Cara Jawab Alasan Memilih Judul Skripsi dalam Sidang Akhir

Riverspace.org – Saat menghadapi sidang akhir, tak jarang dosen penguji bertanya mengenai alasan memilih judul skripsi pada mahasiswanya. Judul skripsi memang tampak gitu doang, akan tetapi memilih dan menentukan judul skripsi ternyata sangat penting dalam perjalanan mahasiswa menyelesaikan studinya. Baca Juga: 4 Cara Mencari Jurnal di Sinta dengan Mudah

Oleh sebabnya, saat memilih dan menentukan judul skripsi, mahasiswa sudah harus memiliki alasan kuat mengapa memilih judul tersebut untuk disematkan di tugas akhir. Di bawah ini merupakan tips untuk menjawab pertanyaan seputar alasan memilih judul skripsi saat ditanya oleh dosen penguji.

Tips Menjawab Pertanyaan Alasan Memilih Judul Skripsi saat Sidang Akhir

Alasan Memilih Judul Skripsi dan Penelitian
Alasan Memilih Judul Skripsi dan Penelitian

Tentunya menjawab pertanyaan dosen terkait pertanyaan yang bersinggungan dengan judul skripsi tidak bisa asal-asalan, mahasiswa harus memiliki landasan atau dasar yang kuat untuk memberikan jawaban yang tegas dan meyakinkan pada dosen penguji.

Berikut ini adalah beberapa tips dan alternatif jawaban saat mahasiswa ditanyai soal alasan memilih judul skripsi ketika sedang menghadapi dosen penguji di ruang siding tugas akhir :

  • Ada Keterkaitan Antara Isu yang Diangkat dengan Jurusan

Alasan pertama yang bisa digunakan saat menjawab pertanyaan dosen mengenai alasan mengapa mahasiswa memilih judul skripsi tersebut adalah dengan membahas keterkaitan antara isu yang diangkat sebagai topik utama skripsi dengan jurusan yang ditempuh.

Ini merupakan salah satu jawaban terbaik karena isu yang diangkat sebagai topik utama skripsi dan berkaitan dengan jurusan yang dipilih oleh mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut benar-benar tertarik untuk mendalami jurusan tersebut.

Dengan mencoba melihat permasalahan atau isu terkait jurusan, sama halnya dengan melihat adanya concern atau minat yang ditunjukkan oleh mahasiswa untuk lebih terlibat dalam meneliti atau bahkan mencari solusi dari masalah yang terjadi dalam lingkup jurusannya.

  • Isu yang Diangkat sedang Happening

Tips kedua yang bisa digunakan sebagai alternatif jawaban dari pertanyaan seputar judul skripsi adalah dengan mengatakan bahwa isu atau topik yang mahasiswa angkat menjadi sebuah tugas akhir merupakan isu yang sedang ramai diperbincangkan atau happening.

Untuk menjawab dengan alasan ini, tentu saja mahasiswa harus menyertakan data-data pendukung yang membuktikan bahwa pada saat mahasiswa sedang melakukan penelitian tugas akhir isu tersebut memang benar-benar sedang booming.

Contohnya saja mahasiswa jurusan farmasi yang ingin mengangkat topik mengenai skrining obat yang bisa digunakan sebagai obat Covid-19, di mana pada saat melakukan penelitian terkait obat Covid-19, virus Covid-19 memang sedang mewabah dengan grafik yang terus meningkat.

  • Topik yang Diangkat Belum Pernah Dijadikan Skripsi

Berikutnya adalah mahasiswa bisa mengatakan bahwa topik penelitian atau permasalahan yang diangkat sebagai skripsi belum pernah diangkat menjadi sebuah skripsi sebelumnya. Ini juga tentu harus disertakan dengan data dan fakta yang akurat.

Bisa saja mahasiswa mengangkat topik tersebut di mana sebelumnya pernah dibuat dalam bentuk draft proposal untuk keperluan penelitian mahasiswa seperti lomba dan sebagainya yang belum ada keberlanjutannya.

Sehingga mahasiswa kembali mengangkat topik tersebut untuk diteliti lebih dalam menjadi sebuah tugas akhir. Dari sana, mahasiswa juga bisa memberikan rekomendasi untuk peneliti berikutnya agar melanjutkan penelitian atau memodifikasi penelitian yang sudah berjalan.

Jawaban ini cocok untuk mahasiswa yang memang punya gagasan berbeda sejak awal soal topik penelitian atau permasalahan yang ingin diangkat menjadi sebuah skripsi. Akan tetapi, aka nada kemungkinan dosen penguji semakin tertarik untuk bertanya lebih lanjut.

Pasalnya, topik penelitian atau isu yang diangkat menjadi sebuah skripsi yang belum pernah ada sebelumnya akan hanya memiliki informasi yang tidak banyak karena belum ada yang pernah mengangkatnya.

Pastikan mahasiswa benar-benar paham dengan semua yang berkaitan dengan skripsi tersebut. Mulai dari hulu hingga hilirnya dan akan dibawa ke mana penelitian tersebut selanjutnya.

  • Topik yang Diangkat Jarang Diteliti

Serupa namun tak sama, mahasiswa bisa juga menjawab pertanyaan dosen tentang alasan memilih judul skripsi dengan jawaban kalau topik yang diangkat ke dalam skripsi jarang diteliti. Meski demikian, tentu maksudnya sudah ada penelitian yang dibuat terkait topik yang mahasiswa angkat.

Dari sana, mahasiswa bisa mengembangkan penelitian untuk skripsinya dari kekurangan atau saran-saran yang diberikan dari penelitian sebelumnya. Mahasiswa juga bisa menyajikan persoalan dan solusi dari sudut pandang yang berbeda dari penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Untuk tips yang ini, pastikan mahasiswa sudah mengumpulkan data-data yang cukup lengkap terlebih dahulu mengenai penelitian yang sudah berjalan sebelumnya, agar mahasiswa bisa benar-benar memberikan sudut pandang yang lebih fresh dan baru dibanding sebelumnya.

Jawaban ini tentu akan menarik perhatian dosen penguji dan bisa jadi mahasiswa membuat dosen penguji memiliki rasa penasaran yang lebih banyak tentang penelitiannya.

  • Permasalahan dari Kerja Praktik

Permasalahan yang ditemui mahasiswa semasa magang atau melakukan kerja praktik juga bisa menjadi topik yang menarik untuk dijadikan bahan tugas akhir. Mahasiswa bisa menggunakan alasan ini sebagai alasan memilih judul skripsi.

Waktu magang atau kerja praktik yang cukup panjang tentu membuat mahasiswa akan menemukan banyak hal baru termasuk permasalahan atau isu-isu yang menarik untuk dijadikan sebagai bahan tugas akhir.

Mengangkat skripsi dari pengalaman semasa kerja praktik juga akan banyak mempermudah mahasiswa dalam mengambil data-data yang dibutuhkan. Perusahaan atau tempat mahasiswa melakukan kerja praktik biasanya akan menyambutnya dengan tangan terbuka.

  • Diambil dari Masalah Saat Melakukan Penelitian

Judul dalam skripsi tidak harus dibuat di awal sebelum melakukan penelitian, judul bisa ditemukan dan diambil dari permasalahan yang terjadi ketika melakukan penelitian. Sertakan juga penjelasan mengenai rumusan masalah yang diambil dan dianggap urgent dalam skripsi mahasiswa.

Ini akan menjadi poin plus tersendiri di mata dosen penguji. Alasannya adalah dengan mengangkat masalah yang ditemukan saat mahasiswa melakukan penelitian, artinya mahasiswa tersebut peka dengan kendala yang dihadapi dan mencari solusi dari apa yang menjadi hambatan saat menjalankan skripsi.

Dengan memahami skripsi secara utuh termasuk permasalahan yang ditemukan saat penelitian berlangsung, akan mempermudah mahasiswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dosen berikutnya.

Baca Juga: 5 Tips Cara Menentukan Judul Skripsi dengan Mudah dan Menarik

Semoga informasi mengenai tips dan alternatif menjawab alasan memilih judul skripsi jika dosen penguji bertanya pada saat sidang skripsi seperti yang dicontohkan di atas bermanfaat ya. Ingat jangan sembarangan menjawab dan jawablah pertanyaan dengan cerdas.

Tinggalkan komentar