ‘Urbūn Dalam Melakukan Transaksi Pembiayaan MurābaḤah di BMT Bumi Purbalingga.
  32. Perspektif Hukum Islam Terhadap Jasa Endorser di Instagram – Media Sosial.
  33. Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Pengupahan Buruh Tani dalam Studi Kasus Di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.
  34. Perspektif Hukum Islam Terhadap Akad Pelaksanaan Bimbingan Ibadah Umrah di Antara KBIH dan Jama’ah Umrah di KBIH Muhammadiyah Purworejo.
  35. Tinjauan Hukum Islam pada Akad Utang Piutang Menggunakan Sistem Tanggung Renteng di Desa-Desa Wilayah Purbalingga, Jawa Tengah.

Baca Juga: 106+ Kumpulan Contoh Judul Skripsi Hukum Tata Negara (Terbaru)

Puluhan inspirasi judul skripsi hukum ekonomi syariah di masa pandemi di atas dapat digunakan oleh mahasiswa dengan memodifikasi parameter atau jenis penelitian yang disesuaikan dengan topik yang diminati atau masalah yang diangkat oleh mahasiswa sebagai bahan skripsi.

Tinggalkan komentar