Siklus Daur Hidup Kucing

Daur hidup kucing merupakan hewan peliharaan kesukaan manusia yang sudah dikenal selama beribu-ribu tahun. Tingkah lakunya yang menggemaskan, bulu lembut dan variasi warna unik menjadi daya tarik tersendiri pada kucing.

Banyak sekali jenis hewan yang mengalami siklus daur hidup tanpa metamorfosis, salah satunya adalah kucing. Sebab kucing betina akan melahirkan anak kucing, kemudian anak kucing tersebut akan tumbuh menjadi kucing dewasa.

Maksud dari daur hidup tanpa metamorfosis adalah siklus hidup yang tidak mengalami perubahan bentuk di setiap perkembannya. Oleh karena itu, kucing termasuk sebab hanya mengalami perubahan ukuran tubuh saja.

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan penjelasan lengkap beserta gambar dari daur hidup kucing. Penasaran ya? Yuk langsung kepoin aja pembahasan dibawah ini.

Apa Sih Kucing Itu?

Gambar kucing dalam siklus hidup

Kucing adalah salah satu dari sekian banyaknya jenis hewan lucu dan imut dari kelompok mamalia dengan balutan bulu lembut. Oleh karena itu, kucing sangat disukai dan banyak dipelihara sebab mempunyai banyak kelebihan dan bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Macam-macam tingkah laku yang lucu dan menggemaskan dari kucing akan membuat pemiliknya menjadi senang. Bukan hanya itu saja, kucing juga mempunyai berbagai warna bulu yang bervariasi pada setiap spesiesnya.

Jadi tidak heran jika kucing menjadi hewan favorit peliharaan di rumah-rumah.

Klasifikasi Kucing

Gambar ilustrasi klasifikasi kucing

Sebelum mengetahui siklus daur hidup kucing, maka Anda juga harus mengetahui klasifikasi ilmiah dari hewan ini. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari kucing lucu dan menggemaskan, antara lain:

Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Sub-Filum:Vertebrata
Kelas:Mamalia
Ordo:Canivora
Famili:Felidae
Genus:Felis
Spesies:Felis Catus

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Katak

Karakteristik Kucing

Ilustrasi kucing

Kucing termasuk jenis hewan ordo atau bangsa karnivora layaknya singa dan harimau. Namun kucing memiliki bentuk fisik yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis kucing besar, serta terdapat gigi-gigi tajam yang berguna untuk mengoyak makanan.

Fisik kucing jantan dewasa biasanya mempunyai berat mulai 3 hingga 4 kg, sementara kucing betina dewasa mempunyai betina dewasa mulai 2 hingga 3 kg. Hewan menggemaskan ini ternyata mempunyai umur yang cukup lama, yakni sekitar 13 hingga 17 tahun.

Kucing akan mencari mangsanya sama seperti jenis kucing besar lainnya, yakni dengan mengintai kemudian menyergapnya. Hewan ini mempunyai kemampuan berlari yang cukup cepat, tidak kalah dengan kecepatan lari jenis kucing besar.

Ada perilaku unik dari hewan lucu satu ini, yakni akan menandai kawasannya dengan menggunakan kencingnya. Kok bisa ya?

Kucing sendiri akan berhibernasi atau tidak mulai 13 hingga 16 jam.

Siklus Daur Hidup Kucing

Gambar siklus daur hidup kucing tanpa metamorfosis

Di dalam siklus daur hidup kucing, dikategorikan sebagai hewan diestrus atau hewan dengan 2 fase birahi dalam waktu satu tahun. Pada umumnya kucing tidak memerlukan tahapan metamorfosis atau tidak mengalami metamorfosis dalam keberlangsungan hidupnya.

Jika secara sederhananya, tahapan daur hidup kucing akan dimulai dengan anak kucing, memasuki masa dewasa, setelah dewasa akan memasuki masa tua dan pada akhirnya berupa kematian.

Berikut ini sudah saya berikan pembahasannya di setiap fase, antara lain:

1. Anak Kucing

Siklus daur hidup kucing akan diawali dengan pembuahan yang akan menghasilkan anak kucing. Pada saat akan kucing tersebut lahir, maka inderanya masih belum bisa berfungsi secara sempurna seperti bagian mata yang masih buta dan telinganya tuli.

Untuk bagian indera yang sudah bisa digunakan sejak anak kucing lahir adalah penciuman yang berfungsi dengan baik.

Mata kucing kemudian akan mulai terbuka dan melihat pada saat umurnya mencapai 7 hingga 15 hari. Pada saat umurnya mencapai 15 hari setelah masa kelahiran, anak kucing sudah bisa merespon suara yang ada.

Sementara dalam hal makanan, induk kucing akan terus memberikannya susu hingga anaknya tersebut mencapai usia 7 minggu.

Secara keseluruhan dari fase ini bisa diringkas sebagai berikut:

  1. Usia 0 sampai 2 minggu, pergerakan kakinya masih belum bisa berfungsi secara normal. Sedangkan untuk bagian mata masih buta serta telinganya masih mengalami tuli.
  2. Usia 3 sampai 8 minggu, makanan akan diberikan dari sang induk berupa susu mulai berkurang, dan akan belajar untuk memakan jenis makanan padat. Selain itu, gigi susu pada usia ini sudah mulai muncul dan telah memulai beberapa pergerakan.
  3. Usia 9 sampai 16 minggu, gigi susunya mulai berganti dan telah memakan makanan padat serta mempunyai kemampuan untuk bersosialisasi. Namun disini, anak kucing masih sering bermain dengan sang induk serta perilaku pemangsanya sudah mulai terbentuk.

2. Kucing Remaja

Ketika anak kucing sudah berubah memasuki usia remaja, biasanya akan berjalan atau berlangsung sekitar 17 minggu hingga 1 tahun. Walaupun terdapat beberapa tahapan yang ditunjukkan sebagai tahapan sebelumnya.

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Lalat

3. Kucing Dewasa

Tahap selanjutnya ketika sudah melewati masa remaja akan masuk pada fase kucing dewasa. Biasanya tahapan ini akan dijalani oleh kucing ketika umurnya sudah mencapai diatas 1 tahun.

Namun pertumbuhannya akan berhenti sebab metabolismenya sudah mulai berkurang. Selain itu, ketika masuk tahapan ini kucing sudah bisa melakukan proses berkembang biak.

Untuk fase berkembang biak dari kucing dewasa adalah sebagai berikut:

1. Fase Pubertas

Fase pubertas ini adalah tahapan dimana terjadi pada jenis hewan lainnya untuk mencari lawan jenisnya. Pada siklus daur hidup kucing ini, fase dewasa adalah punca pubertas akan dialami.

2. Fase Birahi

Pada saat sudah memasuki masa birahi, kucing akan mengalami 2 hingga 3 kali dalam waktu satu tahun. Biasanya kucing jantan akan berperilaku aneh untuk menarik perhatian dari kucing betina seperti dengan suara keras, bahkan menggosok-gosokan badanya.

Sementara kucing betina akan lebih sensitif dan sangat gesit, ia akan mengijinkan sang jantan untuk menghampirinya.

3. Fase Perkawinan

Pada saat kucing sudah memasuki masa kehamilan, umumnya kucing betina tidak akan mau didekati oleh sang jantan hingga usia 3-4 minggu setelah melahirkan.

Untuk masa kehamilan dari kucing sendiri akan terjadi salam 63 hingga 67 hari. Pada umumnya kucing akan melahirkan anaknya sekitar 2, 3, 4 hingga lebih.

4. Kucing Usia Tua

Kucing yang sudah berada di dalam masa tua ialah yang umurnya sudah mencapai 7 tahun lebih. Selain itu, perilaku yang ditunjukkan oleh kucing usia tua juga sudah berkurang dan nafsu makannya turun.

5. Kucing Usia Kematian

Siklus daur hidup kucing yang terakhir adalah memasuki masa kematian yang tentunya akan dialami oleh semua makhluk hidup. Namun untuk kucing yang sudah menunjukan gejala diatas, maka mereka akan selalu menyendiri dan mencari tempat yang jauh dari keramaian.

Sebab pada dasarnya perilaku kucing yang aneh ini, maka sangat jarang sekali ditemui bangkai kucing.

Fakta Unik Seputar Kucing

Gambar ilustrasi fakta unik dari kucing

Selain siklus daur hidupnya yang tanpa metamorfosis, kucing juga ternyata memiliki beberapa keunikan. Berikut ini adalah beberapa fakta unik seputar kucing, antara lain:

  • Saat kucing mendengkur adalah pertanda bahwa si kucing berada pada suasana hati yang senang.
  • Kucing biasanya sangat gemar memijat.
  • Kucing memiliki refleks untuk meluruskan tubuhnya.
  • Tidak memiliki bakteri kotor didalam tubuhnya.
  • Kucing mempunyai indera pendengaran dan penciuman yang sangat sensitif.
  • Kucing termasuk hewan memiliki indera perasa yang kuat.
  • Kucing sering dibicarakan mempunyai sembilan nyawa.
  • Tidak memiliki bakteri kotor didalam tubuhnya.
  • Kucing dikabarkan mempunyai efek positif bagi kesehatan manusia.

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Fasciola Hepatica

Akhir Kata

Nah, mungkin cukup itu saja penjelasan yang bisa saya berikan tentang siklus daur hidup kucing beserta informasi tambahannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan menambah lagi pengetahuan Anda dalam dunia hewan.

Tinggalkan komentar