Cara Mengukur Potensiometer

Cara Mengukur Potensiometer – Kita bisa melakukan pengukuran nilai resistansi dar sebuah komponen potensiometer dengan menggunakan alat bantu ukur berupa multimeter (avometer), baik jenis multimeter digital maupun analog.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa multimeter merupakan alat ukur yang terdiri dari gabungan pengukuran arus listrik (Ampere), tegangan listrik (Volt) dan resistansi (hambatan).

Untuk melakukan pengukuran pada potensiometer yang merupakan komponen keluarga resistor. Tentunya akan menggunakan selektor fungsi Ohm (Resistansi) yang ada pada multimeter.

Ketika pengukuran dilakukan, maka kita bisa mengetahui nilai maksimum resistansi dan perubahan nilai resistansi pada potensiometer. Terus, bagaimana cara mengukur potensiometer menggunakan multimeter atau avometer? Langsung saja simak cara yang saya berikan dibawah ini, sangat mudah kok.

Bagaimanakah Cara Mengukur Potensiometer?

Jika Anda termasuk orang yang masih awam di dalam dunia elektronik, atau malah masih dalam belajar sebagai pemula, pastinya akan sangat membingungkan jika tidak tau cara mengukur potensiometer.

Namun pada dasarnya, mengukur potensiometer sangat mudah sekali seperti berikut ini caranya:

1. Cara Untuk Mengetahui Nilai Resistansi Maksimum Potensiometer

Gambar cara mengukur nilai resistansi maksimum

Jika Anda melakukan pengukuran pada potensiometer untuk mencari nilai resistansi maksimumnya, seperti ini langkahnya:

  1. Atur terlebih dulu posisi saklar atau selektor pada multimeter pada posisi Ohm (Ω).
  2. Lanjutkan dengan menghubungkan probe multimeter pada kaki terminal 1 dan kaki terminal 3.
  3. Coba perhatikan nilai resistansi potensiometer pada latay multimeter, maka nilai yang akan tampil adalah nilai maksimum dari potensiometer yang sedang kita ukur.

Namun perlu diperhatikan juga, nilai maksimum tersebut adalah nilai nominal potensiometer dan akan hampir mirip dengan nilai yang tertera pada fisik potensio itu sendiri. Untuk nilai resistansi potensiometer pada kaki terminal 1 dan terminal kaki 3 akan selalu konstan.

Dalam artian, pemutaran shaft (tuas) pengatur tidak akan berpengaruh terhadap nilai pengukurannya.

Pelajari Juga! Apa Itu Potensiometer

2. Cara Mengukur Perubahan Nilai Resistansi Potensiometer

Gambar cara mencari perubahan nilai resistansi

Jika Anda melakukan pengukuran pada potensiometer untuk mencari perubahan nilai resistansinya adalah seperti ini langkahnya:

  1. Atur terlebih dulu posisi saklar multimeter pada posisi Ohm (Ω).
  2. Kemudian hubungkan probe multimeter pada kaki terminal yang pertama (1) dan terminal kaki 2.
  3. Coba putar shaft (tuas) pada potensiometer searah jarum jam.
  4. Lalu perhatikan nilai resistansi pada layar multimeter, nilai resistansi naik seiring dengan pergerakan shaft (tuas) potensiometer tersebut. Begitupun sebaliknya, apabila shaft (tuas) potensiometer diputar arah sebaliknya, maka nilai resistansi akan menurun seiring dengan pergerakan tuas potensio tersebut.
  5. Pindahlah probe multimeter (avo meter) dari kaki terminal 1 ke terminal ketiga. Maka dari itu, sekarang kaki terminal potensiometer yang diukur adalah terminal 2 dan terminal 3.
  6. Putar lagi shaft (tuas) potensiometer searah jarum jam.
  7. Perhatikanlah nilai resistansi potensiometer yang tampil pada layar multimeter, maka nilai resistansi akan menurun seiring dengan pergerakan shaft (tuas) tersebut. Begitupun sebaliknya, apabila tuas potensiometer diputar berlawanan arah jarum jam, maka nilai resistansinya akan naik seiring dengan pergerakan shaft (tuas) potensiometer tersebut.

Catatan penting!

Komponen potensiometer tidak mengenal polantas positif dan negatif, sehingga posisi pergerakan probe merah dan probe hitam multimeter tidak akan menjadi masalah dalam pengukuran.

Pelajari Juga! Cara Memasang Potensiometer

Cara Memperbaiki Potensiometer

Gambar potensiometer

Jika potensiometer kalian mengalami kerusakan, maka bisa saja melakukan upaya perbaikan seperti berikut ini caranya:

  • Apabila komponen potensiometer mengalami kerusakan ringan atau serak-serak, tentunya masih bisa melakukan perbaikan dengan membersihkan bagian dalamnya. Caranya hanya dengan meneteskan minyak tanah atau dengan pembersih karat khusus potensiometer, sembari memutar tuasnya.
  • Sementara jika konektor di dalam potensio sudah longgar, pastinya kita harus membongkarnya lalu dibersihkan hingga bersih, yang penting karbon atau lapisan resistor di dalamnya masih bagus.
  • Jika lapisan sudah terbakar, tentunya kita harus menggantinya dengan yang baru.

Pelajari Juga! Apa Itu Rheostat

Akhir Kata

Sebelum melakukan pengukuran pada potensiometer, saya sarankan untuk memahami konstruksi dan juga terminal kaki dari potensio itu sendiri supaya lebih mudah melakukan pengukuran.

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang bisa saya berikan untuk kalian tentang bagaimana cara mengukur potensiometer yang benar dan sangat mudah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan menambah lagi pengetahuan kalian dalam bidang elektronika.

Tinggalkan komentar