Cara Membuat Rangkaian Paralel

Cara Membuat Rangkaian Paralel – Dalam menyambungkan perangkat atau komponen elektronik ke sumber daya, maka sambungan tersebut bisa berupa rangkaian jenis seri ataupun paralel. Jika menggunakan rangkaian paralel, maka arus listrik akan mengalir melewati beberapa jalur serta setiap perangkat tersambung ke setiap rangkaian.

Salah satu kelebihan dari rangkaian listrik jenis paralel adalah apabila salah satu perangkat rusak atau tidak berfungsi, maka arus listrik tidak akan berhenti, berbeda dengan rangkaian seri.

Sebagai tambahannya, ada juga beberapa perangkat yang bisa langsung di sambung ke sumber daya tanpa mengurangi arus keluar secara keseluruhan.

Nah, apakah ada cara membuat rangkaian paralel yang mudah dan sederhana? Tentunya ada dong, makanya langsung saja simak penjelasan saya dibawah ini.

Cara Membuat Rangkaian Paralel dari Kertas Aluminium

Cara membuat rangkaian paralel menggunakan kertas aluminium masih tergolong mudah dan sangat cocok untuk dipraktikkan bagi para pemula dalam bidang elektronika. Lalu apa saja bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya?

Berikut ini tahap-tahap dan bahan yang harus ada ketika membuat rangkaian listrik paralel, antara lain:

1. Pertimbangkan Kemampuan Orang yang Ikut

Memperhatikan keselamatan

Membuat sebuah rangkaian listrik secara paralel adalah sarana yang mudah dan baik untuk dipelajari bagi para pemula di dunia elektronika. Cara atau metode pembuatan rangkaian jenis paralel ini sangat cocok sekali untuk Anda yang masih baru sekali, sebab mempertimbangkan keselamatan dan keberhasilannya.

  • Jika Anda membuat rangkaian paralel sebagai bagian pelajaran pembelajaran, sebaiknya perhatikan juga orang-orang disekitar yang ikut melakukan percobaan.

2. Pilih Sumber Daya

Gambar menggunakan sumber daya baterai
id.wikihow.com

Biasanya sumber daya yang dipakai dalam melakukan rangkaian listrik paralel sederhana berupa baterai. Sebab baterai merupakan sumber daya termurah dan tergolong paling praktis untuk digunakan untuk proyek ini.

Usahakan menggunakan daya baterai yang memiliki ukuran kisaran 9 Volt.

3. Pilih Muatan

Gambar bola lampu
id.wikihow.com

Muatan disini menjadi bagian perangkat atau komponen yang akan disambungkan ke sumber daya. Dalam tahap ini saya menyarankan untuk menggunakan bola lampu (2 buah lampu) sebab sangat mudah ditemukan dan diaplikasikan dalam rangkaian.

Anda juga bisa menggunakan muatan berupa bola lampu senter jika ingin lebih menghemat biaya.

4. Siapkan Konduktor

Gambar kertas aluminium
id.wikihow.com

Pada tahap ini sesuai judulnya akan menggunakan kertas aluminium sebagai konduktor dalam membuat rangkaian paralel. Kertas disini akan dipakai untuk menggabungkan sumber daya dengan muatan.

  • Potonglah kertas menjadi empat setrip kecil, dua setrip berukuran 20 cm dan dua setrip ukuran 10 cm. Usahakan keduanya harus sempit, kira-kira selebar sedotan.

5. Sambungkan Strip Pertama Konduktor dengan Baterai

Contoh cara menyambungkan konduktor
id.wikihow.com

Jika tahap sebelumnya sudah selesai Anda lakukan, maka dalam tahap ini Anda sudah siap untuk membuat rangkaian paralel.

  • Ambil dulu satu setrip 20 cm dan sambungkan dengan terminal positif pada baterai.
  • Ambil lagi setrip 20 cm lainnya dan sambungkan ke terminal negatif pada baterai.

Pelajari Juga! Apa Itu Komponen Resistor

6. Sambungkan Bola Lampu ke Rangkaian

merangkai beban dan sumber daya
id.wikihow.com

Setelah selesai dengan cara nomor 5, maka Anda sudah masuk pada tahap memasukan muatan atau beban (bola lampu).

  • Ambil kedua setrip berukuran 10 cm tadi dan balutkan salah satu setrip ujungnya ke setrip panjang dari terminal positif. Pasangkan satu setrip sejauh 10 cm dari baterai dan setrip satunya lagi kira-kira sejauh 7,5 cm dari baterai.
  • Balutkan ujung bebas dari setiap setrip pendek pada setiap masing-masing bola lampu. Saran saya, rakatkan lagi dengan selotip kabel supaya tidak lepas.

7. Selesaikan Cara Membuat Rangkaian Paralel

Gambar tahap akhir rangkaian
id.wikihow.com

Jika Anda sudah selesai menyambungkan semua elemen rangkaian paralel, seharusnya bola lampu sudah bisa menyala.

  • Coba sambungkan kedua bola lampu dengan setrip 20 cm yang sebelumnya terpasang pada terminal negatif baterai
  • Jika sudah menyala, itu tandanya rangkaian Anda sudah benar dan berhasil.

Cara Membuat Rangkaian Paralel dengan Kabel dan Sakelar

Setelah Anda menguasai cara membuat rangkaian paralel menggunakan kertas aluminium, maka kita masuk ke cara yang levelnya sedikit lebih tinggi. Dalam hal ini kita sudah menggunakan komponen berupa kabel dan sakelar untuk bahan tambahan.

1. Gunakan Cara ini Untuk Proyek Lebih Berat

Gambar rangkaian kabel dan sakelar paralel
id.wikihow.com

Walaupun jenis rangkaian paralel masih tergolong mudah untuk dipraktikkan, maka dalam metode ini Anda sudah menggunakan kabel dan sakelar.

  • Biasanya metode ini dilakukan dengan cara membuka kabel, namun apabila alat yang dibutuhkan tidak tersedia, namun saya gunakan saja kabel yang masih tertutup dan hanya dikupas ujung-ujungnya untuk menyambungkan saja.

2. Siapkan Komponen Utama Rangkaian Paralel

Gambar komponen yang dibutuhkan
id.wikihow.com

Dalam cara ini Anda tidak memerlukan banyak komponen untuk membuat rangkaian paralel, hanya perlu menyiapkan sumber daya, konduktor, beban atau muatan (benda yang menggunakan listrik, kabel dan sakelar.

  • Saya sarankan untuk Anda memakai baterai sebagai sumber daya utama layaknya pada metode sebelumnya.
  • Dalam hal ini Anda juga akan menggunakan kabel sebagai bahan konduktornya. Anda bisa saja menggunakan kabel jenis apapun, namun kebel jenis tembaga sudah lebih cukup dan mudah didapatkan.
  • Dalam hal ini nantinya Anda juga akan memotong kabel menjadi beberapa bagian, maka pastikan persediaan Anda cukup (sediakan kabel sepanjang 75-100 cm).
  • Saya sarankan juga menggunakan bola lampu sebagai beban atau muatan, namun Anda juga bisa menggunakan jenis lampu senter seperti pada metode sebelumnya.
  • Siapkan juga sakelar yang bisa Anda beli di toko elektronik di sekitar rumah Anda.

3. Persiapkan Juga Kabel-Kabel

Gambar pemotongan kabel
id.wikihow.com

Dalam metode ini, kabel menjadi bahan konduktor dalam rangkaian paralel yang menyambungkan sumber daya dengan muatan.

  • Potonglah kabel menjadi lima buah (panjangnya sekitar 15 hingga 20 cm saja).
  • Buka kulit pembungkus atau insulasi kabel sepanjang kira-kira 1, 25 cm dengan hati-hati di kedua ujung potongan kabel.
  • Anda bisa juga menggunakan alat wire stripper untuk memudahkan dalam membuka insulasi kabel dengan mudah. Namun jika Anda tidak memilikinya, gunakan saja gunting atau pisau cutter sembari berhati-hati supaya tidak memutuskan tembaga kabel,

4. Hubungkan Bola Lampu Pertama dengan Baterai

Gambar menghubungkan bola lampu pertama
id.wikihow.com

Coba pasangkan salah satu kabel ke bagian terminal positif baterai dan hubungkan ujung lainnya ke sisi kiri bola lampu.

Pelajari Juga! Rumus Pembagi Tegangan

5. Sambungkan Sakelar dengan Baterai

Gambar cara menyambungkan sakelar dan baterai
id.wikihow.com

Ambil lagi kabel lain dan hubungkan dengan terminal negatif pada baterai, kemudian ambil ujung kabel lainnya dan sambungkan ke komponen sakelar.

6. Hubungkan Sakelar dengan Bola Lampu Pertama

Gambar menghubungkan lampu pertama
id.wikihow.com

Ambilah potongan kabel lainnya dan sambungakn salah satu ujungnya ke sakelar terlebih dulu. Kemudian hubungkan ujung lainnya ke sisi kanan bola lampu.

7. Sambungkan Bola Lampu Kedua

Gambar menyambungkan bola lampu kedua
id.wikihow.com

Ambil lagi potongan kabel keempat dan balutkan di sisi kiri bola lampu kedua.

8. Selesaikan Rangkaian Paralel

Gambar rangkaian benar
id.wikihow.com

Gunakanlah kabel yang tersisa, dan balutkan ke salah satu ujungnya ke sisi kanan bola lampu pertama, dan ujung lainnya ke sisi kanan bola lampu kedua.

9. Nayalakan Sakelar

Gambar tahap akhir berhasil merangkai
id.wikihow.com

Jika semua tahap sudah Anda lakukan dengan benar, maka pada bagian akhir ini adalah coba nyalakan sakelar tadi dan kedua lampu rangkaian harusnya sudah menyala. Jika memang benar sudah menyala, maka rangkaian yang Anda buat sudah berhasil dan benar.

Tips Ketika Membuat Rangkaian Paralel dengan Kabel dan Sakelar

Gambar rangkaian paralel

Setelah Anda memahami atau bahkan sudah membuat rangkaian paralel yang saya ajarkan diatas, maka saya juga akan memberikan beberapa tips untuk Anda. Jika Anda ingin mencoba cara membuat rangkaian paralel diatas, maka perhatikan juga hal-hal dibawah ini:

  1. Supaya semua sambungan tidak mudah terlepas, maka sebaiknya eratkan semua sambungan dengan selotip kabel.
  2. Usahakan Anda berhati-hati ketika menangani bola lampu, tujuannya adalah supaya bola lampu tidak pecah.
  3. Ketika membuka kabel, maka seperti saran saya diatas, gunakanlah wire stipper supaya lebih mudah dan tidak merusak tembaga kabel.
  4. Jangan pakai sumber daya utama yang bervoltase tinggi dan amper tinggi, jika tanpa adanya perlindungan yang aman.
  5. Jangan sekali-kali terbalik dalam melakukan pemasangan arus kabel negatif dan positif. Jika Anda memasangnya kebalik, maka akan mengakibatkan kebakaran dan konsleting.
  6. Ketika Anda sudah berhasil praktik menggunakan cara diatas, maka Anda bisa mengaplikasikanya ke skala lebih tinggi, namun tetap memperhatikan susunannya.

Pelajari Juga! Cara Membuat Rangkaian Seri

Akhir Kata

Tidak terasa sudah sampai di bagian akhir artikel ya, hehe. Mungkin hanya itu saja sih penjelasan yang dapat saya berikan tentang cara membuat rangkaian paralel yang mudah untuk dipraktikkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan Anda ilmu tambahan dan semoga bisa bermanfaat ya!.

Tinggalkan komentar