Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer

Faktanya masih banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatasi printer masuk angin dan dianggap tergolong sepele. Padahal jika dibiarkan terus menerus akan berpengaruh pada kinerja printer yang akan menurun bahkan menjadi buruk.

Permasalahan adanya rongga udara ini umumnya akan terjadi pada jenis printer inkjet atau infus. Biasanya hal ini terjadi disebabkan dari pemiliknya yang terlambat atau lupa tidak mengisi tinta printer. Selain itu, bisa disebabkan karena adanya kebocoran saluran tinta yang menyebabkan udara masuk.

Adanya rongga udara pada saluran tinta pastinya akan cukup mengganggu tinta ketika keluar melalui head print. Bahkan hasil cetakan akan terlihat kosong sebelah atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi printer masuk angin atau rongga udara di selang infus printer yang saya berikan. Pastikan kalian melakukannya dengan baik dan benar supaya terhindar dari kerusakan printer lainnya.

1. Langkah Pertama Mengatasi Rongga Udara di Selang Infus Printer

Cara mengatasi printer masuk angin yang pertama bisa kalian lakukan ini cukup mudah dan termasuk aman sebab menggunakan fasilitas cleaning dari printer. Software pada printer akan otomatis melakukan cleaning dan deep cleaning pada printer yang terdapat rongga udara tersebut.

Dikutip dari iplanchallenge.com, berikut cara melakukan cleaning printer yang benar:

  1. Klik start, kemudian pilih device and printer (apabila tidak ada kalian bisa klik start, pilih control panel, lalu pilih device and printer untuk windows 10).
  2. Sesudah itu akan terlihat beberapa perangkat yang terkoneksi dengan komputer kalian, kemudian klik kanan pada printer yang terdapat rongga udaranya lalu pilih
  3. Lanjutkan pindah ke tab maintenance lalu pilih cleaning dan deep cleaning.
  4. Sebaiknya berikan jeda waktu antara cleaning dan deep cleaning kurang lebih 5 menit supaya head printer tidak panas.
  5. Ketika sudah selesai, lihatlah kembali apakah rongga udara masih ada pada selang infus tersebut.

Tujuan dalam melakukan proses ini adalah untuk menyedot tinta beserta rongga udara yang terdapat pada selang infus. Sehingga akan membuat rongga udara tersebut terbuang bersamaan ketika cleaning berjalan.

Kalian dapat melakukan cara diatas untuk menghindari resiko kerusakan pada printer. Hanya saja apabila terlalu sering melakukan cleaning akan menyebabkan boros tinta.

2. Langkah Kedua Mengatasi Rongga Udara di Selang Infus Printer

Kebanyakan orang yang masih belum tahu, sebab bisa saja cara ini cukup sulit dilakukan. Sebab cara mengatasi printer masuk angin atau rongga udara di selang infus printer memakai suntikan atau penyedot.

Kalian harus menyiapkan bahan yang terdiri dari tinta, suntikan 2 buah dan kain halus/ tisu. Untuk langkah-langkah mengatasi rongga udara di selang infus kedua ini sebagai berikut:

  1. Pertama harus lepaskan ujung selang yang menuju cartridge terlebih dulu dan buka penutup udaranya.
  2. Kemudian buka penutup karet di tabung dan masukkan suntikan ke dalam lubang tabung isi tinta pada printer.
  3. Cobalah memompa dengan memakai suntikan tersebut supaya tinta tertekan masuk ke selang infus.
  4. Sesudah rongga udara hilang dan selang infus penuh dengan tinta kalian bisa melanjutkan dengan cara memasukkan ujungnya lagi ke cartridge.
  5. Tahap akhir adalah melepaskan suntikan dan pasang kembali penutup karet pada tabung isi tinta tersebut.

Mungkin hanya itu saja cara menghilangkan rongga udara di selang infus printer yang dapat saya berikan. Silahkan kalian coba lakukan dengan salah satu cara yang telah diterangkan di atas. Jangan lupa juga untuk menerapkan langkah yang pertama dahulu karena lebih mudah dan aman, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar