Contoh Judul Skripsi Agribisnis

Riverspace.org – Jika sebelumnya sudah saya berikan referensi judul skripsi teknik elektro, kali ini saya berikan lagi kumpulan judul skripsi agribisnis. Karena cukup banyak pula para mahasiswa jurusan agribisnis semester akhir yang kesusahan dalam menyusun dan menentukan judul skripsi.

Agribisnis sendiri merupakan salah satu jurusan kuliah yang mempelajari hal seperti pertanian, perikanan, ternak dan masih banyak lainnya. Banyak sekali pengetahuan tentang semua bidang tersebut yang akan didapatkan jika mengambil jurusan ini.

Namun tidak jauh berbeda dengan jurusan-jurusan lainnya, yakni ketika semester akhir mereka akan mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Biasanya dalam hal menentukan judul skripsi dan penyusunannya.

Maka dari itu, disini saya akan mencoba membantu kalian dengan cara memberikan daftar judul skripsi agribisnis terbaru yang mudah. Yuk langsung saja simak contoh-contohnya dibawah ini.

1. Judul Skripsi Agribisnis Pertanian

Gambar bidang pertanian

Kumpulan judul skripsi agribisnis pertama yang akan saya berikan untuk kalian adalah di bidang pertanian. Sebab pada dasarnya mayoritas masyarakat di Indonesia bekerja sebagai petani seperti padi, jagung, tembakau dan sayur-sayuran.

Banyak sekali topik permasalahan yang bisa diangkat menjadi bahan skripsi yang menarik dan mudah pada bidang pertanian. Berikut ini beberapa daftar judul skripsi agribisnis bidang pertanian yang menarik dan terbaru:

  1. Analisis Peran Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian Wilayah di Kabupaten X.
  2. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian (Studi Kasus di Kelurahan X, Kecamatan XX, Kabupaten XxY).
  3. Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Pemukiman (Studi Kasus di Kelurahan X, Kecamatan Xx, Kota Xy).
  4. Analisis Identifikasi Peran Sub Sektor Tanaman Pangan Terhadap Sektor Pertanian di Provinsi X.
  5. Analisis Sektor Pertanian dan Komoditi Unggulan Kabupaten ABC dalam Konstelasi Perekonomian Dataran Tinggi Xx.
  6. Monitoring Dan Evaluasi Penempatan dan Pelaksanaan Tugas Tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Xx.
  7. Evaluasi Terhadap Petani Peserta Program Penyuluhan Pertanian SLPHT (Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu) (Studi Kasus di Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten Xy).
  8. Konversi Lahan Pertanian di Kecamatan X Kota xx.
  9. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Penyuluh Dengan Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian (Studi Kasus di Kecamatan X Kabupaten Xx).
  10. Analisis Perkembangan Koperasi di Kabupaten X,Studi Kasus Koperasi Unit Desa dan Koperasi Pertanian Kecamatan Xx, Kecamatan XxY dan Kecamatan X, Kabupaten X, Provinsi X.
  11. Tinjauan Program Penyuluhan Pertanian Petani Padi Sawah di Wkpp X, Kecamatan X, Kabupaten XC.
  12. Evaluasi Program Penyuluhan Pertanian Pengaturan Pola Tanam dan Tertib Tanam (P2T3) Pada Petani Padi Sawah (Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten Xy).
  13. Analisis Kandungan Residu Pestisida Organoklor Pada Lahan Pertanian Masyarakat di Kecamatan X Kabupaten X.
  14. Konversi Lahan Pertanian di Kecamatan X Kota XX.
  15. Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus di Desa X, Kecamatan X, Kabupaten Xx).
  16. Monitoring dan Evaluasi Penempatan dan Pelaksanaan Tugas Tenaga PPL di Kabupaten Xx.
  17. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Terong Belanda (Studi Kasus di Kotamadya X, Propinsi Xx).
  18. Analisis Tingkat Resiko Bagi Pelaku Agribisnis Kelapa Sawit.
  19. Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Status Sosial Ekonomi Petani Padi Sawah (Studi Kasus Desa X, Keca. X, Kabupaten xY).
  20. Analisis Usahatani Bunga Rosella di Kabupaten xx.

2. Judul Skripsi Agribisnis Perikanan

Gambar bidang perikanan

Apabila sebelumnya telah saya berikan contoh judul skripsi agribisnis bidang pertanian, selanjutnya saya berikan bidang perikanan. Karena tidak kalah banyak pula topik permasalahan yang bisa diangkat menjadi bahan skripsi pada bidang perikanan.

Berikut adalah kumpulan judul skripsi agribisnis bidang perikanan terbaru yang mudah dan menarik:

  1. Analisis Kelayakan Usaha Pedagang Pengecer Ikan Laut (Studi Kasus di Pasar X, Kelurahan Xx, Kecamatan XxY, Kabupaten Xy).
  2. Analisis Efisiensi Penangkapan Ikan Dengan Kapal Motor di Kecamatan X, Kabupaten Xx.
  3. Analisis Pendapatan Usaha Penangkapan Ikan Bilih di Danau X Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus di Kecamatan X, Kabupaten X.
  4. Hubungan Karakteristik Keluarga Pengolah Ikan Rebus Dengan Garis Kemiskinan (Studi Kasus di X, Kec.X, Kota X).
  5. Analisis Pendapatan Petani Tambak Ikan Bandeng (Studi Kasus di Kelurahan X Kecamatan Xx).
  6. Teknik Penanganan Ikan Terbang (Hirundichthys Oxycephalus) Kaitannya dengan Pendapatan Nelayan.
  7. Distribusi dan Margin Pemasaran Ikan Cakalang Segar (Studi Kasus di Kecamatan X Kabupaten Xx).
  8. Analisis Pendapatan Usaha Pengolahan Fillet Ikan.
  9. Skripsi Analisis Usaha Penangkapan Ikan Laut Dengan Alat Tangkap Pancing Rawai Dasar (Bottom Long Line).
  10. Analisis Usaha Tambak Polikultur Kepiting – Ikan Nila.
  11. Studi Perbandingan Antara Kelompok Nelayan Penangkap Dengan Nelayan Pengolah Ikan.
  12. Analisis Keberlanjutan Alat Penangkapan Ikan (Api) Pancing Ulur Ramah Lingkungan di Kecamatan Xx.
  13. Pengaruh Penambahan Sorbitol Terhadap Kualitas Dodol Rumput Laut (Eucheuma Cottonii).
  14. Analisis Usaha Pembenihan Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus) di Kecamatan X, Kabupaten X.
  15. Pengaruh Lama Ekstraksi Yang Berbeda Terhadap Rendemen dan Kualitas Karagenan Rumput Laut ( Eucheuma Cottonii).
  16. Pengaruh Penambahan Sukrosa Dan Sorbitol Terhadap Kualitas Jelly Rumput Laut (Eucheuma Cottonii).
  17. Pemanfaatan Ampas Kecap Sebagai Pengganti Bungkil Kedelai Dalam Ransum Pakan Terhadap Kelulushidupan (Survival Rate) Dan Pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy).
  18. Analisis Terhadap Pemberian Pakan Dengan Kandungan Protein yang Berbeda Terhadap Rasio Konversi Pakan, Retensi Energi Dan Rasio Efisiensi Energi Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus).
  19. Studi Tentang Cara Pemanfaatan Ampas Kecap Sebagai Pengganti Bungkil Dalam Ransum Terhadap Daya Cerna Protein Dan Energi Pada Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy).
  20. Pemanfaatan Keong Bakau (Telescopium Telescopium L) Sebagai Biofilter Terhadap Parameter Fisika Dan Kimia Limbah Yang Dihasilkan Tambak Intensif Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei).
  21. Pengaruh Pemberian Lps (Lipopolysaccharida) Dengan Dosis yang Berbeda Terhadap Jumlah dan Aktivitas Fagositosis Sel Darah Ikan Nila (Oreochromis Sp).
  22. Pengaruh Pemberian Jenis Pakan Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Black Ghost (Apteronotus Albifrons ).
  23. Studi Kelayakan Usaha Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Long Line (Pancing Tonda) Nelayan Xx Kabupaten Xx.
  24. Pengaruh Pemberian Lps (Lipopolysaccharida) Dengan Dosis Berbeda Terhadap Level Hematokrit Dan Leukokrit Serta Total Protein Plasma Darah Ikan Nila (Oreochromis Sp).
  25. Analisa Usaha Pembenihan Ikan Nila Gift (Tilapia Nilotica) Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Xx di Desa X  Kecamatan XXu Kabupaten XY.

3. Judul Skripsi Agribisnis Kelapa Sawit

Gambar bidang kelapa sawit

Selain dua bidang di atas, ada juga satu bidang lagi yang banyak disukai oleh para mahasiswa, yakni agribisnis kelapa sawit. Siapa sih yang tidak kenal dengan kelapa sawit, yakni pengolahan minyaknya yang memiliki kualitas harga yang cukup tinggi.

Berikut ini saya berikan kumpulan judul skripsi teknik agribisnis kelapa sawit yang mudah untuk dijadikan referensi:

  1. Analisis Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (CPO) pada PT x.
  2. Analisis Potensi Pengembangan Kelapa Sawit di Kabupaten XX.
  3. Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Alih Fungsi Lahan Padi Sawah ke Komoditi Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa X, Kec. Xx, Kab. Xx, Provinsi XC).
  4. Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Produksi Usahatani Kelapa Sawit (Studi Kasus di Kecamatan X, Kabupaten Xx).
  5. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pemanen Kelapa Sawit di PT Tiga Putra (Studi Kasus di Kebun X Kabupaten Xx).
  6. Analisis Harga Pokok CPO (Crude Palm Oil) di PT Tiga Putra (Studi Kasus di Pabrik Kelapa Sawit Xx,Kabupaten X).
  7. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pemanen Kelapa Sawit PT Tiga Putra Berkah (Studi Kasus di Kebun Xx, Desa X, Kecamatan YX, Kabupaten YY).
  8. Analisis Tingkat Resiko Bagi Pelaku Agribisnis Kelapa Sawit.
  9. Pengaruh Premi Panen Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Panen Kelapa Sawit (Studi Kasus pada PTP. Nusantara IV, Unit Kebun X dan Unit Kebun X).
  10. Analisa Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Petani Rakyat Kabupaten Xx.
  11. Analisis Optimasi Penggunaan Input Produksi Pada Perkebunan Kelapa Sawit.
  12. Pengaruh Koperasi Dalam Ketersediaan Sarana Produksi dan Penyuluhan Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Studi Kasus Pada  KUD Harta, Kec. X Kabupaten XX, XY).
  13. Studi Terhadap Posisi Tawar Petani Kelapa Sawit di Kabupaten X Dan Kabupaten Xx.
  14. Dampak Krisis Global Tahun 2008 Terhadap Harga dan Volume Ekspor Komoditi Perkebunan (Kelapa sawit, Karet dan Kakao) di Provinsi X.
  15. Dampak Program Perluasan Areal Kelapa Sawit Terhadap Pasar Kelapa Sawit Indonesia.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Pendidikan

4. Judul Skripsi Agribisnis Tentang Penyuluhan

Gambar tentang penyuluhan

Selain bidang agribisnis kelapa sawit, fakultas ini juga banyak mempelajari banyak hal seperti tentang penyuluhan. Sebab penyuluhan sering diberikan kepada para petani untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari bidang yang mereka tekuni.

Berikut saya berikan contoh judul skripsi agribisnis S1 tentang penyuluhan yang barangkali bisa dijadikan sebagai bahan referensi:

  1. Evaluasi Program Penyuluhan Sistem Tanam Padi Jajar Legowo 4 : 1 Terhadap Produksi Dan Pendapatan (Studi Kasus Pada Kelurahan X, Kecamatan xx, Kota Xx).
  2. Evaluasi Terhadap Petani Peserta Program Penyuluhan Pertanian SLPHT (Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu)(Studi Kasus di Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten Xx).
  3. Pandangan Program Penyuluhan Pertanian Petani Padi Sawah di Wkpp Xx, Kecamatan X, Kabupaten XY.
  4. Pengaruh Koperasi Dalam Ketersediaan Sarana Produksi dan Penyuluhan Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Studi Kasus di KUD X, Kecamatan Xx Kabupaten XY , Z).
  5. Evaluasi Program Penyuluhan Pertanian Pengaturan Pola Tanam Dan Tertib Tanam (P2T3) Pada Petani Padi Sawah (Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten XXY).
  6. Evaluasi Program Penyuluhan Yang Mendukung Usaha Tani di Kecamatan ZX.
  7. Analisis Sikap Petani Terhadap Materi dan Media Penyuluhan Bidang Pertanian.
  8. Evaluasi Kegiatan Penyuluhan Budidaya Padi Sistem Legowo.
  9. Efektivitas Program Penyuluhan Pertanian Lapangan di Wilayah Kerja Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan XY.

5. Judul Skripsi Agribisnis Tentang Pemasaran

Gambar tentang pemasaran

Selain mempelajari bidang penyuluhan, dalam jurusan agribisnis juga mempelajari sistem pemasarannya. Untuk kalian yang sedang merencanakan mengambil judul skripsi tentang pemasaran sangat cocok sekali, sebab banyak topik yang bisa dijadikan skripsi yang menarik. 

Berikut referensi judul skripsi agribisnis tentang pemasaran yang pastinya menarik dan mudah:

  1. Analisis Pemasaran Benih Padi Sawah (Oryza Sativa L.) (Studi Kasus di Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten Xx).
  2. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Kopi (Kasus: Konsumen Kedai Kopi Modern di Kota XC.
  3. Analisis Pendapatan dan Pemasaran Hasil Usahatani Cabai Merah (Capsicum annum L.) (Studi Kasus di Desa X, Kecamatan Xx, Kabupaten XxY).
  4. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Karakteristik Konsumen Terhadap Volume Pembelian Sayuran Hijau di Pasar Modern di Kota Xz.
  5. Analisis Usahatani Kopi dan Efisiensi Pemasaran Kopi (Coffea sp) di Kecamatan X Kabupaten xx.
  6. Analisis Sistem Pemasaran Salak (Studi Kasus di Kecamatan YX, Kota XX).
  7. Analisis Pemasaran Belimbing di X (Studi kasus di Desa X dan Desa Xx).
  8. Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di X Kabupaten Xx.
  9. Sistem Usahatani Dan Pemasaran Bayam Jepang (Peleng) di Kabupaten Xz(Studi kasus Desa Rumah XY Kecamatan X Kabupaten Xx).
  10. Analisis Peluang Pemasaran Online Produk Informasi Digital Tanaman Anggrek.
  11. Pemasaran Komoditi Sawi di Kelurahan X Kecamatan TD Kota GB.
  12. Analisis Pemasaran Jeruk di Kabupaten AB.
  13. Analisis Strategi Pemasaran Susu Kambing (Studi Kasus Pada Peternak Kambing Perah di desa Xx).
  14. Studi Terhadap Pola Distribusi Pemasaran Cabai (Studi Kasus pada Petani Cabai Desa X Kecamatan XX Kabupaten GB).
  15. Analisis Usaha Tani dan Pemasaran Jagung (Studi Kasus di Kecamatan AB Kabupaten D).

6. Contoh Judul Skripsi Agribisnis

Gambar skripsi agribisnis

Mungkin dari bidang-bidang di atas, barangkali masih ada yang memerlukan referensi lain, tenang saja. Sebab disini saya akan memberikan lagi beberapa contoh judul skripsi agribisnis yang mudah dan terbaru.

Berikut contoh-contoh judul skripsi jurusan agribisnis yang siapa tau cocok untuk kalian:

  1. Studi Terhadap Konsumsi Pangan dan Non Pangan Karyawan Pelaksana di PT Tiga Putra Kabupaten AB Provinsi GB.
  2. Analisis Strategi Untuk Merngembangkan Bidang Agroindustri Nenas (Studi Kasus di Kecamatan A,Kabupaten AB).
  3. Tingkat Efektivitas Adanya Kebijakan Subsidi Pupuk dan Efeknya Terhadap Produksi Padi (Studi Kasus di Desa B, Kecamatan H, Kabupaten TD).
  4. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Konversi Lahan Jeruk Menjadi Lahan Kopi di Kabupaten ABC (Studi Kasus di Konversi Lahan di Desa GB, Kecamatan H, Kabupaten D).
  5. Evaluasi Adanya Pemberlakukan Kebijakan Pelarangan Penggunaan Pukat Hela (TRAWL) (Studi Kasus di Kecamatan D Kabupaten TD).
  6. Analisis Berbagai  Faktor yang Berpengaruh Pada Volume Impor Kedelai di Provinsi GB.
  7. Studi Komparasi Kelayakan Usahatani Jagung dan Padi Sawah (Studi Kasus di Desa A, Kecamatan AB, Kabupaten D).
  8. Studi Tingkat Daya Saing Komoditas Bawang Merah (Studi Kasus Pada Desa D, Kecamatan TD, Kabupaten H).
  9. Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Coffea arabica L) di Kecamatan H Kabupaten TD.
  10. Analisis Pangsa Pasar dari Berbagai Jenis Merek Produk Kopi Instan dengan Menggunakan Rantai Markov di Kota GB.
  11. Studi Terhadap Tingkat Kepuasan Karyawan di Perkebunan Terhadap Sistem Pengupahan (Kasus: PTPN III Kebun A, Kecamatan AB, Kabupaten TD).
  12. Analisis Adanya Penerapan Kebijakan Pelarangan Penggunaan Pukat Hela (TRAWL) (Studi Kasus di Kecamatan B Kabupaten D).
  13. Analisis Daya Saing Komoditas Bawang Merah (Studi Kasus Pada Desa D, Kecamatan H, Kabupaten GB).
  14. Analisis Potensi Pengembangan Ternak Sapi di Provinsi TD.
  15. Analisis Permintaan Daging Ayam Ras Pedaging (Broiler) di Kota H.
  16. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Peluang Konsumen dalam Mengkonsumsi Sate Ayam (Studi Kasus Pada Konsumen Sate di Perumahan A Kota AB).
  17. Analisis Tingkat Efisiensi dan Pendapatan Usahatani Stroberi (Studi Kasus di Desa D, Kecamatan TD, Kabupaten GB).
  18. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Konsumsi Tempe Rumah Tangga di Kecamatan A, Kota AB.
  19. Analisis Manajemen Risiko pada Rantai Pasok Kopi Non-Ekspor.
  20. Analisis Sensitivitas Harga dan Loyalitas Konsumen Terhadap Minyak Goreng Kemasan dan Minyak Goreng Curah di Kota GB.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Pendidikan PAUD

7. Kumpulan Judul Skripsi Agribisnis

Gambar jurusan agribisnis

Setelah saya berikan semua bidang di atas tentang jurusan agribisnis, disini saya juga akan memberikan tambahan lagi terakhir untuk kalian. Barangkali saja dari semua yang saya berikan sebelumnya masih kurang dan bisa digunakan pertimbangan.
Berikut kumpulan judul skripsi agribisnis terbaru dan menarik untuk digunakan:

  1. Analisis Finansial Industri Pembuatan Sagu Basah di Kabupaten TD.
  2. Evaluasi Anggota Kelompok Tani Terhadap Peran Pengurus Kelompok Tani dalam Pelaksanaan Musyawarah Kelompok Tani di Kabupaten GB.
  3. Kemiskinan Dan Ketimpangan Pendapatan Nelayan Buruh Kapal Bermotor < 5 GT (Studi kasus di Kelurahan A Kecamatan AB Kota D).
  4. Analisis Efisiensi Penangkapan Ikan Menggunakan Kapal Motor di Kecamatan Pantai X, Kabupaten GB.
  5. Studi terhadap Monitoring Dan Evaluasi Penempatan dan Pelaksanaan Tugas Tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten TD.
  6. Pengaruh Premi Panen Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Panen Kelapa Sawit (Studi Kasus pada PTP. Nusantara IV, Unit Kebun Pabatu dan Unit Kebun Bah GB).
  7. Analisis Integrasi Vertikal Pada Perusahaan Minyak Goreng.
  8. Perbandingan Karakteristik Sosial Ekonomi Anggota P3A Berbadan Hukum dan P3A yang Tidak Berbadan Hukum di Kabupaten TD (Studi kasus Desa A dan Desa AB Kecamatan GB).
  9. Analisis Keterkaitan Faktor Sosial Ekonomi Peternak Sapi Potong dengan Kemampuan Manajerial Usaha Ternak.
  10. Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Anak Nelayan Untuk Sekolah (Studi Kasus pada Kampung Nelayan Lingkungan XII, Kelurahan AI, Kecamatan AB).
  11. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Minyak Goreng di Kota TD.
  12. Analisa Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Petani Rakyat Kabupaten D.
  13. Analisis Finansial Industri Pengolahan Dodol Salak Dan Prospek Pengembangannya di Kabupaten A (Studi Kasus di Desa AB, Kec. D Kab. TD).
  14. Sikap Petani di Lokalitas Percontohan Terhadap Program Agropolitan Sumatera Utara (Studi Kasus di Desa H, Kecamatan TDH, Kabupaten GB).
  15. Dampak Industri Pengolahan Salak Terhadap Peningkatan Pendapatan Dan Kesempatan Kerja Bagi Petani Sekitar (Studi Kasus di Desa A, Kecamatan AB, Kabupaten TD).
  16. Uji Kemiringan Saluran Bahan Pada Alat Sortasi Jeruk Tipe Gravitasi.
  17. Studi Terhadap Komposisi Produk Domestik dan Produk Impor yang Dijual di Pasar Tradisional Sei Sikambing dan Pasar Modern Hypermart Sun Plaza di Kota GB.
  18. Strategi Peningkatan Produktivitas Kopi Arabika Desa A Kecamatan AB Kabupaten D.
  19. Analisis Tingkat Konsumsi Pangan dan Elastisitas Pendapatan Terhadap Pengeluaran Konsumsi Pangan Karyawan di PTP Nusantara IV Kebun Air Batu Kabupaten H.
  20. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Pangan Rumah Tangga Miskin di Kecamatan GB.

Bagaimana apakah dengan melihat dan memperhatikan semua referensi di atas kalian sudah mendapatkan ide? Harapan saya sih bisa mendapatkan sedikit referensi dengan adanya artikel ini

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan tentang kumpulan judul skripsi agribisnis. Semoga bisa membantu mempermudah kalian dalam menentukan judul skripsi yang menjadi tugas terakhir untuk mendapatkan gelar sarjana atau strata 1.

Tinggalkan komentar