Daur Hidup Anjing

Riverspace.org – Pada dasarnya siklus daur hidup anjing termasuk ke dalam hewan yang berproses tanpa metamorfosis. Di dalam proses daur hidup, setiap makhluk hidup akan mengalami perubahan secara morfologi (bentuk luar) yang menjadi penanda perkembangan suatu individu.

Salah satu siklus daur hidup juga akan dialami oleh hewan mamalia yang ramah dengan manusia, yakni anjing. Anjing sendiri adalah hewan yang cukup dekat dan ramah dengan manusia selain kucing.

Hewan yang memiliki nama Latin Canis lupus Familiaris ini berkembang dengan cara melahirkan (vivipar). Biar nggak semakin penasaran, dibawah ini sudah saya jelaskan proses daur hidup pada anjing, yuk kepoin aja.

Sekilas Tentang Anjing

Mengenal tentang siklus hidup anjing

Anjing adalah salah satu hewan yang termasuk ke dalam kelas Mamalia dan ke dalam ordo Carnivora. Anjing juga termasuk hewan yang paling dekat dengan kehidupan manusia serta dijadikan hewan peliharaan.

Selain dijadikan sebagai peliharaan, anjing juga biasanya akan dilatih untuk keperluan tertentu, seperti anjing penjaga, pelacak sebab mempunyai kecerdasan.

Ciri khas utama yang terlihat dari anjing adalah rahang yang kuat dan gigi yang tajam untuk menyerang dan menggigit makanan. Hewan ini juga mempunyai 4 kaki yang dapat digunakan untuk berlari dengan sangat cepat.

Untuk indra penciuman dari anjing sangat tajam, bahkan sudah banyak anjing yang dilatih untuk melacak narkoba atau barang selundupan, hingga melacak bau seseorang. Anjing akan dilatih dengan cara fokus untuk mencium 1 bau dan menghiraukan bau-bau lainnya.

Anjing juga banyak dikatakan memiliki kekurangan pada bagian indra penglihatannya, yakni buta warna. Namun ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anjing sebenarnya tidak buta warna, hanya saja warna yang dilihat anjing tidak sebanyak manusia.

Hewan satu ini termasuk jenis karnivora yang artinya pemakan daging. Selain itu, anjing juga akan memakan daging bangkai, oleh sebab itu anjing dijuluki sebagai hewan pemakan bangkai.

Meskipun pemakan daging, ternyata anjing bisa memakan sayur-sayuran dan tumbuhan juga loh.

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa anjing telah ada sejak 15.000 – 100.000 tahun lalu. Jenis dan ras anjing juga sangat banyak sekali, bahkan ada ras atau spesies baru yang dihasilkan dari perkawinan beda ras.

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Katak

Tahapan Daur Hidup Anjing

Contoh gambar daur hidup anjing lengkap

Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan di bagian atas bahwa anjing tidak mengalami metamorfosis, namun memiliki siklus daur hidup. Coba perhatikan contoh gambar daur hidup anjing diatas, tentunya Anda sudah bisa menangkap sedikit gambaran dari siklusnya.

Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda, coba simak penjelasan dibawah ini:

1. Fase Anak Anjing

Tahapan atau fase pertama dari siklus daur hidup anjing adalah berupa anak anjing yang dilahirkan dari hasil perkawinan antara anjing jantan dan betina. Biasanya anjing betina akan memasuki fase kehamilan dari hasil perkawinan tersebut.

Untuk fase kehamilan yang akan dilalui anjing kurang lebih berkisar 63 hari hingga melahirkan.

Ketika sudah melahirkan, anak anjing akan selalu ikut bersama induknya hingga 8 minggu pertama. Di dalam tahap ini, anak anjing masih memerlukan susu dari induknya sebagai pertumbuhan.

Anak anjing akan belajar mengenal lingkungan sekitar dan manusia serta hewan lain yang dijumpainya.

Biasanya tahap ini akan berlangsung hingga anjing sudah memasuki usia 6 bulan hingga 18 bulan dan mereka juga sudah bisa untuk hidup mandiri serta tidak memerlukan susu dari induknya.

2. Fase Anjing Muda

Tahap selanjutnya pada saat anjing ketika sudah berusia 6 hingga 18 bulan adalah menjadi aning muda. Namun tahap ini tergantung dari jenis atau spesies serta lingkungan tempat anjing tersebut tinggal.

Di dalam tahap atau fase ini, anjing sudah tidak lagi memerlukan susu yang diberikan oleh sang induk. Sebab anjing mudah sudah mulai bisa mencari makanannya sendiri serta mulai hidup mandiri.

Selain itu, tahap ini merupakan fase yang paling cocok untuk melatih seekor anjing untuk dijadikan sebagai anjing pelacak atau anjing penjaga.

Kenapa kok bisa saya katakan waktu paling tepat untuk melatih? Sebab pada dasarnya di dalam fase ini, motorik anjing sudah mulai matang dan lebih mudah untuk dilatih serta menuruti perintah yang diberikan.

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Ular

3. Fase Anjing Dewasa

Setelah anjing memasuki usia 18 hingga 24, maka siklus daur hidup anjing akan berlanjut pada tahap anjing dewasa. Di dalam tahap ini, tubuh anjing sudah mulai proporsional serta mempunyai rahang yang yang kuat dan gigi tajam.

Selain itu, pada fase ini anjing sudah sangat mudah sekali adaptasi ataupun mengenali lingkungan sekitar, serta menuruti perintah apabila sudah dilatih sejak kecil.

Dalam hal indra penciuman anjing juga semakin tajam apabila dibandingkan ketika masih tahap anjing muda. Kemudian untuk organ reproduksinya sudah mulai matang dan siap untuk melakukan reproduksi atau perkawinan.

Biasanya anjing akan mulai melakukan masa perkawinan dan melahirkan anak anjing yang baru sebagai bentuk daur hidupnya.

Pelajari Juga Yuk! Daur Hidup Sapi

Akhir Kata

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang bisa saya berikan untuk Anda tentang proses atau tahapan daur hidup anjing secara singkat dan mudah dipahami. Semoga dengan adanya artikel yang saya tulis pada website ini bisa berguna dan dapat membantu kegiatan belajar Anda.

Tinggalkan komentar