5 Tips Cara Menentukan Judul Skripsi dengan Mudah dan Menarik

Riverspace.org – Menulis skripsi adalah tahap akhir dari perjuangan para mahasiswa menempuh pendidikan di kampus untuk mendapatkan gelar sarjana, akan tetapi tidak sedikit mahasiswa yang bingung bagaimana cara menentukan judul skripsi dan topik penelitian sekaligus.

Artikel ini akan membahas mengenai cara mudah dalam menentukan judul skripsi dan tips untuk mendapatkan topik permasalahan atau topik penelitian. Cara ini tidak ditujukan untuk satu jurusan tertentu dan dapat digunakan oleh mahasiswa dari semua jurusan. Selamat menyimak!

Sebelum Menentukan Judul Skripsi, Ubah Mindset Dulu!

Mindset yang perlu diubah oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam perjalanan mengerjakan skripsi adalah jangan mencari judul skripsi. Mahasiswa perlu mengubah pola pikirnya dari mencari judul skripsi menjadi masalah apa yang bisa dijadikan topik penelitian?

Memiliki topik permasalahan atau topik penelitian lebih dahulu akan mempermudah mahasiswa dalam mencari dan menentukan judul skripsi nantinya. Sebaliknya, mahasiswa akan kembali kebingungan jika menentukan judul terlebih dahulu sebelum menemukan topik masalah yang akan diangkat.

Ketika mahasiswa sudah menentukan judul di awal, ada kemungkinan topik masalah atau topik penelitian yang diangkat sebagai skripsi tidak berkorelasi secara penuh dengan judul skripsi, akibatnya dosen akan meminta mahasiswanya untuk merevisi judul.

 

Cara Menentukan Judul Skripsi 

5 Tips Cara Menentukan Judul Skripsi dengan Mudah dan Menarik
5 Tips Cara Menentukan Judul Skripsi dengan Mudah dan Menarik

Ada cara termudah yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan topik penelitian dan menentukan judul skripsi. Semuanya disusun dan dijabarkan berdasarkan tingkat kesulitannya. Mahasiswa dapat memilih satu dari kelima cara di bawah ini yang dianggap paling mudah :

1. Mencari Isu Terkini dari Lingkungan

Cara menentukan judul skripsi ini cocok untuk mahasiswa yang peka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Entah itu lingkungan sekitar tempat tinggal maupun lingkungan yang berkaitan dengan bidang studi yang diampu di kampus.

Cara melakukan metode ini adalah dengan memperbanyak referensi, bisa dari memerhatikan berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, media cetak dan elektronik atau mencari di perpustakaan kampus dan berdiskusi dengan dosen pembimbing.

Setelah mendapatkan permasalahan yang sekiranya cocok dengan bidang studi serta menarik untuk diangkat sebagai tema skripsi, cari solusi dari permasalahan tersebut dan tarik judul skripsi dari proses-proses tersebut.

2. Mencari Isu Melalui Literatur

Jika menurut mahasiswa cara pertama terlalu kompleks dan rumit, maka coba untuk melakukan cara kedua berikut. Caranya adalah dengan mendatangi perpustakaan, baik itu perpustakaan kampus maupun perpustakaan nasional untuk membaca literatur terkait bidang studi yang diampu.

Sebelumnya, tentu mahasiswa harus sudah memilih kira-kira lebih berminat ke bidang apa untuk dijadikan sebagai bahan skripsi. Misalnya saja mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen, ilmu yang didapat dari jurusan tersebut pasti sangat luas.

Pilih salah satu yang paling menarik minat, misalnya manajemen sumber daya manusia, dan cari literatur mengenai topik tersebut. Dengan cara seperti ini, mahasiswa akan lebih mudah menemukan ide untuk topik permasalahan atau penelitian untuk diangkat ke dalam skirpsi.

Selanjutnya, sesuaikan judul skripsi dengan permasalahan yang diambil dari literatur tadi.

3. Melakukan Riset dari Skripsi-skripsi Sebelumnya

Jika cara sebelumnya mahasiswa datang ke perpustakaan untuk mencari literatur terkait bidang studi, cara menentukan judul skripsi berikutnya adalah dengan melakukan riset terhadap skripsi yang sudah pernah dibuat oleh kakak angkatan.

Cara ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya. Mahasiswa bisa mendapatkan inspirasi tentang topik-topik yang menarik dan permasalahan yang cocok untuk dijadikan bahan penelitian skripsi. Mahasiswa bisa mengamati dan memodifikasi apa yang dikerjakan dari skripsi sebelumnya.

Jika memungkinkan, mahasiswa juga dapat mengajak kakak tingkat tersebut berdiskusi lebih lanjut mengenai ketertarikannya terhadap skripsi yang sudah dipublikasikan oleh senior angkatan tersebut. Selain mendapat ide untuk judul dan penelitian skripsi, silaturahmi pun terjaga.

4. Melanjutkan Penelitian Skripsi Sebelumnya

Cara ini hampir mirip dengan cara nomor tiga, bedanya tanpa pikir panjang mahasiswa bisa langsung membuka halaman penutup dan saran pada skripsi senior tersebut. Di sana biasanya tertulis saran-saran yang ditujukan untuk penelitian berikutnya.

Saran tersebut bisa digunakan sebagai topik penelitian skripsi. Mahasiswa bisa benar-benar melanjutkan penelitian tersebut atau bisa juga dengan mengganti objek penelitian maupun variable-variabel yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya, penelitian-penelitian atau permasalahan yang diangkat dalam skripsi adalah permasalahan lama yang belum terselesaikan. Masalah demi masalah pasti muncul dan penelitian-penelitian yang terus berkembang untuk memecahkan masalah pun terus ada.

Tentunya, sesuaikan topik yang dipilih dengan minat mahasiswa yang akan menjalani penelitian. Jangan sampai, karena ingin cepat selesai maka mahasiswa memilih dengan terburu-buru penelitian yang akan dilanjutkan padahal tidak sesuai minat.

Ini akan memberatkan perjalanan skripsi mahasiswa ke depannya. Sebab, skripsi bukan sekadar menentukan judul dan topik penelitian saja tapi menjalankan penelitian, menulis hingga sidang akhir,

 5. Bergabung dengan Proyek Dosen

Dosen di universitas kebanyakan memiliki proyek-proyek. Baik proyek yang mendapatkan dana hibah maupun proyek pribadi dengan tujuan tertentu, misalnya untuk membuat publikasi jurnal skala internasional. Biasanya, dosen membutuhkan orang untuk membantu mengerjakan proyek tersebut.

Mahasiswa bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai dosen-dosen yang biasanya kebanjiran proyek, kemudian mendaftarkan diri untuk menjadi sukarelawan dalam pengerjaan proyek tersebut. Mahasiswa pun bisa mengajukan untuk menjadikannya sebagai bahan penelitian skripsinya.

Beberapa dosen memiliki banyak sampel-sampel untuk diteliti, akan tetapi karena keterbatasan waktu maka proyek-proyek tersebut jalan di tempat. Kehadiran mahasiswa datang untuk membantu mengerjakan proyek tersebut tentu akan disambut baik.

Lagi-lagi pastikan topik yang diangkat untuk diteliti dalam proyek tersebut memang sesuai dengan passion atau minat mahasiswa. Proyek penelitian dosen sendiri ada yang berlangsung sebentar, ada pula yang ditargetkan selesai hingga tahap tertentu sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nilai plus yang bisa didapatkan oleh mahasiswa ketika mengambil topik atau penelitian dari proyek dosen, maka langsung dibimbing di bawah arahan dosen tersebut.

Berhubung yang dikerjakan oleh mahasiswa adalah proyek dosen tersebut, kecil kemungkinan mahasiswa tersebut kesulitan dalam menemui dosen.

5 cara menentukan judul skripsi tadi tidak hanya membuat mahasiswa dengan mudah membuat judul untuk skripsinya tapi juga langsung menemukan topik permasalahan dan atau penelitian yang akan dikerjakan untuk skripsinya.

Tinggalkan komentar